Inilah 3 Bahan Alami untuk Membuat Body Scrub

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   21 Agustus 2020
Inilah 3 Bahan Alami untuk Membuat Body ScrubInilah 3 Bahan Alami untuk Membuat Body Scrub

Halodoc, Jakarta – Body scrub alias scrub tubuh menjadi salah satu pilihan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, tidak semua orang memiliki cukup banyak waktu untuk pergi ke salon dan melakukan serangkaian perawatan. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. 

Ada beberapa jenis bahan alami yang bisa dijadikan scrub untuk perawatan kulit. Pada dasarnya, scrub memiliki fungsi untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati, sehingga tidak mengganggu penampilan. Hal ini juga bisa membantu membuat kulit terlihat lebih cerah. Lantas, apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat body scrub

Baca juga: Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Tips Membuat Scrub di Rumah 

Scrub yang dibuat dengan bahan alami nantinya akan digunakan untuk scrubbing, di bagian tubuh atau wajah. Scrubbing merupakan salah satu cara eksfoliasi, yaitu salah satu teknik yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara ini paling sering dilakukan untuk kulit yang berminyak. Selain itu, teknik scrubbing juga bisa dilakukan untuk jenis kulit normal dan kombinasi. 

Sebaliknya, kulit yang yang kering dan sensitif tidak disarankan untuk melakukan metode ini. Manfaat dari scrubbing adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, menyamarkan kerutan halus, serta mencegah pori-pori tersumbat yang dapat memicu terjadinya komedo membandel dan jerawat. Berikut beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat scrub:

1.Gula dan Minyak Zaitun 

Bahan alami yang bisa digunakan adalah campuran gula pasir dan minyak zaitun. Untuk membuat scrub, campurkan ½ cangkir gula pasir dengan 2 sendok teh (sdt) minyak zaitun. Setelah itu, bersihkan wajah terlebih dahulu lalu cuci tangan. Keringkan wajah lalu ambil secukupnya campuran gula kemudian oleskan di kulit secara merata. 

Baca juga: Lakukan Perawatan Wajah Ini untuk Cegah Penuaan Dini

Kemudian, ratakan campuran gula lalu gosok-gosok dengan lembut dan perlahan. Gerakan memutar bisa menjadi pilihan. Gosok permukaan kulit setidaknya 3-4 menit. Setelah itu, bilas sisa scrub dengan air hangat dan keringkan. 

2.Bubuk Kopi

Kamu juga bisa membuat bubuk kopi untuk body scrub. Tidak berbeda jauh dengan gula pasir, kamu bisa mencampurkan secukupnya bubuk kopi dengan 2 sendok minyak zaitun atau minyak pijat. Nantinya, bubuk kopi akan bekerja sebagai scrub yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih bersih serta bercahaya. 

Balurkan campuran kopi ke permukaan kulit, kemudian gosok-gosok secara perlahan. Kamu juga bisa melakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut. Setelah itu, bilas kulit dengan air bersih lalu keringkan. 

3.Oatmeal 

Kamu juga bisa menggunakan oatmeal dan madu untuk body scrub. Fungsinya tidak berbeda jauh dari kedua bahan scrub lainnya. Oatmeal bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut, sehingga mampu membersihkan kulit tanpa menghilangkan kelembapannya.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Dicoba untuk Atasi Komedo

Mau tahu tips menjaga kesehatan dan kecantikan kulit lainnya? Diskusikan pada dokter kulit di Halodoc saja. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan atau masalah kulit yang dialami melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga kesehatan kulit dari dokter terpercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google play! 

Referensi 
WebMD. Diakses pada 2020. 9 Home Spa Makeovers for Body and Soul.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 10 Natural Dry-Skin Remedies You Can DIY at Home.
Healthline. Diakses pada 2020. 4 Easy-to-Make Homemade Facial Scrubs.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan