• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 5 Kegiatan Unik Puasa Ramadan di Indonesia

Intip 5 Kegiatan Unik Puasa Ramadan di Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Selama bulan ini, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa penuh lebih dari 12 jam sehari. Meskipun kedengarannya tidak mudah untuk menahan haus dan lapar, bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh sukacita dan selalu ditunggu-tunggu. Di Indonesia, bulan Ramadan nyatanya juga melahirkan kegiatan unik yang seru untuk dilakukan.

Baca juga: Awas, 5 Takjil Puasa Ini Berkalori Tinggi

Kegiatan Unik Puasa Ramadan di Indonesia

Bukan hanya memperoleh pahala, puasa juga melahirkan budaya-budaya baru di Indonesia yang hanya dapat dilakukan satu tahun sekali. Nah, berikut kegiatan-kegiatan unik puasa yang hanya terjadi di Indonesia, yaitu:

  1. Ngabuburit

Sembari menunggu waktu berbuka, kebanyakan masyarakat Indonesia suka ngabuburit atau membeli takjil untuk berbuka puasa. Ngabuburit biasanya dilakukan satu atau dua jam sebelum waktu berbuka puasa. Nah, tujuan ngabuburit adalah menghabiskan waktu sampai agar kamu dapat bisa melupakan sejenak rasa lapar sampai waktu berbuka tiba. Kegiatan ngabuburit ini ternyata cuma ada di Indonesia, lho!

  1. Membuat Kolak atau Mencari Takjil

Di dalam Bahasa Arab, takjil berarti “menyegerakan” atau kita harus segera berbuka setelah adzan maghrib berkumandang. Tapi, di Indonesia, takjil mengalami perubahan makna. Masyarakat Indonesia lebih mengenal takjil sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa.

Nah, kolak adalah salah satu takjil yang wajib ada selama bulan Ramadan. Kolak terdiri dari pisang dan kolang-kaling yang direbus bersama gula jawa dan santan. Meski bisa dibuat sendiri di rumah, kolak juga banyak diperjualbelikan di sore hari menjelang waktu berbuka. 

  1. Bukber

Bukber atau buka bersama juga menjadi kegiatan yang paling ditunggu-tunggu di bulan Ramadan. Lewat kegiatan ini kamu bisa bersilaturahmi dengan keluarga, sahabat sampai teman lama. Agenda khusus buka bersama ini biasanya akan dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Di masa pandemi COVID-19 ini, kamu tidak dapat melakukan buka bersama teman-teman lama, seperti pada tahun sebelumnya. Namun, tidak perlu bersedih hati. Berbuka puasa bisa dilakukan di rumah dengan anggota keluarga, dilengkapi dengan hidangan yang lezat.

Baca juga: Ragam Menu Sahur Sehat yang Tak Digoreng

  1. Membangunkan Sahur

Orang Indonesia juga punya cara yang unik dan kreatif untuk membangunkan orang lain untuk sahur. Mulai dari menyetel ayat-ayat Al-Qur’an atau lagu-lagu islami melalui toa masjid sampai berkeliling komplek dengan menyalakan kentongan sambil berteriak “sahur.” Kegiatan ini yang membuat Ramadan semakin meriah.

  1. Beli Baju Lebaran

Kegiatan unik satu ini umumnya dilakukan dua atau satu minggu sebelum lebaran. Pusat perbelanjaan akan menjadi ramai beberapa hari sebelum lebaran. Selain itu, orang Indonesia suka sekali membeli baju dengan model atau warna senada untuk dipakai bersama sanak keluarga di hari lebaran.

Sayangnya, kegiatan ini mungkin juga tidak dilakukan apabila masa pandemi COVID-19 belum berakhir. Namun, tenang saja. Kini membeli baju lebaran bisa dilakukan melalui online dan kamu tetap dapat memilih baju yang kamu sukai bersama anggota keluarga.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Ternyata, puasa lebih dari sekadar tidak makan dan minum. Kegiatan selama puasa atau puasa itu sendiri bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Selama berpuasa, kamu pantang berbohong dalam ucapan maupun tindakan.

Kamu juga tidak dapat mengeluarkan  ucapan bodoh dan tidak senonoh, berdebat, berkelahi, dan memiliki pikiran bernafsu. Menurut artikel yang dipublikasikan dalam Journal of Community Medicine & Health Education, hal tersebut dapat memperkuat kontrol impuls dan membantu mengembangkan perilaku yang baik. 

Baca juga: Pengidap Maag Berpuasa, Perhatikan Hal Ini

Selain itu, puasa juga dipercaya bisa menyehatkan jantung, mengurangi risiko kanker, menjaga berat badan dan menurunkan gula darah. Kalau kamu ingin tahu lebih dalam tentang manfaat puasa dalam sisi medis, kamu bisa bertanya langsung pada dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Good News from Indonesia. Diakses pada 2020. Lima Hal Unik yang Membuat Puasa di Indonesia Terasa Menyenangkan.
Journal of Community Medicine & Health Education. Diakses pada 2020. Psycho-Social Behaviour and Health Benefits of Islamic Fasting During the Month of Ramadan.