Cegah Fluorosis pada Anak dengan Cara Ini

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   15 Juli 2020
Cegah Fluorosis pada Anak dengan Cara IniCegah Fluorosis pada Anak dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Setiap orangtua pasti ingin anaknya memiliki senyum yang indah dengan memastikan jika giginya selalu bersih. Meski sudah memastikan anak menggosok gigi dua kali sehari, ternyata giginya malah menguning. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan anak mengalami fluorosis. Gangguan ini dapat membuat tampilan gigi menjadi buruk karena perubahan warna dan timbulnya plak.

Anak yang mengalami fluorosis mungkin akan merasa tidak percaya diri karena menjadi bahan olokan di sekolah. Maka dari itu, ibu harus tahu cara untuk mencegah gangguan tersebut sebelum terjadi. Dengan begitu, keindahan dan kebersihan giginya terlihat jelas yang dapat meningkatkan kepercayaan dirinya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah fluorosis!

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Penyebab Fluorosis pada Anak

Cara Cegah Fluorosis pada Anak

Fluoride adalah mineral yang dapat memperkuat dan mencegah kerusakan pada gigi. Selain itu, kandungan ini juga sangat penting untuk membentuk gigi yang kuat dan sehat. Namun, terlalu banyak menelan kandungan fluoride dapat membuat anak-anak mengidap fluorosis. Gangguan tersebut dapat menyebabkan bercak dan bintik pada gigi hingga mengubah warna gigi menjadi kuning hingga cokelat tua.

Fluorosis hanya dapat berkembang pada anak-anak dengan usia di bawah 8 tahun. Hal tersebut karena hanya terjadi pada gigi permanen awal yang masih tumbuh di bawah garis gusi. Gangguan ini terjadi saat terlalu banyak kandungan fluoride yang dicerna. Beberapa anak sangat menyukai rasa dari pasta gigi dan menelannya, alih-alih menggunakannya untuk membersihkan gigi.

Lalu, bagaimana cara yang ampuh untuk mencegah fluorosis pada anak? Anak-anak di bawah usia 6 tahun memiliki refleks menelan yang buruk dan cenderung melena banyak pasta gigi saat menyikatnya. Pasta gigi yang tidak sengaja tertelan dapat meningkatkan kandungan fluoride, sehingga risiko mengalami fluorosis juga naik. Ibu juga harus terus mengawasi anak saat menyikat gigi agar ia tidak sengaja mengonsumsinya karena menyukai rasanya.

Baca juga: Faktor Risiko yang Bisa Menimbulkan Fluorosis

Hal yang dapat ibu lakukan saat gigi anak pertama kali muncul adalah membersihkannya tanpa pasta gigi dengan menggunakan sikat gigi kecil berbulu halus. Hal ini dapat dibarengi dengan meminum air putih dan dapat dilakukan setiap selesai makan. Berikut cara lainnya untuk mencegah fluorosis agar tidak terjadi:

  • Jangan menyikat gigi anak lebih dari dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride.
  • Gunakan pasta gigi hanya seukuran kacang polong ke sikat gigi, jangan lebih.
  • Selalu awasi anak saat menyikat gigi untuk mengeluarkan pasta gigi dibanding menelannya.
  • Jika dokter meresepkan suplemen fluoride, tanyakan terkait risiko dari fluorosis.

Dengan mengetahui beberapa cara untuk mencegah fluorosis, ibu dapat memastikan gigi anak tetap putih bersih tanpa adanya noda. Sehingga, kepercayaan dirinya meningkat dan membuat senyumannya lebih indah.

Namun, jika anak sudah terlanjur mengalami fluorosis, ibu harus ketahui beberapa cara yang efektif untuk penanganan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan baking soda. Ibu dapat menggunakan pasta gigi dengan kandungan baking soda atau mencampur kedua bahan tersebut.

Caranya hanya dengan mencampurkan pasta gigi non-fluoride dengan baking soda. Lalu, oleskan pada sikat gigi dan bersihkan gigi seperti biasa dengan campuran tersebut. Dengan menggunakan campuran tersebut diharapkan plak dan noda yang terbentuk dari tumpukan fluoride tersebut dapat hilang. Lakukan hal tersebut hingga gigi bersih dari fluorosis.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Baking Soda Bisa Mengatasi Fluorosis?

Jika ibu masih memiliki pertanyaan terkait fluorosis yang terjadi pada anak, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran untuk mencegah atau mengatasinya. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan agar gangguan pada gigi tersebut dapat dengan mudah diatasi!

Referensi:
HHS. Diakses pada 2020. How can I prevent dental fluorosis in my children?
WebMD. Diakses pada 2020. Fluorosis Overview.
Oak Mountain Dental. Diakses pada 2020. How To Prevent Fluorosis.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan