8 Tips untuk Cegah Angka COVID-19 Naik

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Juni 2023

“Ada beberapa cara untuk cegah COVID-19 menyebar. Salah satunya adalah dengan memakai masker, cuci tangan, dan menerapkan etika batuk.”

8 Tips untuk Cegah Angka COVID-19 Naik8 Tips untuk Cegah Angka COVID-19 Naik

Halodoc, Jakarta – COVID-19, penyakit yang terjadi karena virus corona, telah menjadi pandemi global yang memengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Penularan virus ini semakin melambung, tetapi ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyebarannya. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara yang efektif untuk mencegah penularan COVID-19. Mari simak!

Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat untuk Mencegah Penularan COVID-19?

Untuk melindungi diri dan orang lain dari COVID-19, penting bagi kamu untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips cegah COVID-19 yang dapat kamu lakukan:

1.Kuatkan Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melawan virus corona dan penyakit lainnya. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antara lain:

  • Istirahat yang cukup, setidaknya 7 hingga 8 jam setiap malamnya.
  • Perbanyak makan sayur dan buah.
  • Hindari stres, dengan meditasi, yoga, dan latihan pernapasan.
  • Hindari rokok dan alkohol.
  • Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit setiap hari.

2.Rutin Mencuci Tangan

Salah satu cara yang paling efektif untuk cegah COVID-19 adalah dengan rutin mencuci tangan. Cucilah tangan selama minimal 20 detik dengan sabun dan air mengalir atau gunakan pembersih tangan yang mengandung alkohol setidaknya 60 persen. 

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan? Berikut beberapa situasi di mana mencuci tangan sangat penting:

  • Sebelum memasak atau makan.
  • Sesudah menggunakan kamar mandi.
  • Setelah menutup hidung saat batuk atau bersin.
  • Setelah memegang barang-barang yang sering tersentuh banyak orang, seperti gagang pintu, smartphone, tombol lift, dan sebagainya.

3.Jangan Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Virus corona dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tidak menyentuh wajah saat tangan dalam keadaan tidak bersih. 

Penularan virus corona dapat terjadi ketika tangan kamu menyentuh benda yang terkontaminasi virus, dan kemudian kamu menyentuh mata, hidung, atau mulut. Untuk cegah COVID-19, hindarilah kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

4.Hindari Tempat Keramaian

Pertimbangkanlah untuk mengambil langkah pencegahan ekstra dengan menghindari tempat-tempat keramaian, terutama jika sedang sakit atau berusia di atas 60 tahun (lansia). 

Jika terpaksa berada di keramaian, lakukan physical distancing. Begini caranya → Ini 5 Cara Melakukan Physical Distancing

5.Isolasi Diri saat Sakit

Jika kamu merasa sakit, terutama jika gejala-gejala yang muncul menyerupai COVID-19, sangat penting untuk melakukan isolasi mandiri. Jangan bepergian atau berkumpul dengan teman atau keluarga. 

Lakukan isolasi mandiri secara mandiri di rumah. Jika gejala tidak membaik atau bahkan semakin memburuk, segeralah mencari bantuan medis dari dokter atau petugas kesehatan yang berwenang. 

6.Selalu Kenakan Masker

Penggunaan masker adalah salah satu tindakan pencegahan yang penting dalam cegah COVID-19. Jika kamu sedang sakit, penggunaan masker dapat membantu meminimalkan risiko penyebaran virus kepada orang lain di sekamur kamu. 

Bagi yang merasa sehat, gunakan masker kain sesuai anjuran pemerintah dan tenaga medis. Dengan selalu menggunakan masker dengan benar, kamu dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan virus corona.

7.Terapkan Etika Batuk

Saat batuk atau bersin, penting untuk menutup mulut dan hidung menggunakan siku atau tisu. Setelah itu, buanglah tisu ke tempat sampah yang tertutup. 

Dengan mengikuti etika batuk yang baik, kamu dapat cegah COVID-19 menyebar kepada orang di sekitar kamu.

8.Persiapkan Obat dan Disinfektan

Pastikan kamu memiliki persediaan obat-obatan dan disinfektan di rumah. Jika ada anggota keluarga yang sakit, berikanlah obat pereda nyeri OTC. Namun segera konsultasikan dengan dokter jika kondisinya memburuk. 

Disinfektan juga penting untuk membersihkan permukaan benda-benda yang mungkin terkontaminasi oleh virus corona. Virus corona dapat bertahan di permukaan benda selama beberapa jam hingga beberapa hari. 

Oleh karena itu, penting untuk secara teratur membersihkan benda-benda yang sering tersentuh, seperti gagang pintu, ponsel, pegangan tangga, dan telepon.

Lebih lanjut mengenai cara pencegahan COVID-19, bisa kamu baca di sini → Cek Fakta: Beragam Cara Pencegahan COVID-19

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat cegah penularan COVID-19, dengan melindungi diri sendiri serta orang-orang di sekitar kamu.

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang COVID-19

Referensi:
Self Isolation. Dr. dr. Erlina Burhan MSc. Sp.P(K). Diakses pada 2023. Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI – RSUP Persahabatan, Satgas Waspada dan Siaga COVID-19 PB IDI 
US National Library of Medicine National Institutes of Health – Medlineplus. Diakses pada 2023. Coronavirus Infections 
Web MD. Diakses pada 2023. Preparing for Coronavirus: Dos and Don’ts
WHO. Diakses pada 2023. Report of the WHO-China Joint Mission on Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) 
Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Diakses pada 2023. 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV), Wuhan, China.
The Independent – UK and Worldwide News. Diakses pada 2023. Coronavirus: Pretend you are infected already to protect yourself, advises health professor.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan