Inilah Jenis Latihan yang Bisa Dilakukan oleh Kucing

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   20 Januari 2021
Inilah Jenis Latihan yang Bisa Dilakukan oleh KucingInilah Jenis Latihan yang Bisa Dilakukan oleh Kucing

Halodoc, Jakarta – Ada yang bilang kalau kucing termasuk hewan peliharaan yang gampang dirawat. Pasalnya, kucing dianggap tidak membutuhkan banyak ruang, jalan-jalan setiap hari, akses ke luar ruangan, dan juga mandi teratur. Padahal, bermain dengan kucing atau permainan interaktif lain adalah cara yang bagus untuk membuat kucing bergerak setiap hari. 

Bergerak aktif dapat membuat kucing tetap sehat dan ototnya kencang. Aktivitas yang membuat kucing mengekspresikan naluri berburu alaminya juga dapat membantu menjaga pikirannya tetap waspada dan aktif. Lantas, jenis latihan apa yang bisa dilakukan oleh kucing?

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Mengenal Jenis Latihan untuk Kucing

Kucing yang stres lebih mungkin mengembangkan masalah perilaku, seperti agresi, semburan urin, atau gangguan obsesif-kompulsif. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres pada kucing adalah membuatnya tetap aktif. Selain itu, mengajak kucing bermain juga dapat meningkatkan ikatan antara kamu dan hewan peliharaan.

Kucing membutuhkan berbagai mainan, termasuk yang bisa mereka mainkan sendiri dan yang kamu gunakan untuk bermain dengannya. Kamu juga ingin menyediakan barang untuk dieksplor kucing, seperti kotak karton, tas belanja kertas, kertas kemasan, dan mainan yang mendorong mereka untuk menyelidiki berbagai lubang dengan cakarnya.

Kucing adalah pemburu alami, jadi masuk akal jika cara terbaik untuk membuat kucing bergerak dan bermain adalah dengan merangsang naluri predatornya. Mainan tikus kecil atau mobil-mobilan dengan remote control dapat menarik perhatian kucing, kemudian membuatnya menguntit, menerkam, dan mengejarnya. 

Mainan bulu, yang sering kali ditempelkan di ujung tongkat atau tali, adalah replika burung yang bagus untuk diintai dan bahkan digapai dari udara oleh kucing peliharaan. Mainan favorit lainnya yang baik untuk aktivitas kucing adalah penunjuk laser, yang dapat meniru serangga untuk diburu dan dikejar kucing. Pastikan untuk tidak mengarahkan cahaya langsung ke mata kucing.

Untuk saat-saat ketika kamu tidak sedang berada di rumah, kamu pasti ingin memiliki mainan yang bisa dilemparkan kucing. Misalnya seperti tikus-tikusan kecil, crinkle dan rattle balls, serta teka-teki mainan interaktif yang menantang kucing untuk mendapatkan camilan melalui celah yang berbeda sehingga membuat kucing terhibur sekaligus terstimulasi secara mental.

Baca juga: 5 Cara Melatih Kucing Agar Mengenali Namanya

Ingatlah untuk memperkenalkan mainan baru, atau setidaknya mainan alternatif lain agar kucing tidak bosan. Kamu juga harus membiarkan mereka menangkap sendiri "mangsanya" dari waktu ke waktu. 

Bagaimana cara memaksimalkan sesi bermain kucing? Jadwalkan latihan untuk kucing saat mereka paling aktif-aktifnya. Kucing paling aktif saat pagi dan sore. Penjadwalan waktu bermain di waktu-waktu ini dapat membantu mereka lebih tertarik untuk bermain. 

Kamu juga dapat menjadwalkan waktu bermain di sekitar jam makannya. Biasakan sesi latihan sekitar 10-15 menit dengan perkiraan dua hingga tiga kali per harinya untuk kucing yang lebih tua dan maksimal 10 sesi untuk kucing yang lebih muda. 

Kucing akan memberi tahu kamu jika tertarik bermain. Kucing yang bosan akan pergi atau tidak menunjukkan minat pada mainan. Kucing yang tertarik akan bersemangat untuk berpartisipasi, bermain-main dengan mainan kucing, mengejar penunjuk laser, dan merespons interaksi secara positif.

Baca juga: Manfaat Bayi Bermain dengan Hewan Peliharaan

Jika kucing mulai terengah-engah atau bernapas terlalu berat, biarkan ia beristirahat sebelum melanjutkan permainan. Ingatlah walaupun latihan, ini tetap ditujukan untuk menyenangkan kucing. Nah, kalau kamu punya pertanyaan soal kesehatan kucing, tanyakan saja pada dokter hewan di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berbincang dengan dokter hewan kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2021. How to Exercise Your Cats Through Play
Diamondpet.com. Diakses pada 2021. 4 REASONS WHY YOU SHOULD PLAY WITH YOUR CAT RIGHT NOW

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan