• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Kanker Ginjal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Kanker Ginjal

Ini 4 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Kanker Ginjal

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 November 2022

“Kanker ginjal adalah salah satu penyakit berbahaya yang perlu mendapatkan penanganan segera. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah imunoterapi.”

Ini 4 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Kanker GinjalIni 4 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Kanker Ginjal

Halodoc, Jakarta – Kanker ginjal adalah gangguan pertumbuhan sel kanker yang mulai berkembang di ginjal. Masalah ini dapat menyebar ke area di sekitarnya jika tidak mendapatkan penanganan dini.

Kebiasaan hidup sehari-hari yang buruk dapat membuat seseorang lebih rentan untuk terserang penyakit ini, seperti kebiasaan merokok, obesitas, dan hipertensi. Mereka yang memiliki kebiasaan tersebut perlu berhati-hati dan melakukan pemeriksaan kesehatan ginjal secara rutin.

Namun, jika kamu didiagnosis terserang kanker ginjal, ada beberapa tindakan pengobatan yang bisa dilakukan agar masalah ini dapat dihentikan. Sebab, komplikasi dari kanker yang paling parah adalah kematian.

Berbagai Pilihan Pengobatan Atasi Kanker Ginjal

1. Pengawasan Aktif

Pengobatan kanker ginjal dapat menjadi beban fisik pada seseorang yang lebih tua dan/atau memiliki kesehatan buruk. Nah, pengawasan secara aktif adalah tindakan yang tepat untuk dilakukan, terutama jika tumor yang tumbuh masih berukuran kecil.

Metode ini dilakukan dengan pemantauan kanker melalui tes darah dan urin, serta pemeriksaan pencitraan. Penanganan lebih lanjut dilakukan jika kanker berkembang atau kesehatan pengidap kanker tersebut sudah jauh lebih baik.

2. Operasi

Guna mengatasi tumor yang baru terbentuk pada ginjal atau area terdekat di sekitarnya bisa dengan jalur operasi atau pembedahan. Dokter akan menentukan seberapa banyak pengangkatan yang perlu dilakukan, sebagian atau bahkan seluruh organ.

Tindakan operasi yang umumnya dilakukan minimal dengan tindakan invasif, artinya membutuhkan sayatan kecil selama prosesnya. Tindakan ini bisa dilakukan dengan laparoskop atau bahkan robot yang dikendalikan oleh ahli bedah.

Ada dua jenis operasi yang umum dilakukan untuk mengatasi kanker ginjal, yaitu:

  • Nefrektomi parsial.
  • Nefrektomi radikal.

3. Imunoterapi

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan obat yang dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Secara tidak langsung dapat membunuh sel kanker, sehingga bisa ditangani dengan baik.

Obat ini mengandung sel T yang membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam melawan kanker. Selain itu, sitokin dari pengobatan ini dapat memacu pertumbuhan sel sistem imunitas tubuh dalam melawan kanker. Namun, tindakan ini jarang dilakukan pada seseorang yang mengidap kanker ginjal stadium lanjut.

4. Terapi Radiasi

Terapi radiasi termasuk tindakan pengobatan dengan sinar radiasi untuk membunuh sel kanker. Cara ini tidak dapat mengobati kanker ginjal, tetapi bisa memperlambat pertumbuhan kanker dan mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Dokter biasanya akan merekomendasikan terapi radiasi sebagai pengobatan paliatif, saat kanker telah menyebar ke area tertentu, seperti tulang atau otak. Terapi radiasi menggunakan mesin yang mengarahkan radiasi ke tempat kanker berada.

Itulah beberapa tindakan pengobatan untuk mengatasi kanker ginjal yang umum dilakukan. Setiap orang bisa mendapatkan cara pengobatan yang berbeda-beda tergantung kondisinya. Maka dari itu, memastikan kondisi tubuh sangat penting sebelum tindakan yang paling tepat ditentukan.

Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan terkait kanker ginjal, fitur janji medis dari aplikasi Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan interaksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
MD Anderson Cancer Center. Diakses pada 2022. Kidney Cancer Treatment.
Healthline. Diakses pada 2022. Kidney Cancer Treatments.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Kidney cancer.