• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Ini 4 Faktor yang Bikin Gejala Vertigo Kambuh

Hati-Hati, Ini 4 Faktor yang Bikin Gejala Vertigo Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Jika sudah kambuh, gejala vertigo bisa sangat mengganggu aktivitas pengidapnya. Sebab, kondisi ini dapat menimbulkan rasa pusing, sakit kepala, disertai sensasi berputar dan mual. Terlebih jika gejala vertigo yang terjadi parah, pengidapnya mungkin harus beristirahat total dan tidak bisa beraktivitas sama sekali. 

Bicara soal penyebab, ada banyak sekali faktor yang bisa memicu terjadinya vertigo. Mengingat vertigo merupakan sekumpulan gejala, bukanlah penyakit tertentu. Namun umumnya, vertigo terjadi akibat gangguan mekanisme keseimbangan pada telinga bagian dalam. Hal inilah yang membuat timbulnya sensasi berputar dan kehilangan keseimbangan ketika gejala vertigo kambuh.

Baca juga: Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Faktor Pemicu Kambuhnya Gejala Vertigo

Selain penyebab umumnya, ada juga beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya gejala vertigo, yaitu:

1. Berdiri secara Langsung dari Posisi Jongkok

Langsung bangkit berdiri dari posisi jongkok secara tiba-tiba dapat memicu kambuhnya vertigo. Sebab, hal ini dapat membuat keseimbangan seseorang terganggu selama beberapa detik. Sebenarnya, pada orang yang tidak mengidap vertigo, hal itu tidak akan menyebabkan gejala apa-apa.

Namun, pada pengidap vertigo, melakukan gerakan secara tiba-tiba seperti itu dapat memunculkan gangguan keseimbangan yang cukup serius. Akibatnya, gejala vertigo pun bisa saja tiba-tiba kambuh.

2. Mendongak atau Menengadahkan Kepala Tiba-Tiba

Pergerakan kepala secara tiba-tiba, seperti mendongak atau menengadahkan kepala ke atas, dapat memicu kambuhnya gejala vertigo. Kondisi ini disebut dengan istilah vertigo posisi paroksismal jinak (benign paroxysmal positional vertigo/BPPV). 

Gejala vertigo yang muncul akibat hal ini biasanya berupa serangan yang relatif singkat, tetapi intens dan bisa berulang. Selain itu, beberapa gejala vertigo lainnya seperti pusing, mual, muntah, dan limbung juga dapat menyertai.

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

3. Menundukkan atau Memutar Kepala Tiba-tiba

Tak hanya mendongak, gerakan kepala lainnya yang dilakukan secara tiba-tiba juga dapat memicu kekambuhan gejala vertigo. Seperti menundukkan atau memutar kepala tiba-tiba misalnya. Kondisi ini diduga terjadi akibat adanya serpihan kristal kalsium karbonat yang terlepas dari dinding saluran telinga bagian dalam.

Serpihan itu dapat menyebabkan gangguan ketika masuk ke saluran telinga bagian dalam yang penuh cairan. Akibatnya hal ini memicu gerakan cairan abnormal ketika pengidap vertigo menggerakkan kepala secara tiba-tiba. Sebab, gerakan itu dapat menyebabkan dikirimnya sinyal membingungkan ke otak, sehingga memicu kambuhnya vertigo.

4. Konsumsi Makanan Tertentu

Gejala vertigo juga bisa kambuh akibat gangguan pada sirkulasi darah. Gangguan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalnya ada plak pada dinding pembuluh darah yang menuju otak, mengentalnya darah, atau mengerasnya dinding pembuluh darah. Berbagai gangguan tersebut dapat meningkat risikonya akibat pola makan tidak sehat. 

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat memicu gangguan sirkulasi darah dan kambuhnya gejala vertigo:

  • Daging merah. 
  • Jeroan.
  • Makanan yang digoreng.
  • Kopi atau makanan berkafein lainnya.
  • Minuman beralkohol

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya gejala vertigo. Selain dari faktor-faktor tersebut, mungkin masih ada pula faktor lainnya yang dapat menyebabkan kekambuhan. Sebab, kondisi dan tingkat keparahan masing-masing pengidap vertigo bisa berbeda-beda. 

Agar lebih jelas dan bisa mengetahui penyebab dan faktor apa saja yang dapat memicu kambuhnya gejala, ada baiknya kamu memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter. Agar lebih mudah dan cepat, download dan gunakan saja aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter lewat chat, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Vertigo?
WebMD. Diakses pada 2020. Hearing Tests for Adults: What to Expect?