• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Istri Cepat Hamil? Pria Sebaiknya Lakukan 4 Hal Ini

Ingin Istri Cepat Hamil? Pria Sebaiknya Lakukan 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Kehamilan menjadi masa yang ditunggu bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Namun, tidak semua pasangan dengan mudah dapat memiliki keturunan dengan cepat. Banyak kondisi yang membuat banyak pasangan harus menunggu kesempatan lebih lama untuk memiliki keturunan, misalnya kondisi tubuh yang kelelahan akibat bekerja, kualitas sperma yang kurang baik, atau adanya gangguan kesehatan yang lain.

Baca juga: Kualitas Sperma dan Ovum Berdasarkan Usia

Namun, jika kondisi kamu dan pasangan dinyatakan sehat oleh dokter, tidak ada salahnya untuk melakukan cara yang membantu untuk mendapatkan keturunan. Bagi wanita, tentu mengetahui kapan masa ovulasi menjadi hal yang penting untuk cepat mendapatkan keturunan. Nah, tidak ada salahnya untuk cara yang dilakukan oleh pria agar kamu dan pasangan memiliki keturunan. 

Lakukan Ini agar Istri Cepat Hamil

Bukan hanya wanita yang harus memiliki kesehatan reproduksi yang optimal untuk mendapatkan keturunan, kesehatan reproduksi pria juga menentukan cepat atau lambat satu pasangan mendapatkan keturunan. Ya, kesehatan pria juga sama pentingnya dengan kondisi kesehatan yang dimiliki oleh istri. Berikut ini cara yang bisa dilakukan oleh para pria agar para istri dapat segera menjalani masa kehamilan.

1. Menjaga Kondisi Berat Badan

Dilansir dari Live Science, pria yang memiliki obesitas atau kelebihan berat badan meningkatkan risiko ketidaksuburan. Dibandingkan dengan pria yang memiliki berat badan yang normal, pria dengan memiliki berat badan yang berlebih memproduksi sperma jauh lebih sedikit. Tidak hanya itu, sperma yang dihasilkan memiliki kualitas yang buruk.

Hal ini bisa terjadi akibat perubahan hormon yang tidak seimbang. Tidak ada salahnya untuk menjaga kondisi berat badan dengan banyak mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga agar terhindar dari obesitas. Kamu dapat bertanya langsung pada dokter untuk mencari tahu cara menjaga kondisi berat badan agar kondisi kesehatan tetap optimal.

2. Berhenti Merokok

Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, maka sebaiknya segera hentikan. Banyak dampak buruk yang dirasakan dari kebiasaan merokok, seperti gangguan jantung dan paru-paru. Tidak hanya itu, kebiasaan merokok yang dilakukan para pria memengaruhi kualitas sperma. Dilansir dari Very Well Family, merokok memengaruhi tingkat kesuburan dan kesehatan sistem reproduksi pria.

Baca juga: Harus Tahu, Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kualitas Sperma

3. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Tidak hanya wanita, sebaiknya para pria juga menghindari kebiasaan mengonsumsi alkohol. Dilansir dari Healthline, mengonsumsi alkohol juga memengaruhi kesuburan pria dalam jumlah sperma, ukuran sperma, bentuk sperma, dan pergerakan sperma di dalam tubuh wanita. 

4. Konsumsi Makanan Sehat

Tidak hanya wanita, pria juga disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat agar menjaga kualitas sperma. Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma, seperti daging sapi, ayam, dan telur. Makanan tersebut mengandung seng dan selenium yang membantu sperma memiliki daya gerak baik dalam tubuh wanita.

Tidak hanya itu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dalam bentuk beta karoten, vitamin C, dan vitamin E yang meningkatkan libido serta hormon pria. Kamu bisa menemukan kandungan vitamin tersebut dalam buah-buahan, seperti pisang, jeruk, dan sayuran brokoli.

Baca juga: Pasangan Muda, Ketahui cara Cepat Hamil yang Sehat

Itulah cara yang bisa dilakukan oleh pria agar istri cepat menjalani masa kehamilan. Tidak hanya itu, sebaiknya pria juga menjaga kesehatan mental dan fisik istri agar tetap optimal. Jangan lupa lakukan hal-hal yang menyenangkan berdua, agar pasangan suami istri terhindar dari stres yang memengaruhi sperma dan kesuburan istri.

Referensi:
Harvard School of Public Health. Diakses pada 2020. Excess Weight May Affect Sperm Production, Reduce Fertility in Men
Very Well Family. Diakses pada 2020. What Impact Does Male Smoking Have on Sperm and Fertility?
Healthline. Diakses pada 2020. Does Alcohol Kill Sperm? And Other Fertility Facts
Live Science. Diakses pada 2020. Obese Men at Greater Risk for Infertility