• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Mengajari Anak agar Suka Makan Ikan

5 Tips Mengajari Anak agar Suka Makan Ikan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Aroma ikan yang amis sering menjadi alasan anak-anak tidak suka makan ikan. Padahal, ikan adalah jenis makanan berprotein yang mengandung nutrisi untuk membantu pertumbuhan Si Kecil. Dikutip dari Food and Drug Administration, seseorang direkomendasikan untuk makan ikan setidaknya dua kali seminggu, dan pilih jenis ikan yang rendah merkuri.

Orangtua harus memastikan anak-anak untuk mengonsumsi ikan. Alasan, ikan umumnya mengandung omega 3 yang penting untuk perkembangan otak yang sehat, vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan memperkuat tulang dan banyak nutrisi sehat lainnya. Berikut tips yang bisa ibu coba dalam mengajarkan Si Kecil untuk makan ikan.

Baca Juga: Balita Belajar Makan Sendiri, Bolehkah Ditemani Gadget?

Ingin Anak Suka Makan Ikan? Ini Tipsnya

Tidak sedikit orangtua yang kesusahan untuk membujuk Si Kecil agar mau makan ikan. Jika ibu sudah melakukan berbagai cara tapi Si Kecil masih enggan untuk makan ikan, mungkin praktek yang dilakukan masih kurang tepat. Anak-anak pada dasarnya harus makan sekitar tiga atau dua kali sehari. 

Hal membuat ibu kesulitan adalah banyak orangtua yang memaksakan atau mendorong anak untuk menghabiskan makanannya. Padahal, memaksa Si Kecil untuk menghabiskan makanannya justru bisa membuat dirinya terbebani yang pada akhirnya ia enggan untuk mengonsumsi makanan tersebut. Mengutip dari World Cancer Research Fund, berikut sejumlah tips yang bisa ibu praktekan agar Si Kecil suka makan ikan, yaitu:

  1. Jangan Paksa

Kesalahan terbesar orangtua adalah memaksa sang anak untuk menghabiskan makanannya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memaksa anak justru membuatnya terbebani. Biarkan ia memutuskan sendiri seberapa banyak makanan yang dia habiskan. 

  1. Beri Contoh

Anak-anak pada dasarnya jagonya meniru. Oleh sebab itu, cobalah untuk memberikan contoh kepada mereka agar ia bisa menirunya. Saat mengonsumsi ikan, ibu bisa menyantapnya di depan Si Kecil. Coba lakukan kebiasaan ini beberapa kali di depannya. Mungkin saja ia mulai penasaran untuk mencobanya. 

  1. Sajikan Secara Unik

Anak-anak umumnya suka hal yang menarik, lucu dan imut-imut. Oleh sebab itu, coba sajikan ikan dengan cara atau bentuk yang tidak biasa untuk menarik perhatian Si Kecil. Ibu bisa memotong ikan menjadi potongan-potongan dan tusuk menjadi satu sebelum dimasak. Ibu juga bisa mengolah ikan menjadi bola-bola ikan mini atau ajak anak untuk membuat kreasi dari menu ikan bersama ibu sesuai imajinasi mereka.

Baca Juga: Ini Makanan Anak yang Tidak Sehat untuk Si Kecil

  1. Kombinasikan dengan Menu Lain

Setiap anak pasti punya makanan favoritnya tersendiri. Nah, ibu mungkin bisa mengkombinasikan makanan favoritnya dengan ikan. Contohnya, jika Si Kecil suka makan sandwich, ibu bisa mengganti isinya dengan ikan. Atau jika Si Kecil sangat suka dengan pizza, ibu bisa membuat pizza dengan toping ikan. 

  1. Sembunyikan

Jika semua tips di atas gagal, sembunyikan ikan dari di dalam makanan lainnya. Ini mungkin menjadi cara paling terakhir agar anak mau mengonsumsi ikan. Hal ini memang sedikit tricky, anak bisa jadi tambah tidak suka dengan ikan atau sebaliknya. Mungkin ibu bisa menyelipkan satu atau dua cubit daging ikan ke sela-sela nasi dan lauk pauk Si Kecil.

Baca Juga: 5 Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

Itulah tips yang bisa ibu coba agar Si Kecil mau makan ikan. Kalau Si Kecil benar-benar tidak mau makan ikan, ibu bisa memberinya vitamin atau suplemen omega-3 untuk mengganti nutrisi dari ikan. Tidak perlu repot pergi ke luar rumah, ibu bisa membeli vitamin lewat aplikasi Halodoc. Tinggal order dan pesanan kamu akan diantarkan dalam satu jam.

Referensi :
World Cancer Research Fund. Diakses pada 2020. 4 Clever Ways to Get Your Children Eating More Fish
US Food and Drug Administration. Diakses pada 2020. Advice About Eating Fish
Fatherly. Diakses pada 2020. How to Get Your Kid to Eat Fish.