Ini 4 Manfaat Makanan Kering untuk Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 Desember 2020
Ini 4 Manfaat Makanan Kering untuk Kucing PeliharaanIni 4 Manfaat Makanan Kering untuk Kucing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Terkadang beberapa pecinta kucing kerap merasa kebingungan untuk menentukan makanan untuk kucing kesayangannya. Ada sebagian orang yang memilih makanan basah karena dianggap memiliki kandungan gizi yang lebih baik.

Namun, ada pula yang memilih makanan kering karena berbagai alasan, salah satunya tahan lebih lama ketika ditinggal pergi. Lantas, sebenarnya apa saja sih manfaat makanan kering untuk kucing? Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

1.Padat Energi

Makanan kering memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi daripada makanan basah. Untuk kucing yang terbilang kurus atau memiliki nafsu makan yang kurang baik, pemberian atau manfaat makanan kering untuk kucing memenuhi kebutuhan asupan energi bagi tubuhnya. 

2.Baik untuk Gigi

Sama halnya dengan manusia, kucing dapat mengalami masalah periodontal. Penyakit ini menyerang bagian gigi hewan kesayanganmu, bahkan terkadang disertai oleh peradangan. Hati-hati, kondisi ini bisa membuat gigi kucing mudah goyang dan tanggal. Lantas, apa hubungannya makanan kering dengan kondisi ini? 

Ternyata, manfaat makanan kering untuk kucing juga berkaitan dengan kesehatan giginya. Ada beberapa diet makanan kering yang memiliki efek menguntungkan pada gigi, baik mengurangi pembentukan karang gigi atau memperlambat akumulasi plak. Aktivitas mengunyah makanan kering mampu membersihkan plak. Nah, manfaat seperti ini tidak didapatkan saat kucing mengonsumsi makanan basah.

Namun, tidak semua makanan kering memiliki tekstur kibble (kibble texture) yang memadai untuk mengatasi plak pada gigi kucing. Kamu juga perlu berhati-hati karena beberapa produk makanan kering untuk kucing yang berkualitas rendah sering menyebabkan plak dan penyakit gigi. 

Baca juga: Ketahui Porsi Makan yang Tepat untuk Diberikan pada Kucing

3.Praktis dan Tahan Lama

Ada pula manfaat makanan kering untuk kucing lainnya. Kebiasaan makan kucing cenderung berbeda dengan anjing. Ketika anjing diberikan makan, mereka umumnya langsung memakan dengan lahap. Sedangkan kucing, mereka sering bermasalah dengan nafsu makan.

Nah, inilah letak keunggulan makanan kering. Makanan kering cenderung dapat bertahan lebih lama daripada makanan basah. Singkat kata, kamu bisa meninggalkan makanan kering sepanjang hari, dan kucing bisa memakannya kapan pun ia inginkan. Di samping itu, makanan kering juga terbilang lebih praktis dalam hal penyajiannya dibandingkan dengan makanan basah. 

4.Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Manfaat makanan kering untuk kucing juga memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Pada makanan kucing yang berkualitas bagus, biasanya ditambahkan dengan antioksidan serta vitamin C dan E, sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi dan baik untuk kesehatannya.

Kamu perlu memperhatikan asupan cairan tubuh pada kucing yang sering mengonsumsi makanan kering. Tujuannya untuk mencegah masalah saluran kencing atau keluhan lainnya. Oleh sebab itu, pasokan air bersih harus tersedia ketika kucing mengonsumsi makanan kering. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 5 Cara Tepat Merawat Kucing Anggora

Sebenarnya baik makanan kering atau basah memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Nah, bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai manfaat makanan kering bagi kucing, kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan?

 

Referensi:
FETCH by Web MD. Diakses pada 2020. Feeding Your Adult Cat: What You Need to Know
Pro Plan Indonesia. Diakses pada 2020. Manfaat Memberikan Makanan Kering Pada Kucing
International Cat Care. Diakses pada 2020. What should I feed my cat? Wet versus dry food
llmu Veteriner. Diakses pada 2020. Kelebihan dan Kekurangan Makanan Basah dan Makanan kering untuk kucing

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan