Ini 7 Cara mengatasi Jerawat Meradang di Pipi yang Ampuh dan Cepat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Oktober 2023

“Mengatasi jerawat meradang di pipi tidak hanya dengan memberikan obat-obatan medis saja. Kamu juga perlu kebersihan serta menghindari makanan berminyak dan berlemak.”

Ini 7 Cara mengatasi Jerawat Meradang di Pipi yang Ampuh dan CepatIni 7 Cara mengatasi Jerawat Meradang di Pipi yang Ampuh dan Cepat

Halodoc, Jakarta – Mau tahu jerawat meradang di pipi karena apa? Kondisi ini terjadi karena pori-pori atau folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati. Jerawat meradang berbeda dengan jerawat biasanya. 

Jerawat meradang menimbulkan benjolan merah, bengkak, dan perih. Ini mengandung nanah, sel kulit mati dan minyak berlebih. Jika jerawat sedang meradang, kamu jangan pernah memegangnya berulang kali apalagi memencetnya. 

Pasalnya, hal di atas dapat menyebabkan jaringan parut, kerusakan pori-pori, infeksi, dan peradangan yang jauh lebih parah. Lantas, cara mengatasi jerawat meradang di pipi?

Cara Mengatasi Jerawat Meradang di Pipi

Penanganan jerawat meradang di pipi tidak bisa dengan pengobatan rumahan. Sebab, khawatir bukannya membaik, justru kondisi jerawat bisa semakin parah.

Kamu bisa mencoba beberapa pengobatan medis berikut untuk menangani jerawat meradang:

1. Terapi cahaya

Salah satu cara mengatasi jerawat meradang di pipi, yaitu menggunakan terapi cahaya. Terapi cahaya menggunakan cahaya untuk membunuh bakteri.

Terapi cahaya biru merupakan jenis terapi cahaya yang paling umum untuk mengatasi munculnya jerawat.

Panjang gelombang cahaya biru memiliki efek antimikroba. Sehingga efektif membunuh beberapa jenis bakteri yang menumpuk di pori-pori, dan kelenjar minyak serta menyebabkan jerawat.

Bila kamu sedang mencari tahu mengenai efektivitas terapi cahaya, artikel pembahasan Psoriasis dapat Disembuhkah dengan Terapi Cahaya, Efektifkah? bisa kamu baca di sini.

2. Penggunaan azelaic acid cream

Krim asam azelaic mengobati kondisi jerawat ringan hingga meradang. Ikuti petunjuk pada label untuk mengoleskan krim ini ke kulit sesuai rekomendasi. Pastikan kamu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskan krim ke kulit yang terkena.

Asam azelaic adalah asam dikarboksilat ramah kulit yang membantu mengatasi jerawat, rosacea, melasma, dan sejumlah kondisi kulit lainnya.

Sifat asamnya yang lembut, membuatnya baik digunakan hampir semua jenis kulit dan aman bagi mereka yang sedang hamil atau menyusui.

3. Antibiotik topikal 

Cara menghilangkan jerawat meradang di pipi juga bisa menggunakan salep antibiotik. Obat ini bekerja menghambat pertumbuhan bakteri P. acne dan mengurangi peradangan. 

Antibiotik topikal seperti eritromisin dan klindamisin adalah yang paling populer dalam pengelolaan jerawat. Ingat, penggunaan antibiotik harus berdasarkan rekomendasi dan resep dokter.

4. Antibiotik oral

Minum apa agar jerawat cepat hilang?

Antibiotik jerawat, seperti doksisiklin dan minosiklin, adalah obat resep untuk jerawat sedang hingga parah yang tidak merespons pengobatan lain.

Antibiotik oral untuk jerawat ini bekerja dengan mengurangi jumlah bakteri yang terperangkap di dalam dan sekitar folikel rambut dan kelenjar sebaceous.

Pastikan kamu mendapatkan resep dan rekomendasi dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

5. Menggunakan terapi hormonal

Contohnya seperti seperti pil KB yang terbukti efektif dalam mengobati komedo hitam, komedo putih, jerawat, serta bintil dan kista jerawat. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dermatologis sebelum memutuskan untuk menggunakan pengobatan ini.

6. Membersihkan wajah dengan ekstra hati-hati

Penggunaan obat saja tidak cukup untuk mengatasi jerawat meradang di pipi bila kamu tidak menjaga kebersihan.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan jika ada jerawat di pipi?

  • Mencuci muka dan kulit lain yang berjerawat dengan lembut.
  • Gunakan pembersih yang lembut dan non-komedogenik. 
  • Oleskan pembersih secara perlahan menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar. 
  • Bilas perlahan dengan air hangat, hanya menggunakan jari. Kamu bisa mencoba penggunaan masker alami, baca rekomendasinya di artikel: Kenali 5 Jenis Masker Wajah untuk Mengatasi Jerawat.

7. Menghindari beberapa makanan tertentu

Tidak cukup dengan menjaga kebersihan serta pengobatan medis, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan.

Hindari jenis makanan ini saat jerawat meradang di pipi, yaitu:

  • Produk olahan susu.
  • Makanan tinggi glikemik, yaitu karbohidrat olahan, nasi putih, sereal manis, dan makanan ringan.
  • Cokelat.
  • Makanan berlemak, contohnya gorengan, makanan berminyak, dan makanan cepat saji.

Cara lain mengatasi jerawat bisa kamu coba di: Ini Penyebab dan 9 Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dan artikel 5 Makanan yang Menyebabkan Jerawat yang Sebaiknya Dihindari

Berbagai Penyebab Jerawat Meradang di Pipi

Kenapa jerawat semakin banyak dan meradang?

Pastinya, ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini, contohnya:

  • Penyumbatan pori-pori kecil bernama mikrokomedo. Sel-sel kulit mati dan sebum terus menumpuk di pori-pori, membesarnya dan menjadi rumah yang baik bagi bakteri penyebab jerawat.
  • Produksi minyak berlebih. Kondisi ini menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat muncul.
  • Penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai. Bahan-bahan tertentu dalam produk kecantikan dapat mengiritasi kulit dan memicu peradangan.
  • Ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini umumnya terjadi selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan, atau penggunaan kontrasepsi hormonal. yang  dapat menyebabkan jerawat meradang. Hormon yang berlebihan dapat merangsang produksi minyak kulit.
  • Stres. Kondisi ini meningkatkan produksi hormon, yaitu kortisol, yang dapat merangsang kelenjar minyak dan menyebabkan jerawat meradang. 

Itulah cara mengatasi jerawat meradang di pipi serta penyebabnya. Punya masalah lainnya dengan kulit? Kamu bisa konsultasi dengan dokter spesialis kulit di Halodoc melalui banner di bawah ini.

chat dokter halodoc
Referensi:
Banner Health. Diakses pada 2023. The Different Skin Benefits of Azelaic Acid.
Indian Journal of Dermatology. Diakses pada 2023. Acne Vulgaris Treatment: The Current Scenario.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. Stubborn Acne? Hormonal Therapy May Help. 
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. 10 Skin Care Habits That Can Worse Acne.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Acne Antibiotics: Types, Side Effects, and Risks.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Inflammatory Acne.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Inflamed acne: Causes, symptoms, and remedies.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan