• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 3 Cara Agar Anak Jatuh Cinta pada Buku

Intip 3 Cara Agar Anak Jatuh Cinta pada Buku

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Lingkungan keluarga memengaruhi kondisi perilaku maupun tingkah laku Si Kecil. Jika ibu menginginkan anaknya akrab dengan dunia membaca, tidak ada salahnya untuk menjadi contoh yang baik bagi anak. Ya, ada pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Selain membantu menambah ilmu, membaca buku juga membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Minat Anak Baca Buku

Memperkenalkan buku pada anak sejak dini menjadi hal menarik yang bisa dilakukan oleh orangtua. Namun, yang perlu ibu perhatikan adalah jenis buku yang diberikan pada anak. Semakin tepat jenis buku yang diberikan, tentunya semakin menarik untuk anak. Lalu bagaimana cara membuat anak jatuh cinta terhadap buku dan kegiatan membaca? 

Manfaat Membaca Sejak Dini pada Anak

Mengenalkan buku pada anak tidak memiliki batasan usia. Sejak anak dilahirkan atau bahkan dalam kandungan, ibu bisa mengenalkan buku bacaan pada anak-anak. Melansir dari laman Kids Health, meskipun umumnya anak yang baru lahir belum mengerti mengenai apa yang ada di dalam buku, namun membacakan buku pada anak sejak dini bermanfaat untuk perkembangan anak dan perkembangan otak anak.

Baca juga: Manfaat Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Anak

Membacakan buku mengajarkan anak untuk berkomunikasi sejak dini. Anak lebih mudah mengikuti apa yang orangtua katakan dengan jelas. Selain itu, mengenalkan buku sejak dini pada anak memperkenalkan konsep angka, huruf, warna, hingga sebuah bentuk dengan cara yang lebih menyenangkan.

Selain itu, membaca buku juga meningkatkan fungsi pendengaran anak, ingatan, serta menambah kata-kata yang dimiliki anak. Jangan lupa, ibu berikan informasi yang ada di lingkungan anak agar anak lebih mengenal lingkungannya dengan baik.

Ibu juga bisa bertanya lebih lanjut tentang manfaat membaca bagi perkembangan anak. Caranya mudah, ibu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja.

Ibu, Lakukan Ini Agar Anak Suka Membaca Buku

Ibu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak suka membaca, seperti:

1. Bacakan Buku Sesuai dengan Usianya

Ibu, sebaiknya pilihlah buku yang sesuai dengan usianya. Melansir dari laman Parents, sebaiknya pada bayi yang baru lahir hingga 12 bulan, pilihlah buku yang memiliki banyak gambar dan warna yang kontras.

Selain itu, ibu mencari buku yang interaktif untuk anak seusianya. Memahami kata-kata yang ada terdapat dalam buku bukanlah hal yang penting, namun semakin anak menyukai buku tersebut, tentunya anak semakin senang untuk membaca.

2. Bacakan dengan Jelas dan Intonasi yang Menarik

Sebaiknya ibu bacakan buku anak dengan suara yang lantang, jelas, dan intonasi yang menarik. Melansir Kids Health, anak-anak akan mendengarkan ibu membaca buku dengan emosi dan intonasi yang berbeda. Kegiatan ini membangun perkembangan emosi dan sosial anak. Jadi, jangan ragu untuk membacakan bermacam buku menarik pada anak.

3. Lakukan Sebelum Anak Beristirahat

Ibu dapat membacakan anak buku kapan saja, namun, tidak ada salahnya gunakan waktu sebelum tidur siang atau tidur malam untuk membaca buku. Lakukan kegiatan ini dalam kondisi yang nyaman bagi anak maupun ibu. Saat kegiatan membaca berlangsung, ibu bisa melakukan kontak fisik maupun mata pada anak agar hubungan emosional anak dan ibu semakin terjalin dengan baik.

Baca juga: Cara Tepat Mencegah Mata Malas pada Anak

Itulah cara yang bisa ibu lakukan untuk mengajarkan anak agar jatuh cinta terhadap kegiatan membaca buku. Jangan ragu untuk membacakan buku yang sama setiap harinya, kondisi ini membuat anak lebih mengenal kata yang diajarkan pada buku tersebut.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Reading Books to Babies
Parents. Diakses pada 2020. Age by Age Guide to Reading to Your Baby
Baby Centre. Diakses pada 2020. Reading to Your Baby: When to Start and How to do It