• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Si Kecil Sehat dan Pintar, Berikan 9 Makanan Ini

Ingin Si Kecil Sehat dan Pintar, Berikan 9 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Masa pertumbuhan anak dari bayi hingga remaja merupakan waktu yang paling tepat untuk merangsang tumbuh kembang fisik dan juga kecerdasan otaknya. Ada banyak faktor yang memengaruhi kecerdasan otak anak, salah satunya adalah dari asupan makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Perkembangan Fisik Remaja yang Perlu Diketahui

Jika ibu ingin memiliki anak yang sehat dan pintar, penting untuk memperhatikan asupan makanan yang mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan otaknya. Berikut beberapa jenis makanan yang mampu merangsang kecerdasan otak anak:

  • Susu dan Produk Olahannya

Susu, baik ASI atau susu formula merupakan minuman sehat yang kaya akan protein, kalsium, kalium, vitamin B dan D yang berperan dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan juga enzim. Selain susu, produk olahan susu juga baik untuk dikonsumsi. Produk olahan susu yang dapat ditemui dengan mudah adalah yoghurt dan keju.

  • Telur

Selain mudah didapat dan diolah, telur merupakan sumber protein baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Kuning telur mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan otak, terutama daya ingat. Kolin dapat membantu meningkatkan produksi sel induk memori di otak, serta mencegah anak agar tidak mudah merasa lelah.

  • Buah Beri

Kelompok buah beri, seperti stroberi, raspberry, blueberry, atau blackberry mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kecerdasan otak. Kelompok buah beri mengandung antioksidan dan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit berbahaya. Tidak hanya daging dan buahnya saja yang mengandung manfaat baik, biji buah beri juga mengandung asam lemak omega-3.

  • Kacang

Kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selain dapat mendukung kemampuan berpikir, kacang-kacangan juga merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Kacang merah merupakan salah satu jenis makanan untuk kecerdasan anak.

Baca juga: Tips Memilih Mainan Berdasar Tahap Pertumbuhan Anak

  • Ikan

Makanan untuk kecerdasan anak selanjutnya adalah ikan-ikanan. Ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon. Ikan jenis ini mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan nalar anak. Selain tinggi akan kandungan protein, ikan salmon juga mengandung DHA dan EPA yang merupakan sumber utama asam lemak omega-3.

  • Alpukat

Alpukat menjadi salah satu makanan untuk kecerdasan anak yang mampu menunjang perkembangan otak. Lemak baik dalam alpukat mampu memberikan energi untuk menunjang berbagai aktivitas anak. Buah ini juga kaya akan vitamin E dan serat yang mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak Si Kecil.

  • Sayuran

Sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi adalah wortel, tomat dan bayam. Jenis sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi. Semakin cerah dan segar warna sayuran, maka akan semakin tinggi pula kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan merupakan kandungan yang mampu mendorong sel-sel otak untuk berkembang menjadi lebih sehat dan kuat, yang dapat menunjang kecerdasan otak Si Kecil.

  • Gandum Utuh dan Beras Merah

Beras merah dan gandum utuh mengandung glukosa dan vitamin B yang baik untuk kecerdasan otak karena mampu memelihara sistem saraf dengan baik. Vitamin B mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh sistem saraf, salah satunya adalah otak. Gandum utuh juga mengandung tinggi vitamin E, potasium dan zinc yang mampu mendukung tubuh dan otak untuk bekerja secara optimal.

  • Daging Sapi

Daging sapi yang bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk kecerdasan anak adalah daging sapi tanpa lemak. Daging jenis ini mengandung zat besi yang mampu membantu anak tetap fokus dalam belajar, serta memelihara daya ingat dan kecerdasan otak Si Kecil.

Baca juga: 9 Kegiatan yang Bisa Menumbuhkan Kreativitas pada Balita

Saat Si Kecil mengidap alergi terhadap kandungan bahan makanan tertentu, ibu bisa berdiskusi terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsinya. Bahan makanan tersebut memang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak, tapi sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter sebelum memberikannya ya, bu!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. 7 Brain Foods for Kids.
WebMD. Diakses pada 2020. Top 10 Brain Foods for Children.
What to Expect. Diakses pada 2020. Brain-Boosting Food for Kids.