• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini 4 Fakta tentang Hormon Wanita (Bagian 2)

Harus Tahu, Ini 4 Fakta tentang Hormon Wanita (Bagian 2)

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Hormon mempunyai peranan penting di dalam tubuh setiap orang. Hormon merupakan zat alami yang diproduksi oleh tubuh untuk memberikan pesan pada sel dan organ. Selain itu, hormon seksual yang telah berkembang pada tubuh seseorang dapat memengaruhi pertumbuhan. Pada wanita, pertumbuhan payudara dan menstruasi akan terjadi.

Hormon seks wanita yang paling umum diketahui adalah estrogen dan progesteron yang berperan penting pada bagian reproduksi. Selain itu, testosteron yang merupakan hormon pada pria ternyata juga ada pada tubuh wanita dalam jumlah sedikit. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa fakta tentang hormon wanita. Berikut beberapa faktanya!

Baca juga: Fungsi Hormon Testosteron Bagi Pria dan Wanita

Fakta yang Harus Diketahui dari Hormon Wanita

Tahukah kamu apabila hormon sudah memengaruhi tubuh sejak di dalam kandungan? Meski begitu, biasanya hormon baru aktif ketika seseorang memasuki usia pubertas. Banyak wanita yang mengeluhkan perubahan suasana hati dan pertambahan berat badan disebabkan oleh hormon yang ada di tubuhnya. Memang hormon dapat memengaruhi hal tersebut untuk terjadi.

Hal tersebut karena hormon diproduksi oleh kelenjar sistem endokrin yang akan beredar di dalam darah. Bagian tubuh tersebut memerintahkan sel dan sistem untuk melakukan segala hal yang diperlukan untuk tetap hidup, seperti bernapas, menandai rasa lapar atau kenyang, menyembuhkan luka, dan lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa fakta dari hormon wanita. Berikut faktanya:

  1. Hormon Berperan Besar pada Kesehatan Tulang

Fakta hormon wanita yang pertama adalah bagian tubuh tersebut ternyata dapat berperan besar terhadap kesehatan tulang. Hormon paratiroid yang bertanggung jawab untuk memastikan pasokan kalsium pada tubuh. Saat hormon paratiroid terlalu banyak, kalsium darah akan meningkat yang membuatnya mengambil kalsium dari tulang sehingga terjadinya osteoporosis.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Fungsi Hormon Estrogen pada Tubuh

  1. Kebiasaan Sehari-hari Dapat Pengaruhi Hormon

Tahukah kamu jika kebiasaan yang dilakukan setiap hari mampu mempengaruhi hormon pada tubuh? Beberapa hal seperti bahan kimia pada makanan dan air, produk perawatan tubuh, serta faktor lingkungan mampu memasuki tubuh yang akhirnya menghalangi fungsi hormon. Bahan kimia pengganggu endokrin (EDC) dapat memengaruhi hormon, sehingga tidak mampu mempelajari tentang kanker tertentu yang membuat tubuh rentan terserang.

  1. Suplemen Hormon Tiroid Masih Kontroversial

Wanita yang memiliki tingkat hormon lebih tinggi dapat mengalami disfungsi tiroid atau hipotiroidisme. Ketika hormon perangsang tiroid tinggi, kamu dapat mengalami penambahan berat badan, mudah merasa lelah, hingga terserang sembelit. Beberapa dokter mungkin memberikan obat jika gangguan tersebut sudah parah, tetapi beberapa dokter percaya obat tidak akan mengurangi gejalanya.

  1. Wanita yang Menjelang Menopause Dapat Mengalami Hot Flash

Fakta lainnya yang terkait dengan hormon wanita adalah seseorang yang sudah menjelang menopause dapat mengalami hot flash. Gangguan ini dapat menyebabkan rasa panas pada wajah, leher, dan dada, sehingga mengeluarkan keringat. Hal tersebut disebabkan fluktuasi estrogen saat menggunakan terapi hormon atau antidepresan. Sejauh ini belum ada pengobatan herbal yang efektif untuk mengatasinya, tetapi sedang dalam tahap perkembangan.

Baca juga: Hormon Estrogen pada Wanita Menurun, Ini Penyebabnya

Itulah beberapa fakta terkait hormon wanita yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu akan mendapat pengetahuan baru terhadap hormon dan sedikit lebih tahu pengaruh hormon terhadap tubuh. Penting untuk selalu menjaga hormon pada tubuh untuk selalu sehat dan berfungsi dengan baik. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2020. 10 Surprising Facts About Female Hormones That Every Woman Should Know.
Everyday Health. Diakses pada 2020. The Facts About Female Hormones.