• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Olahraga Aerobik yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Olahraga Aerobik yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ini 5 Olahraga Aerobik yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 November 2022

“Mendapatkan berat badan ideal membutuhkan kombinasi antara pola hidup dan pola makan sehat, termasuk berolahraga. Olahraga aerobik seperti berenang, senam, jalan, kaki, dan joging menjadi beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan.”

Ini 5 Olahraga Aerobik yang Bisa Bantu Turunkan Berat BadanIni 5 Olahraga Aerobik yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Olahraga menjadi salah satu cara efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Namun, tak sedikit orang yang mengalami kebingungan akan pilihan olahraga yang tepat. Sebenarnya, semua jenis olahraga bisa menurunkan berat badan, kok. Hanya saja, olahraga aerobik menjadi jenis yang paling direkomendasikan. 

Pilihan Olahraga Aerobik untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga aerobik juga terbagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing mampu membakar kalori tubuh dalam jumlah yang berbeda. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Berenang

Rekomendasi pertama adalah berenang. Meski dilakukan di air dan terasa tidak membuat tubuh berkeringat, kalori yang dibakar oleh tubuh saat kamu melakukan olahraga satu ini cukup besar. 

Contohnya, berenang dengan gaya kupu-kupu selama kurang lebih 30 menit menyumbang kalori sebanyak 409 kkal. Dalam durasi yang sama, berenang dengan gaya punggung dan gaya dada masing-masing menyumbang kalori sebesar 298 kkal dan 372 kkal. 

Tak hanya efektif untuk membakar kalori, berenang juga menjadi jenis olahraga aerobik yang direkomendasikan untuk kamu yang memiliki masalah sendi dan mengalami cedera. 

2. Bersepeda

Pilihan lainnya adalah bersepeda, jenis olahraga yang sedang cukup populer beberapa waktu belakangan. Tak harus dilakukan di luar rumah, kamu juga bisa menggunakan sepeda statis untuk melakukan olahraga ini di dalam rumah. 

Bersepeda di luar ruangan selama kurang lebih 30 menit akan menyumbang kalori sebesar 280 sampai 360 kalori. Sementara menggunakan sepeda statis dalam durasi yang sama membakar kalori tubuh sebanyak 250 sampai 280 kalori.

3. Jalan kaki

Siapa sangka, olahraga aerobik ringan ini juga efektif untuk menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin. Bahkan, kamu bisa berjalan kaki di mana saja, kapan saja. Bisa di pasar sambil berbelanja, di mal sambil melihat-lihat, atau perjalanan ke kantor dari halte atau stasiun. 

Hanya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, tubuh telah membakar kalori sebanyak 167 kkal. Jika kamu sudah membiasakan untuk melakukan aktivitas ini, kamu bisa menambahkan durasi jalan kaki menjadi lebih lama.

4. Senam

Lalu, ada pula senam aerobik, aktivitas fisik yang menuntut gerak tubuh dalam tempo lebih cepat. Aktivitas ini dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sehingga kerja jantung untuk memompa darah menjadi lebih optimal. Terlebih dengan adanya musik yang pastinya membuat kamu lebih semangat bergerak.

Studi dalam jurnal Obesity yang dilakukan pada orang-orang dengan kondisi obesitas menunjukkan, senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan. 

Setelah melakukan senam selama 5 hari setiap minggu selama kurang lebih 10 bulan, terjadi penurunan berat badan sekitar 4,3 sampai 5,6 persen dengan kalori rata-rata yang hilang sebesar 400 sampai 600 kalori. 

5. Joging

Terakhir adalah joging atau lari pelan yang dapat membakar kalori tubuh sebanyak 300 sampai 700 kkal hanya dalam waktu 30 menit. Namun, ini bergantung pada kecepatan dan intensitasnya. Sama halnya seperti jalan kaki, kamu harus melakukan joging secara rutin setiap hari untuk bisa merasakan manfaatnya pada tubuh. 

Itu tadi beberapa pilihan olahraga aerobik yang dapat membantu menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk menyesuaikan intensitas olahraga dengan kemampuan tubuhmu, ya! Jika memerlukan pemeriksaan medis, cek langsung Layanan Janji Medis di Halodoc. Jadi, kamu harus download Halodoc di ponselmu sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Does Exercise Help You Lose Weight? The Surprising Truth.
Healthline. Diakses pada 2022. The 8 Best Exercises for Weight Loss.
Obesity. Diakses pada 2022. Aerobic exercise alone results in clinically significant weight loss for men and women: Midwest exercise trial 2.
Harvard Health. Diakses pada 2022. Calories burned in 30 minutes for people of three different weights.