• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Olahraga untuk Mempercepat Kehamilan

Ini 4 Olahraga untuk Mempercepat Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan aktif berhubungan intim bisa menjadi cara untuk meningkatkan peluang kehamilan. Kehadiran buah hati di tengah keluarga merupakan mimpi kebanyakan pasangan yang sudah menikah. Selain kedua cara tersebut, ternyata peluang kehamilan juga bisa ditingkatkan dengan rutin berolahraga.

Bukan lagi rahasia bahwa olahraga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan,  ternyata juga termasuk kesehatan reproduksi serta kesuburan. Pada wanita, berolahraga disebut bisa membantu melancarkan proses ovulasi dan menstruasi. Olahraga juga bermanfaat untuk pria, yaitu bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar yang nantinya akan berdampak pada kualitas sperma.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil

Olahraga untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan berolahraga, merupakan tugas suami dan istri dalam upaya meningkatkan peluang hamil. Sebab tidak hanya pada wanita, tingkat kesuburan juga menjadi isu penting pada pria. Bagi  pasangan yang tengah merencanakan punya anak, disarankan untuk melakukan aktivitas yang bisa meningkatkan kesuburan, seperti berolahraga, menjalani pola hidup sehat, serta konsumsi makanan bergizi sebaiknya dilakukan bersama. 

Rutin berolahraga tidak hanya membuat tubuh lebih bugar dan sehat, tetapi juga berat badan yang ideal. Kedua faktor tersebut sangat penting dan bisa membantu memperbaiki kesuburan dan akhirnya akan meningkatkan peluang hamil. Ada berbagai jenis olahraga yang disarankan untuk meningkatkan peluang hamil, di antaranya: 

  • Bersepeda

Rutin bersepeda disebut bisa membantu menurunkan dan mengontrol stres. Nyatanya, stres atau gangguan pada kesehatan mental menjadi salah satu faktor yang bisa mengacaukan reproduksi dan menunda kehamilan. Jenis olahraga ini bisa membantu memperkuat otot perut, panggul, punggung, dan pangkal paha, sehingga bersepeda menjadi olahraga yang cocok untuk mempersiapkan kehamilan. 

Baca juga: 5 Olahraga yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil

  1. Joging 

Rutin joging disebut bisa memperbesar peluang untuk hamil. Selain mudah dan murah, olahraga ini bisa dilakukan bersama pasangan agar terasa lebih menyenangkan. Kamu bisa mengajak pasangan untuk melakukan olahraga ini bersama, misalnya pada pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau di akhir minggu. 

  • Senam Kegel

Senam kegel bisa membantu meningkatkan peluang hamil pada perempuan. Jenis olahraga ini bisa membantu mengencangkan otot-otot disekitar panggul, kandung kemih, dan Miss V. Senam ini memang identik dilakukan oleh ibu hamil atau setelah melahirkan, tetapi kegel juga bisa dimasukkan dalam program hamil dan bisa dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

  • Yoga

Yoga bisa menjadi pilihan olahraga untuk program kehamilan, sebab bisa membantu menurunkan stres dan perasaan tertekan. Stres menjadi salah satu faktor yang bisa mengganggu kesuburan wanita. Saat melakukan yoga, tubuh akan menjadi lebih rileks serta mendapat efek meditasi. Olahraga ini juga baik untuk keseimbangan, kekuatan, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca juga: Cara Agar Bumil Dapat Tingkatkan Berat Badan

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. All About That Pace: The Benefits of Jogging.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Kegel Exercises: A How-To Guide for Women. 
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Benefits of Cycling, Plus Safety Tips. 
Healthline. Diakses pada 2020. Pilates vs. Yoga: The Differences and What's Right for You. 
Healthline. Diakses pada 2020. The Unsuspecting Way Being Fit May Damage Your Fertility.