• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Sekolah

6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Sekolah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia 5 tahun, anak-anak biasanya sudah siap untuk bersekolah. Di Indonesia, usia Sekolah Dasar (SD) adalah 6 tahun, tetapi sebelumnya ayah dan ibu bisa menyekolahkan anak ke PAUD atau TK. Kedua jenis sekolah tersebut bisa menjadi pilihan saat Si Kecil mulai menunjukkan keinginan untuk bersekolah. 

Selain memperhatikan umur, ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memilih anak. Mengingat, pendidikan usia dini adalah hal yang penting untuk membantu perkembangan Si Kecil. Artinya, memiliki sekolah anak tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aspek yang harus orang tua perhatikan agar anak dapat berkembang lebih siap memasuki dunia sekolah nantinya.

Pertimbangan saat Memilih Sekolah 

Sekolah nantinya akan menjadi “rumah kedua” untuk anak. Maka dari itu, ibu disarankan untuk memastikan kenyamanan anak kelak. Ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan sebelum memiliki sekolah anak, di antaranya: 

  • Cari Informasi 

Sebelum memutuskan untuk memasukkan anak ke sebuah sekolah, sangat penting bagi orangtua untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Ayah dan ibu sebaiknya mencari informasi sebanyak mungkin seputar metode pengajaran sekolah serta kondisi lingkungan serta pergaulan di sana. Seluruh informasi ini bisa didapat dengan bertanya langsung ke sekolah atau mengunjungi website resmi dan informasi di internet.

  • Perhatikan Jarak

Rata-rata anak berusia 5 tahun baru menjalani pengalaman pertama sekolah. Agar orangtua bisa lebih mudah memantau dan mendampingi, sebaiknya perhatikan jarak dari rumah ke sekolah. Jika memungkinkan, pilih sekolah yang dekat dari rumah dan mudah diakses. Selain lebih terjangkau, hal ini juga bisa membantu menghindari anak mengalami kelelahan di perjalanan. 

  • Libatkan Anak

Dalam memutuskan sekolah, orangtua harus selalu melibatkan anak dan meminta pendapatnya. Hindari memaksakan Si Kecil untuk bersekolah di tempat yang tidak ia sukai. Hal itu bisa berdampak pada menurunnya semangat anak dalam belajar. Selain itu, mengenal lingkungan sekolah sejak awal bisa membantu anak lebih mudah beradaptasi. 

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Jangan asal memilih sekolah hanya karena terkenal bagus atau ada kenalan yang bersekolah di sana. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memastikan bahwa apa yang ada di sekolah tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan Si Kecil. Setiap anak memiliki karakteristik berbeda yang membuatnya unik serta memiliki kegemaran yang berbeda pula. Ibu bisa memilih sekolah yang bisa memfasilitasi apa yang menjadi kesukaan anak. 

  • Ketahui Fasilitas Sekolah 

Penting juga untuk mengetahui apa saja fasilitas yang ada di sekolah. Umumnya, sekolah memiliki fasilitas permainan dan sarana-sarana lain, seperti perpustakaan dan kamar istirahat untuk siswa yang sakit, serta menyediakan kegiatan yang disukai anak. Kegiatan di luar belajar yang disediakan sekolah nyatanya bisa membantu perkembangan anak menjadi lebih baik. 

  • Kebersihan Lingkungan Sekolah 

Agar anak sehat selalu dan orangtua merasa nyaman, ibu sebaiknya memastikan kondisi kebersihan di lingkungan sekolah. Selain itu, penting juga melihat keamanan lingkungan, baik dari dalam maupun luar sebelum mempercayakan anak untuk menghabiskan waktu di sana. 

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa harus ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. How to find the best preschool for your child.
Baby Center. Diakses pada 2020. Signs of a good preschool.