• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 4)

Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 4)

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Bukan rahasia lagi kalau obesitas atau berat badan berlebih bisa memicu sederet penyakit lainnya. Mulai dari diabetes tipe 2, stroke, gangguan ginjal, gangguan hati, komplikasi kehamilan, hingga gangguan jantung. Tidak main-main bukan komplikasinya? 

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang menjalani program menurunkan berat badan, dan masih bingung memilih asupan atau menu harian, enggak usah galau. Ternyata banyak makanan dan minuman yang bisa membantu untuk memangkas bobot tubuh. 

Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

1. Legumes (legum)

Masih asing dengan legum? Legum merupakan tumbuhan perdu yang berkeping ganda, berbuah polong, dan menghasilkan berbagai mineral. Bahasa sehari-harinya tumbuhan kacang-kacangan. 

Nah, berbicara legum kita akan berbicara lentil (kacang, bentuknya pipih seperti cakram mini), buncis, dan segala macam kacang-kacangan. Legum kaya akan berbagai vitamin (khususnya vitamin B), serat, dan protein. Menurut sebuah penelitian, kacang-kacangan yang dikonsumsi secara teratur bisa membantu program untuk menurunkan berat badan. 

2. Susu Rendah Lemak

Jangan lupakan susu rendah lemak dalam asupan harian. Menurut ahli dari Ohio State University Wexner Medical Center, produk susu rendah lemak memiliki kalori lebih rendah daripada teman-temannya (jenis susu lainnya). Tak cuma itu, susu rendah lemak juga memiliki jumlah protein banyak, yang bisa membuat tubuh cepat merasa kenyang. Nah, inilah yang bisa mencegah kita untuk makan berlebih. 

3. Jamur

Jamur merupakan makanan untuk menurunkan berat badan selanjutnya yang bisa kita coba. Jamur atau mushrooms tak cuma menggoda selera saja. Makanan ini juga baik untuk ukuran pinggang tubuh. Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi jamur dalam menu sarapannya, merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang mengonsumsi daging ketika sarapan. Nah, berita baik bukan bagi kamu yang sedang menerapkan program penurunan berat badan. 

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan di sini berbeda dengan legum. Kacang-kacangan di sini seperti kelompok kenari atau almond. Nah, untuk menghindari rasa lemah atau lapar, cobalah ngemil kacang almond atau kenari. 

Hanya dengan satu ons kenari, almond, ataupun kacang lainnya bisa memberi kita rasa kenyang selama berjam-jam. Kok bisa? Kacang-kacangan ini mengandung banyak protein, serat, dan lemak sehat. 

Menurut sebuah studi, orang-orang yang makan seporsi kecil kacang-kacangan, lebih cenderung memiliki berat badan lebih rendah, dan kecil kemungkinannya berat badannya meningkat. 

Baca juga: Tips Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

5. Oat

Oat merupakan karbohidrat kompleks dan banyak mengandung vitamin B. Keduanya bisa memberikan energi lebih banyak bagi tubuh. Tak hanya itu, oat juga mengandung beta glukan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. 

Serat di dalam oat bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menjauhkan diri dari makanan berlebih, khususnya di pagi hari. Agar rasanya makin menggoda, cobalah gabungkan oat dengan yoghurt rendah lemak untuk hidangan yang lezat dan memuaskan. 

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa membantu kita untuk menurunkan berat badan. Minyak zaitun mengandung lemak sehat, seperti buah alpukat. Menurut ahli dari The International Heart and Lung Institute Center for Restorative Medicine, sekaligus penulis The Plant Paradox, lemak sehat dari minyak zaitun bisa meningkatkan produksi hormon penekan nafsu makan. Hormon ini bisa memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh sudah merasa kenyang. 

7. Pir

Pir merupakan makanan untuk menurunkan berat badan yang tak boleh dilupakan. Menurut penelitian, buah pir kaya akan antioksidan dan serat. Meskipun mengandung gula (secara alami), tetapi manfaat lainnya lebih penting daripada keberadaan gula tersebut. 

8. Popcorn

Popcorn rendah kalori, tetapi banyak mengandung serat, cocok dijadikan camilan bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan. Namun, jangan memilih popcorn yang dijual di pusat perbelanjaan (popcorn siap saji). Popcorn seperti ini banyak mengandung garam dan bahan kimia lainnya. 

Oleh sebab itu, cobalah membuatnya sendiri di rumah. Popcorn berair mudah dibuat dan dapat dibumbui dengan bahan-bahan, seperti bubuk bawang putih, cabai rawit atau bahan lainnya yang lebih menyehatkan.

Baca juga: 6 Cara Membakar Kalori untuk Turunkan Berat Badan

9. Biji Labu

Secangkir biji labu cangkang berisi 180 kalori, 9 gram protein nabati mengisi, 3 gram serat, dan 14 gram lemak sehat. Lemak dalam biji labu merupakan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Menurut studi, mengganti lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan dengan lemak tak jenuh dapat membantu mencegah kenaikan berat badan seiring bertambahnya usia. 

10. Labu Puree

Makanan yang satu ini juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Labu puree (sejenis bubur) rendah kalori, cocok dikonsumsi selama program menurunkan berat badan. Agar rasanya lebih menarik, kita bisa menambahkan labu pure dengan greek yoghurt. 

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba makanan-makanan di atas? 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:

Prevention. Diakses pada 2019. 50 Best Foods for Weight Loss, According to Dietitians and Doctors