• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hilangkan Kapalan di Tangan dengan 9 Bahan Alami Ini

Hilangkan Kapalan di Tangan dengan 9 Bahan Alami Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Gesekan dan tekanan yang berulang-ulang adalah penyebab utama timbulnya kapalan. Tidak hanya di kaki, kapalan juga bisa muncul di tangan. Kapalan memang bukan kondisi yang serius. Namun, kalau muncul di tangan tentu bikin kamu tidak nyaman dan tidak sedap dipandang. 

Menghilangkan kapalan tidak harus menggunakan obat-obatan atau pembedahan. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghindari sumber gesekan dan tekanan. Selain itu, ada bahan-bahan alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kapalan. Ini ulasannya.

Baca juga: Telapak Tangan Menebal, Ketahui Beda Heloma dan Kapalan

Bahan Alami untuk Menghilangkan Kapalan di Tangan

Melansir dari Healthline, bahan-bahan alami berikut ini ampuh menghilangkan kapalan, yaitu:

  • Air Hangat

Sebelum mencoba bahan-bahan lainnya, cara yang paling mudah dan sederhana untuk menghilangkan kapalan adalah berendam di air hangat selama 20 menit. Setelah berendam selama 20 menit, keringkan kulit dengan handuk. Setelah kering, lihat apakah kamu bisa menggosok lapisan kapalan dengan jari secara lembut. Lakukan cara ini setiap hari dan lihat apakah kamu bisa menghilangkan kapalan seluruhnya. 

  • Membuat Bantalan 

Cara untuk membuat bantalan adalah kamu membutuhkan kain kempa, silikon, dan perekat lembut. Setelah jadi, kenakan bantalan ini di bawah sarung tangan. Bantalan bertujuan agar kapalan tidak teriritasi saat sembuh. Hindari menggunakan bantalan yang telah dicampur asam salisilat. Asam salisilat dapat mengiritasi dan membuat kulit pecah-pecah. 

  • Cuka Sari Apel

Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat melembutkan kulit yang mengeras akibat kapalan. Campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1:4, lalu rendam tangan ke cairan tersebut selama 20 menit. Setelah tangan dikeringkan, kamu bisa mengelupas satu atau dua lapisan kapal. Hindari menarik kulit terlalu keras dan lakukan perlahan secara lembut. Mencabut kulit di sekitar atau di atas kapalan berisiko menyebabkan infeksi.

Baca juga: 5 Faktor Risiko Seseorang Terkena Kapalan

  • Minyak Jarak

Minyak jarak sering dijadikan pelumas kulit alami. Minyak ini dapat mengkondisikan kulit untuk menghilangkan kapal. Rendam tangan yang kapalan ke dalam campuran air hangat dengan 5 sendok makan minyak jarak.

  • Batu Apung

Kamu bisa menggunakan batu apung setelah merendam tangan dengan air hangat, cuka sari apel atau minyak jarak. Gosok kapal menggunakan batu apung dengan gerakan memutar secara lembut. Jangan mencoba melepas seluruh kalus sekaligus.

  • Garam Epsom

Garam Epsom sering digunakan sebagai eksfoliator. Larutkan garam untuk melemaskan otot-otot dan menenangkan kulit. Campurkan 2 hingga 3 sendok makan ke dalam baskom atau mangkuk berisi air hangat sebelum merendam kapal.

  • Ampelas

Sama seperti batu apung. Kamu bisa menggunakan ampelas setelah merendam tangan yang kapalan. Gosok area yang kapalan dengan ampelas secara perlahan dan lembut. Jika kapal tidak kunjung lepas, coba rendam kembali. Jangan sekali-kali menggosok kulit dengan keras menggunakan ampelas.

  • Tea Tree Oil

Minyak pohon teh punya sifat antibakteri, antijamur, dan antiseptik alami. Masukkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam baskom berisi air hangat dan rendam tangan yang kapalan sampai kamu merasa kulit mulai melembut dan terangkat. Hindari berendam dengan tea tree oil selama lebih dari 15 menit. Alasannya, minyak pohon teh sangat kuat dan dapat merusak lapisan kulit jika terlalu lama menggunakannya.

  • Soda Kue dan Air Lemon

Campurkan soda kue dan air lemon untuk memicu reaksi yang membuat kapalan lebih mudah dihilangkan. Untuk meraciknya, masukan 2 hingga 3 sendok makan air lemon ke dalam baskom yang berisi air hangat. Kemudian rendam tangan yang kapalan setelah beberapa menit. Setelah beberapa menit, baru tambahkan soda kue. 

Baca juga: Begini 4 Cara Mencegah Kapalan di Kaki

Kalau kapalan yang kamu alami terasa sakit, sebaiknya periksakan ke dokter karena bisa jadi kamu mengalami mata ikan. Kalau berencana mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter yang tepat sesuai aplikasi. 

Referensi :
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Corns and calluses.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Calluses.