• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 6 Makanan Ini Jelang Puasa Pertama

Hindari 6 Makanan Ini Jelang Puasa Pertama

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pada beberapa tahun ini, bulan Ramadan di Indonesia biasanya jatuh saat suhu mulai panas. Untuk menjaga kelancaran berpuasa, para ahli menekankan perlunya menjaga tubuh tetap terhidrasi bahkan ketika seseorang tidak berpuasa. Cuaca yang panas saat Ramadan pasti sangat menantang karena panas menguras energi tubuh lebih cepat dari yang diperkirakan kebanyakan orang.

Selain itu, pada minggu-minggu awal puasa, biasanya tubuh masih menyesuaikan dengan pola makan yang baru. Sehingga sudah sangat normal jika kita memiliki sedikit masalah pencernaan. Cara agar masalah tidak semakin parah, maka kamu harus menghindari makanan tertentu saat awal-awal puasa.

Baca juga: Ini 7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Saat Puasa

Hindari Makanan Ini Saat Berpuasa

Faktanya, kebanyakan orang memiliki biasanya memiliki selera makan yang tinggi saat berbuka puasa dan kemudian tidak memiliki selera makan sahur. Padahal keseimbangan makanan yang dikonsumsi pada dua waktu ini adalah hal yang penting. 

Cara untuk menghindari masalah kesehatan, terdapat makanan yang perlu dihindari saat puasa:

  • Karbohidrat Sederhana atau Olahan. Makanan yang hanya bertahan 3 sampai 4 jam dan rendah nutrisi penting seperti: gula, tepung putih, kue kering, donat, croissant. Jadi supaya tidak cepat lemas, jangan konsumsi ini pada hari-hari awal puasa.

  • Makanan Asin. Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh membuat kamu jadi sangat haus saat berpuasa. Jadi, cobalah untuk menghindari kacang asin, keripik, dan makanan yang mengandung garam atau penambah rasa lainnya.

  • Minuman Berkafein. Kopi mengandung kafein yang mengarah pada insomnia dan kegelisahan. Selain itu, ia juga akan membuat kamu tidak terhidrasi dan membuat haus sepanjang hari. Pastikan kamu menghindarinya pada saat sahur. 

  • Minuman Bersoda. Selama puasa, sebaiknya kurangi konsumsi minuman bersoda. Konsumsi air biasa untuk menenangkan dahaga kamu setelah berpuasa.

  • Makanan Manis. Makanan tinggi gula seperti permen, coklat harus dihindari. Mereka adalah sumber kenaikan berat badan dan dapat menyebabkan kompleksitas jika dikonsumsi setiap hari selama puasa.

  • Makanan yang Digoreng. Makanan yang berminyak dan yang digoreng seperti tempe goreng harus dihindari. Hindari juga kari berminyak untuk menghindari gangguan Kesehatan selama bulan Ramadan.

Baca juga: 5 Suplemen yang Dibutuhkan Saat Berpuasa

Tips Makan Sehat Selama Berpuasa

Selama Ramadan, kamu sebaiknya menghindari dahulu aktivitas harian yang dapat membuat tubuh dehidrasi, terutama selama hari-hari musim panas. Jika kamu bekerja dalam kondisi cuaca panas atau atlet profesional yang ingin berpuasa, gunakan suplemen makanan untuk diet seimbang dan sehat yang akan mendukung aktivitas harian. Alangkah lebih baik juga untuk mengurangi durasi olahraga hingga 30 persen selama bulan Ramadan.

Berbuka puasalah dengan makanan yang mudah dicerna. Selama Ramadan, orang cenderung makan banyak makanan dengan sangat cepat setelah berjam-jam puasa. Namun, cobalah berbuka puasa dengan kurma, sup, atau jus buah segar, sehingga kamu dapat menghidrasi tubuh.

Kemudian, konsumsi makan hidangan utama 10 atau 15 menit kemudian. Hal ini mencegah asupan makanan berlebih dengan memberikan rasa kenyang, yang pada gilirannya membantu sistem pencernaan.

Untuk hidangan utama, hidangkan daging, ayam atau sayuran yang dipanggang, direbus atau dikukus. Kunyah makanan dengan saksama dan lakukan jalan kaki satu atau dua jam setelah berbuka puasa, ini akan dapat membantu sistem pencernaan dan kardiovaskular kamu. 

Baca juga: Ingin Berolahraga saat Puasa, Perhatikan 3 Aturan Ini

Ramadan adalah waktu yang sakral setiap tahun dan puasa adalah bagian penting dari bulan suci ini. Oleh karena itu, hindari hal-hal yang berisiko dan pilihlah menu sehat selama berpuasa supaya ibadah lancar. Jika kamu masih ingin mendapatkan informasi mengenai puasa sehat, coba chat dokter di Halodoc. Dokter akan memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan selama menjalani puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Herbalife Nutrition. Diakses pada 2020. What to Eat and What to Avoid During Ramadan.
Qatar Day. Diakses pada 2020. Foods To Eat And Avoid During Ramadan.