Fakta Sindrom Tangan Alien yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 November 2022

“Sindrom tangan alien membuat pengidapnya menggerakkan tangan tanpa kendali. Tangan mungkin akan menyentuh wajah, mengancingkan baju, atau mengambil suatu benda, terkadang berulang kali atau secara kompulsif.”

Fakta Sindrom Tangan Alien yang Jarang DiketahuiFakta Sindrom Tangan Alien yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta –  Sindrom tangan alien adalah kondisi ketika tangan bergerak sendiri tanpa kendali. Kondisi ini muncul akibat gangguan neurologis. Saat gejala muncul, tangan seolah memiliki pikirannya sendiri dan bergerak tanpa kendali. 

Sindrom ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari stroke, trauma, ataupun tumor. Terkadang sindrom ini juga dikaitkan dengan penyakit neurodegeneratif dan aneurisma otak. Informasi selengkapnya mengenai fakta sindrom tangan alien bisa kamu baca di sini!

Gejala Umum Sindrom Tangan Alien

Gejala yang paling menonjol dari sindrom ini adalah ketidakmampuan untuk mengontrol tangan saat bertindak secara mandiri. Tangan yang terpengaruh dapat bergerak tanpa sadar dan melakukan tugas dan tindakan yang diarahkan pada suatu tujuan. 

Sindrom ini juga membuat pengidapnya menggerakkan tangan tanpa kendali ataupun kesadaran kognitif. Tangan mungkin menyentuh wajah, mengancingkan baju, atau mengambil suatu benda, terkadang berulang kali atau secara kompulsif. 

Tangan alien juga bisa melayang dengan sendirinya dan dapat melakukan tindakan melawan diri sendiri seperti menutup laci yang baru saja dibuka tangan lain atau membuka kancing kemeja yang baru saja dikancingkan.  Orang dengan sindrom ini mungkin merasakan bahwa tangan atau anggota tubuh itu asing atau bukan milik mereka. 

Gejala Spesifik Sesuai Tipe Sindrom

Sebenarnya kondisi sindrom ini mirip dengan sindrom anggota tubuh lain yang juga bergerak sendiri. Hanya saja, disebut sebagai sindrom tangan alien, karena yang bergerak adalah tangan.

Ada tiga kategori utama sindrom ini berdasarkan bagian otak yang menyebabkan kondisi tersebut, yaitu:

1. Versi Lobus Frontal

Ini adalah satu-satunya versi yang dilaporkan yang memengaruhi tangan kanan.

2. Versi Callosal

Ini melibatkan area corpus callosum otak.

3. Versi Posterior

 Ini melibatkan lobus parietal pengidapnya.

Sebetulnya, gejala sindrom ini bisa lebih spesifik tergantung area otak mana yang memengaruhi. Sering kali gejala juga bisa tumpang tindih. 

Gejala yang umumnya dikaitkan dengan versi lobus frontal meliputi:

  • Meraba-raba tanpa disengaja, sebagian besar bagian lain dari tubuh dan pakaian.
  • Genggaman yang tidak disengaja, yang bisa jadi objek apa saja.
  • Kesulitan melepaskan benda

Gejala-gejala yang umum terjadi pada versi posterior antara lain:

  • Levitasi,  di mana lengan mulai terangkat ke udara tanpa alasan.
  • Gerakan yang kurang bertujuan, seperti sekadar melambai.
  • Perjuangan psikologis,  ini adalah versi yang paling sering menyebabkan orang berhenti mengenali tangan mereka sebagai milik mereka

Sedangkan jenis callosal dicirikan oleh satu gejala utama yaitu konflik kerja sama antara dua tangan. Pengidapnya mungkin dengan sengaja mengancingkan baju dengan tangan kanan saat tangan alien segera membatalkan kerja tangan tersebut. 

Diagnosis dan Pengobatan

Seorang dokter dapat mendiagnosis sindrom ini melalui observasi dan evaluasi. Mendiagnosis sindrom ini cukup itu rumit karena ini merupakan kelainan neurologis yang tidak memiliki komponen kejiwaan. 

Sejauh ini tidak ada pengobatan spesifik untuk sindrom tangan alien. Sejauh ini penanganan yang dilakukan adalah untuk mengurangi gejala. Orang yang mengalami sindrom ini setelah penyakit otak atau stroke dapat pulih setelah beberapa waktu. Namun, bagi mereka yang mengalami penyakit neurodegeneratif, gejalanya biasanya tidak akan hilang dengan sendirinya. 

Terapi kontrol otot seperti toksin botulinum (Botox) dan agen penghambat neuromuskular dapat membantu pengobatan sindrom ini. Selain itu,  obat penenang golongan benzodiazepin juga bisa digunakan sebagai penanganan tambahan. Terapi kotak cermin, teknik terapi kognitif, dan teknik pembinaan visuospasial juga dapat membantu. 

Jika kamu mengalami masalah saraf, kamu bisa konsultasikan dengan dokter spesialis saraf lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download sekarang juga ya!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Alien Hand Syndrome?
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Alien Hand Syndrome?
Brain & Life.org. Diakses pada 2022. What is Alien Hand Syndrome?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan