• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Dampak Buruk dari Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Ketahui Dampak Buruk dari Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Saat bekerja, mungkin kamu harus bergerak dengan cepat untuk mengejar waktu. Sehingga semua harus dikerjakan secara ringkas baik untuk makan dan minum. Dengan begitu, kamu terbiasa untuk makan dan minum dengan posisi berdiri. Padahal, kebiasaan tersebut juga dianggap bukan sesuatu yang sopan untuk dilakukan.

Ternyata, kebiasaan makan dan minum sambil berdiri dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, lho. Selain saat bekerja, kamu mungkin melakukan kebiasaan tersebut saat menghadiri acara pernikahan dan lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa dampak yang terjadi akibat minum sambil berdiri. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Minum Air Berlebihan, Apa Bahaya Overhidrasi?

Dampak Buruk Minum Sambil Berdiri

Memang sulit untuk mengubah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, seperti halnya minum sambil berdiri. Namun, hal tersebut patut dilakukan agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Pasalnya, setiap orang harus menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi untuk kelangsungan hidup. Setiap hari, kamu harus mengonsumsi paling tidak 8 gelas per harinya. Dengan begitu sering melakukan hal tersebut, dampak buruk dapat terjadi dengan cepat. Seseorang yang kerap minum dalam posisi berdiri sangat memengaruhi kesehatan.

Minum sambil berdiri dapat membuat air mengalir dengan tekanan. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kesulitan untuk menyerap nutrisi apa pun dan akhirnya memengaruhi kesehatan perut dalam jangka panjang. Pada akhirnya menghambat pencernaan yang rentan menyebabkan berbagai gangguan pada perut. Berikut adalah beberapa dampak buruk minum sambil berdiri yang harus diketahui:

  1. Memengaruhi Kesehatan Ginjal

Salah satu dampak buruk dari minum sambil berdiri adalah kesehatan ginjal yang dapat terganggu. Saat minum dalam posisi berdiri, air dapat mengalir dengan cepat menuju perut bagian bawah tanpa disaring. Hal tersebut dapat membuat kotoran yang terkandung pada air menumpuk di kantong empedu sehingga menyebabkan gangguan pada ginjal.

Selain itu, seseorang yang mempunyai kebiasaan minum sambil berdiri dapat menyulitkan nutrisi untuk mencapai hati sehingga rasa haus sulit diatasi. Maka dari itu, kamu mungkin terus merasa tidak cukup meski telah mengonsumsi beberapa gelas air. Nutrisi dari air yang masuk ke tubuh hanya lewat saja tanpa ada yang terserap oleh tubuh.

Baca juga: Bahaya, Ini Akibatnya Jika Minum Soda Setiap Hari

  1. Dampak Buruk pada Sendi

Dampak buruk lainnya dari minum sambil berdiri adalah gangguan pada sendi. Salah satu gangguan yang dapat terjadi karena kebiasaan tersebut adalah arthritis. Walau begitu, ternyata hal tersebut tidak tepat. Meski berdampak buruk pada sendi belum tentu dapat menyebabkan terjadinya arthritis karena belum ada bukti ilmiah tentang hal tersebut. Dampak yang lebih parah disebabkan kebiasaan tersebut adalah masalah pada paru-paru dan jantung.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait dampak buruk yang dapat terjadi disebabkan kebiasaan minum sambil berdiri. Penting untuk mengetahui semua dampaknya agar kamu benar-benar berusaha mengubah kebiasaan tersebut. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

  1. Gangguan Pengenceran Kadar Asam

Saat minum, tubuh dapat mengencerkan kadar asam di dalam tubuh agar tetap sehat. Ketika minum sambil berdiri, proses pengenceran kadar asam tersebut menjadi terganggu. Maka dari itu, penting untuk mengubah kebiasaan itu agar kadar asam pada tubuh dapat diredam. Sehingga hanya semua hal baik saja yang dapat berdampak bagi tubuh.

Baca juga: Terlalu Banyak Minum Air Bisa Sebabkan Pembengkakan Otak, Ini Alasannya

Itulah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi ketika minum sambil berdiri. Penting sekali untuk berhenti melakukan hal tersebut terlebih lagi kamu mempunyai semua gangguan tersebut. Dengan minum sambil duduk diharapkan tubuh kamu menjadi lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

Referensi:
Only My Health. Diakses pada 2020. Drinking Water In Standing Position Is Bad, But Why? Know The Reasons.
Times Food. Diakses pada 2020. Why standing and drinking water is a bad habit.