• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Gejala Diabetes yang Diwaspadai Wanita

Ini 6 Gejala Diabetes yang Diwaspadai Wanita

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Jika kamu memiliki anggota keluarga inti yang memiliki penyakit diabetes, maka sebaiknya kamu harus memperhatikan kesehatan dengan menjaga pola makan dan gaya hidup tetap sehat. Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit yang dapat terjadi ketika memiliki riwayat keluarga dengan kondisi yang serupa. Selain itu, penyakit diabetes juga lebih berbahaya jika dialami oleh wanita. 

Baca juga: Inilah Tanda-Tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

Melansir Centers for Disease Control and Prevention, wanita memiliki risiko empat kali lebih besar mengalami gangguan jantung yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Tidak hanya itu, wanita juga lebih rentan mengalami komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, misalnya gangguan ginjal, depresi, dan penurunan kualitas penglihatan. Jadi, para wanita ketahui gejala diabetes agar dapat segera dilakukan penanganan.

Gejala Diabetes yang Kerap Dialami Wanita

Penyakit diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa dalam darah. Glukosa merupakan sumber energi utama pada sel manusia. Namun, glukosa yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan penumpukan akibat tidak dapat diserap oleh tubuh dengan baik sehingga berisiko merusak organ pada tubuh.

Kondisi ini yang menyebabkan gangguan komplikasi kesehatan pada pengidap diabetes. Ketahui gejala-gejala dari penyakit diabetes, yaitu:

1. Sering Mengalami Infeksi Saluran Kemih

Dilansir dari Prevention, wanita yang kerap mengalami infeksi saluran kemih atau infeksi lainnya dari vagina dapat menjadi salah satu tanda mengidap penyakit diabetes. Infeksi saluran kemih juga akan disertai dengan gejala lain, seperti adanya infeksi yang disebabkan jamur. Dengan tingginya kadar gula dalam darah, jamur akan lebih mudah untuk berkembang biak.

2. Selalu Merasa Haus

Sebenarnya, cukup normal ketika seseorang merasa haus. Ada berbagai penyebab seseorang cepat merasa haus, seperti kurang minum, mengeluarkan banyak keringat, atau mengonsumsi makanan yang memiliki rasa pedas atau asin. Melansir dari Healthline, seseorang yang mengalami peningkatan pada rasa haus dapat menjadi tanda kamu mengalami diabetes. Umumnya, pengidap diabetes selalu merasa tenggorokannya kering sehingga pengidap diabetes mudah merasa haus. 

Baca juga: Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

3. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Selain menyebabkan tenggorokan kering, frekuensi buang air kecil yang meningkat juga menjadi salah satu tanda penyakit diabetes pada wanita. Melansir Mayo Clinic, kondisi ini tentunya berkaitan langsung dengan tenggorokan yang kering dan peningkatan rasa haus pada pengidap diabetes.

4. Penglihatan yang Menurun

Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit diabetes menyebabkan seseorang mengalami penurunan fungsi penglihatan. Hal ini disebabkan kadar glukosa yang cukup tinggi dalam darah dapat menarik cairan dari jaringan, termasuk pada lensa mata. Tentunya hal ini memengaruhi kemampuan pengidap diabetes untuk melihat.

5. Perubahan Siklus Menstruasi

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, penyakit diabetes yang dialami wanita menyebabkan perubahan siklus menstruasi. Perubahan hormon yang terjadi dapat menyebabkan kadar glukosa dalam darah tidak menentu. Hal ini dapat berdampak pada menstruasi yang dialami menjadi lebih lama atau menunjukkan gejala yang lebih berat. 

6. Gangguan Seksual

Penyakit diabetes dapat menyebabkan wanita mengalami penurunan ketertarikan terhadap kegiatan seksual atau berhubungan intim. Hal ini disebabkan tingginya kadar glukosa dalam darah dapat menyebabkan area vagina menjadi lebih kering sehingga kegiatan seksual menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman.

Baca juga: Ini Alasan Diabetes Jadi Penyakit Seumur Hidup

Itulah gejala penyakit diabetes yang dapat dialami oleh wanita. Tidak ada salahnya rutin melakukan cek darah untuk memastikan kadar glukosa dalam tubuh normal dan tetap stabil. Kamu dapat bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu mengalami beberapa gejala penyakit diabetes tersebut. Pendeteksian penyakit diabetes lebih dini tentunya dapat menghindari para wanita dari berbagai komplikasi yang mungkin terjadi.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Diabetes and Women
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diabetes Symptoms
Healthline. Diakses pada 2020. Diabetes Thirst
Prevention. Diakses pada 2020. These Are The 8 Diabetes Symptoms Women Need to Watch Out For