11 Dampak Berbahaya Ganja pada Kesehatan Tubuh

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 November 2023

“Ganja atau mariyuana adalah jenis psikotropika yang dapat menyebabkan banyak efek negatif pada tubuh. Mulai dari gangguan pernapasan hingga gangguan kesuburan menjadi dampak penyalahgunaan ganja.”

11 Dampak Berbahaya Ganja pada Kesehatan Tubuh11 Dampak Berbahaya Ganja pada Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Sudah tahu kan kalau penyalahgunaan ganja bisa memengaruhi saraf dan fungsi otak? Ada banyak sekali dampak dari penggunaan ganja bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Tanaman ganja sendiri terdiri tiga jenis, yaitu Cannabis sativa, Cannabis indica, dan Cannabis ruderalis. Cannabis sativa merupakan jenis ganja yang paling sering disalahgunakan. Biasanya, cara penggunaannya dengan dijadikan rokok untuk dihisap. 

Di Indonesia sendiri, penggunaan tanaman ini masih ilegal mengingat dampak negatifnya. Namun, berbagai negara telah melegalkan ganja untuk tujuan kesehatan.

Dampak Berbahaya Ganja bagi Tubuh

Ada berbagai dampak negatif penggunaan ganja yang patut kamu waspadai, di antaranya:

1. Menyebabkan gangguan pernapasan

Melansir dari National Institute on Drug Abuse dengan judul jurnal Cannabis (Marijuana) Drug Fact, penggunaan ganja bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Sebab, asap ganja bisa menyebabkan iritasi pada dinding paru-paru. 

Hal ini akibat kandungan tetrahydrocannabinol (THC) dan cannabinoid dalam ganja, keduanya menghasilkan zat yang sama seperti pada tembakau. Sehingga dampak yang terjadi pada pengguna ganja, hampir serupa dengan orang yang memiliki kebiasaan merokok. 

Kondisi ini juga akan terkait langsung dengan masalah kesehatan paru, seperti batuk dan munculnya dahak setiap hari. Penggunaan ganja juga dapat meningkatkan risiko infeksi paru lebih tinggi.

2. Mengganggu fungsi otak

Menurut studi dalam American Heart Association Journal, berjudul Use of Marijuana: Effect on Brain Health: A Scientific Statement From the American Heart Association, penggunaan ganja secara teratur terkait langsung dengan gangguan kognitif, memori kerja, dan perilaku impulsif yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Terdapat sebuah meta analisis pada tahun 2016, yang menunjukkan bahwa kemungkinan kecelakaan motor akan meningkat 3% pada pengguna ganja, daripada kelompok yang tidak menggunakan ganja.

Menurut penelitian, struktur otak yang bisa mengalami perubahan akibat psikotropika ini, yaitu hippocampus, prefrontal cortex (PFC), dan serebelum. Dampaknya mencakup penurunan fungsi kognitif, defisit dalam pembelajaran verbal, penurunan daya ingat (memori).

Sebaiknya cari tahu pengertian narkoba dan dampaknya agar tidak terjerumus ke dalam penggunaan zat-zat berbahaya ini melalui: Pengertian Narkoba dan Dampaknya bagi Kesehatan.

3. Menurunkan tingkat kesuburan pria

Penggunaan ganja juga bisa membuat kesuburan seorang pria menurun. Sebuah penelitian yang dipublikasikan American Journal of Epidemiology, dengan judul Association Between Use of Marijuana and Male Reproductive Hormones and Semen Quality: A Study Among 1,215 Healthy Young Men, meneliti 1.215 pemuda dengan usia 18-28 tahun.

Hasilnya, pria yang menggunakan ganja secara rutin dan teratur mengalami penurunan kualitas sperma sebesar 28 persen. Bukan hanya itu, jumlah sperma juga mengalami penurunan sebesar 29 persen.

4. Merusak paru-paru

Selama ini, tembakau pada rokok disebut-sebut menjadi faktor utama kerusakan paru-paru. Efek ini berasal dari kandungan tarnya, yaitu partikel kimia yang timbul saat proses pembakaran rokok. 

Faktanya, kandungan tar pada ganja ternyata hampir tiga kali lipat lebih tinggi dari rokok tembakau. Asap dari pembakaran ganja juga memiliki kandungan zat penyebab kanker jauh lebih tinggi dari asap rokok biasa. 

Akibatnya, risiko kanker paru-paru bisa semakin tinggi pada orang-orang yang memakai ganja dalam waktu lama. Masalah paru akibat pemakaian ganja mencakup terhambatnya jalan napas, hiperinflasi paru, bronkitis kronis, infeksi pernafasan dan pneumonia.

5. Menyebabkan gangguan kesehatan mental

Penggunaan ganja yang berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan mental. Sebab, tanaman ini memang terbukti memicu gejala psikosis, seperti halusinasi, ilusi dan euforia. Lambat laun, gejala tersebut bisa berkembang menjadi skizofrenia. 

Tidak hanya itu, pemakainya juga cenderung cemas dan mudah mengalami serangan panik. Dalam jangka panjang, efek ini bisa membuat seseorang sulit tidur, mengalami perubahan suasana hati dan berkurangnya nafsu makan. 

Dalam kasus yang sangat parah, pemakainya bisa mengalami gangguan bipolar dan perilaku yang mengarah ke bunuh diri. 

6. Melemahkan sistem imun tubuh

Ganja bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Penelitian juga menunjukkan kalau ganja bisa meningkatkan risiko penyakit yang melemahkan kekebalan tubuh, seperti HIV/AIDS. 

Menurunnya imunitas bisa membuat tubuh semakin sulit melawan infeksi. Alhasil, pemakai tanaman psikotropika ini rentan tertular penyakit maupun sulit sembuh dari suatu penyakit.

7. Masalah sistem peredaran darah

Tahukah kamu kalau detak jantung meningkat beberapa saat setelah menghisap ganja? Efek ini bahkan bisa menetap sampai tiga jam lamanya. 

Hal ini tentu membahayakan mereka yang mengidap penyakit jantung. Sebab, detak jantung yang tidak teratur ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung. 

Selain itu, ganja juga menyebabkan tekanan darah naik dan membuat mata menjadi merah karena pembuluh darah melebar.

8. Menghambat pertumbuhan janin dan bayi

Sama halnya rokok, mengisap ganja selama kehamilan juga memengaruhi perkembangan otak janin. Tidak hanya itu, psikotropika ini juga bisa memperlambat pertumbuhan janin, menyebabkan kecacatan, meningkatkan risiko kelahiran prematur, dan meningkatkan risiko leukimia pada janin.

Pada ibu menyusui, zat kimia dalam mariyuana yang disebut tetrahydrocannabinol (THC) masuk ke dalam ASI, dan menghambat pertumbuhan bayi. 

Apabila masuk ke dalam tubuh Si Kecil, efeknya bisa sangat fatal. Sebab, tubuh bayi yang baru lahir cenderung masih dalam proses perkembangan dan daya tahan tubuhnya masih belum sempurna. 

9. Gangguan menstruasi pada wanita

Menurut studi di Yale Journal of Biology and Medicine dengan judul Marijuana, the Endocannabinoid System and the Female Reproductive System, setelah alkohol dan heroin, ganja menjadi penyebab terbanyak wanita menjalani pengobatan akibat penyalahgunaan zat.

Salah satu penelitian dalam jurnal tersebut juga menunjukkan bahwa, penggunaan ganja dapat mengurangi kesuburan pada wanita, dengan mengganggu pelepasan hormon gonadotropin pada hipotalamus. Hormon gonadotropin dalam tubuh berfungsi untuk menjaga proses ovulasi dan siklus menstruasi. 

Selain itu, paparan kandungan tetrahydrocannabinol (THC) dalam tubuh dapat memengaruhi hormon seks wanita yang memicu gangguan pada ovulasi. Hal ini tersebut juga bisa meningkatkan risiko ketidakteraturan menstruasi. Untuk itu, sebaiknya hindari penggunaannya agar kesehatan semakin optimal.

10. Berat badan rendah

Menggunakan ganja berlebihan juga dapat menyebabkan penurunan berat badan. Sebaiknya pastikan berat badan tetap dalam kondisi yang sehat dan normal.

Memiliki berat badan yang terlalu rendah juga berisiko memicu berbagai gangguan kesehatan. Contohnya seperti gangguan pencernaan, pengeroposan tulang, hingga gangguan pada psikologis.

11. Gangguan pada sistem saraf

Kandungan THC dalam ganja dapat melepaskan dopamin dalam jumlah besar. Hal ini membuat seseorang yang menggunakan ganja akan merasa senang yang berlebihan.

Kondisi ini yang bisa menyebabkan timbulnya rasa candu pada penggunaan ganja. Selain itu, ada efek lain dari penggunaan ganja akibat adanya gangguan sistem saraf. Contohnya seperti kesulitan tidur, lebih mudah marah, hingga kehilangan selera makan.

Pastikan kamu menghindari penggunaan ganja dan obat-obatan terlarang lainnya agar kondisi kesehatan tetap dalam kondisi yang optimal.

Kamu bisa cari tahu berbagai ciri fisik pengguna narkoba melalui artikel: 7 Ciri Pengguna Narkoba Dilihat dari Kondisi Fisik.

Efek Pemakaian Ganja Jangka Panjang

Efek ganja pada kesehatan tubuh bisa kamu rasakan secara langsung. Sedangkan efek jangka panjangnya tergantung pada beberapa faktor. Mulai dari usia pengguna, cara penggunaannya, seberapa banyak ganja yang digunakan, dan seberapa sering menggunakannya.

Berikut beberapa efek jangka panjang yang bisa terjadi pada tubuh:

  • Hilang ingatan.
  • Iritasi paru-paru.
  • Risiko kanker paru-paru meningkat, walaupun penelitian tidak sepenuhnya mendukung hal ini.
  • Pengembangan sindrom hipnemesis kanabinoid yang menyebabkan mual dan muntah.
  • Masalah konsentrasi dan memori akibat paparan yang terjadi saat di dalam rahim.
  • Gangguan daya imun tubuh. Sehingga meningkatkan risiko infeksi menular.
  • Keluhan kesehatan, seperti mual dan muntah.
  • Penurunan kualitas hidup.
  • Gangguan sosial.

Itulah informasi seputar ganja yang perlu kamu ketahui. Sebaiknya, jangan pernah mencoba tanaman ini. Sebab, psikotropika umumnya mudah membuat seseorang kecanduan hingga sulit terlepas darinya. 

Kamu juga bisa cari tahu berbagai jenis terapi untuk mengatasi kecanduan narkoba melalui artikel Catat, Ini 6 Jenis Terapi untuk Mengatasi Kecanduan Narkoba.

Hubungi psikolog atau psikiater di Halodoc untuk mengetahui pengobatan yang tepat dengan biaya yang terjangkau.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. The Effects of Marijuana on Your Body.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How marijuana affects the body.
National Institute on Drug Abuse. Diakses pada 2023. Cannabis (Marijuana) Drug Fact.
American Journal of Epidemiology. Diakses pada 2023. Association Between Use of Marijuana and Male Reproductive Hormones and Semen Quality: A Study Among 1,215 Healthy Young Men.
Healthline. Diakses pada 2023. Can Cannabis Affect the Overall Health of Your Sperm?
Healthline. Diakses pada 2023. Does Smoking Weed Really Make You Lose Weight?
Contemporary Obgyn. Diakses pada 2023. Effects of Marijuana Use on Female Reproductive Health and Pregnancy.
Yale Journal of Biology and Medicine. Diakses pada 2023. Marijuana, the Endocannabinoid System and the Female Reproductive System.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan