• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Di Bagian Tubuh Mana Saja Kanker Sarkoma Ewing Dapat Muncul?

Di Bagian Tubuh Mana Saja Kanker Sarkoma Ewing Dapat Muncul?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Meskipun termasuk penyakit yang jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk kenali lebih banyak mengenai penyakit kanker sarkoma ewing. Kanker sarkoma ewing merupakan salah satu kanker tulang yang sangat umum terjadi pada anak-anak maupun remaja usia 10–20 tahun.

Baca juga: Sarkoma Ewing, Kanker Tulang pada Anak dan Remaja

Meskipun namanya kurang akrab didengar, tetapi tidak ada salahnya untuk lebih mengenali jenis kanker ini agar kamu dapat melakukan penanganan dini terhadap gejala yang muncul. Lalu di mana saja tumor ganas penyebab kanker sarkoma ewing dapat muncul? Simak ulasannya di sini.

Kenali Gejala Kanker Sarkoma Ewing

Penyakit kanker sarkoma ewing merupakan salah satu jenis kanker tulang yang disebabkan oleh munculnya tumor ganas pada tulang maupun jaringan lunak di sekitar tulang. Tidak ada salahnya mengenali beberapa gejala yang menjadi tanda adanya kanker sarkoma ewing agar kondisi ini dapat dideteksi lebih dini. Penanganan yang dilakukan sejak dini, nyatanya dapat membuat jenis kanker ini lebih mudah diatasi.

Pada tiap pengidap kanker sarkoma ewing, nyatanya gejala akan muncul berbeda-beda. Namun umumnya, tanda awal dari adanya kanker sarkoma ewing adalah munculnya pembengkakan dan rasa nyeri pada bagian tubuh yang mengalami tumor ganas. Ada beberapa bagian tubuh yang kerap menjadi lokasi munculnya tumor ganas penyebab kanker sarkoma ewing, seperti tulang paha, tulang kering, tungkai, panggul, serta dada.

Rasa nyeri dan bengkak akan semakin terasa ketika tumor ganas semakin membesar. Pembengkakan yang terjadi akan membuat permukaan kulit terasa lebih hangat dan lembut. Tidak hanya itu, rasa nyeri akan semakin parah ketika pengidap kanker sarkoma ewing melakukan olahraga.

Segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu menemukan adanya benjolan pada beberapa bagian tubuh. Selain itu, kanker sarkoma ewing juga akan disertai dengan gejala lain yang perlu kamu waspadai, seperti demam, mudah kelelahan, penurunan berat badan, sering mengalami patah tulang, serta alami kelumpuhan.

Baca juga: 8 Gejala Kanker Sarkoma Ewing yang Harus Diketahui

Inilah Lokasi Munculnya Kanker Sarkoma Ewing

Berdasarkan dari lokasi munculnya kanker sarkoma ewing, penyakit ini nyatanya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Tidak ada salahnya ketahui, di sini.

1.Tumor Tulang

Jenis kanker sarkoma ewing ini nyatanya sangat rentan muncul pada beberapa bagian tulang, misalnya tulang panggul, tulang paha, tulang rusuk, hingga tulang selangka.

2.Tumor Jaringan Lunak

Kanker sarkoma ewing jenis ini biasanya muncul pada bagian jaringan lunak dalam tubuh. Otot dan tulang rawan menjadi lokasi yang sering mengalami tumor jaringan lunak.

3.Primitive Neuroectodermal Tumor (PNET)

Kanker sarkoma jenis ini nyatanya dapat muncul pada jaringan saraf bagian tubuh manapun.

4.Tumor Askin

Jenis tumor askin merupakan kanker sarkoma ewing yang umumnya muncul pada bagian dada.

Itulah beberapa lokasi yang kerap menjadi lokasi munculnya kanker sarkoma ewing. Hingga saat ini, penyebab pasti dari kanker sarkoma ewing pun belum diketahui. Namun, adanya perubahan mutasi genetik setelah bayi dilahirkan merupakan salah satu kondisi yang dinilai menjadi penyebab kanker sarkoma ewing. 

Deteksi Sarkoma Ewing dengan Pemeriksaan Ini

Berbagai pemeriksaan tentunya akan dilakukan untuk memastikan penyebab gejala yang kamu alami. Munculnya benjolan atau pembengkakan pada bagian tubuh tertentu akan diperiksa oleh dokter. Pemeriksaan fisik akan dilanjutkan dengan pemindaian untuk memastikan ukuran serta tumor ganas yang muncul dengan rontgen, CT Scan, MRI, atau PET Scan.

Untuk memastikan tingkat keparahan dari kanker sarkoma ewing yang dialami, pemeriksaan melalui biopsi juga kerap dilakukan. Pemeriksaan biopsi dilakukan dengan pengambilan sampel jaringan tumor yang akan diperiksa lebih lanjut pada laboratorium.

Baca juga: Siapa Saja yang Berisiko Mengidap Kanker Sarkoma Ewing?

Tentunya, mengetahui tingkat keparahan kanker sarkoma ewing yang dialami oleh pengidap akan membuat pengobatan lebih mudah ditentukan. Dengan begitu, kamu dapat menjalani pengobatan dengan tepat sehingga terhindar dari komplikasi jangka panjang penyakit kanker sarkoma ewing.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ewing Sarcoma
Web MD. Diakses pada 2020. What Is Ewing’s Sarcoma?