• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Baru Harus Tahu 4 Jenis Imunisasi Ini

Ibu Baru Harus Tahu 4 Jenis Imunisasi Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bayi yang baru lahir, tubuhnya masih sangat lemah, sehingga penting untuk menghindarinya dari beberapa hal yang dapat berisiko menimbulkan penyakit. Jika seorang bayi secara tidak sengaja terserang penyakit, bukan tidak mungkin gangguan yang berbahaya dapat terjadi. Maka dari itu, penting juga untuk mengetahui cara pencegahan dari beberapa penyakit berbahaya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan adalah dengan melakukan imunisasi. Hal ini dilakukan untuk membuat sistem imunitas dari bayi akan kebal dari satu jenis penyakit. Maka dari itu, untuk ibu yang baru melahirkan, beberapa jenis imunisasi pada bayi ini wajib diketahui. Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Jenis Imunisasi yang Harus Didapatkan Anak Sejak Lahir

Jenis Imunisasi pada Bayi yang Wajib Diketahui

Vaksin adalah salah satu tindakan pencegahan yang paling baik agar dapat melindungi seseorang, terutama bayi dan anak-anak, dari penyakit menular. Namun, beberapa imunisasi juga dapat dilakukan pada remaja dan orang dewasa. Dengan melakukan hal ini, penerimanya dapat menghindari gangguan kesehatan serius yang disebabkan oleh beberapa penyakit.

Imunisasi pada bayi akan membentuk sistem kekebalan tubuhnya agar tidak mudah terserang virus yang menjadi penyebab suatu penyakit. Dengan begitu, kesehatan anak ibu akan terus terjaga. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis imunisasi pada bayi yang wajib dilakukan agar anak tidak terserang penyakit serius. Berikut adalah beberapa jenis vaksin tersebut:

  1. Imunisasi Hepatitis B

Salah satu imunisasi pada bayi yang wajib diketahui oleh ibu yang baru melahirkan adalah hepatitis B. Gangguan ini dapat menyebabkan pengidapnya mengalami peradangan dan kerusakan hati yang berakhir pada gagal hati dan kanker hati. Penyakit ini ditularkan melalui darah atau cairan tubuh lainnya. Bayi yang terserang penyakit ini akan merasakan gangguannya ketika dewasa. Vaksin ini akan dilakukan pertama kali ketika bayi baru 24 jam dari waktu dilahirkan.

Baca juga: Vaksin Sebabkan Bayi Autis, Yakin? Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

  1. Imunisasi DTaP

Jenis imunisasi lainnya yang wajib diketahui oleh ibu yang baru saja melahirkan adalah DTaP. Vaksin ini dapat mencegah tiga penyakit sekaligus, yaitu difteri, tetanus, dan acellular pertussis atau batuk rejan. Semua penyakit tersebut dapat menimbulkan bahaya pada bayi, maka dari itu penting untuk menerima vaksin agar dapat mencegahnya sebelum menyerang. Bayi akan mendapatkan vaksin pertama kali saat usia 2 bulan dan akan menerima 5 dosis dengan imunisasi akhir saat usia 4-6 tahun.

  1. Imunisasi Polio

Penyakit lainnya yang dapat menimbulkan gangguan berbahaya dan sangat menular sehingga harus mendapatkan vaksin adalah polio. Imunisasi polio pada bayi dapat meminimalisir penyakit tersebut yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kecacatan pada pengidapnya. Vaksin ini pertama kali diberikan ketika bayi berusia 2 bulan, berlanjut saat usia 4 bulan, 6 bulan, hingga 18-24 bulan. Penting memastikan bayi ibu menerima jenis imunisasi ini.

  1. Imunisasi BCG

Imunisasi BCG juga sangat penting untuk diberikan kepada bayi agar dapat mencegah terjadinya penyakit tuberkulosis yang berdampak buruk bagi paru-paru. Vaksin ini hanya akan dilakukan sekali seumur hidup dan harus dilakukan segera. Seseorang yang tidak menimbulkan manfaat jika diberikan pada seseorang yang usianya sudah di atas 35 tahun.

Itulah beberapa imunisasi yang wajib diketahui oleh ibu yang baru melahirkan. Sangat penting untuk setiap bayi yang dilahirkan mendapatkan imunisasi agar tubuhnya tidak mudah terserang penyakit yang berbahaya. Jadi, pastikan anak ibu mendapatkan vaksin tersebut tepat waktu.

Baca juga: Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Imunisasi?

Jika kamu mempunyai banyak pertanyaan terkait imunisasi pada bayi yang wajib dilakukan, dokter dari Halodoc siap untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. Top 20 Vaccines You Should Know About.
Healthline. Diakses pada 2020. The 6 Most Important Vaccines You Might Not Know About.