Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan dengan 3 Makanan Ini

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Oktober 2020
Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan dengan 3 Makanan IniJaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan dengan 3 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Musim hujan telah tiba, ada baiknya untuk selalu menjaga tubuh agar tetap fit sehingga tidak mudah tumbang. Beberapa penyakit yang kerap terjadi saat musim hujan adalah pilek dan flu. Tentu kamu tidak ingin mengalami penyakit tersebut bukan?

Maka dari itu, salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan tiba adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Makanan-makanan ini dipercaya mampu menjaga tubuh untuk tetap bugar, meski cuaca tiba-tiba berubah dari panas menjadi hujan. Berikut beberapa makanan yang cocok untuk menghadapi musim hujan!

Baca juga: Mulai Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus

Makanan yang Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

Setelah musim panas berlalu, muncullah musim hujan yang membawa aroma baru setelah sekian lama lingkungan terasa gersang. Meski begitu, musim hujan dapat membawa beberapa risiko kesehatan yang membuat seseorang menjadi sakit. Tubuh manusia menjadi lebih rentan terhadap gangguan kesehatan saat musim hujan karena cuaca yang ada mampu menurunkan daya imunitas pada tubuh.

Hal tersebut terjadi karena atmosfer berubah menjadi lebih tinggi pada musim hujan. Akibatnya, kemampuan pencernaan tubuh menurun yang meningkatkan risiko untuk mengalami alergi, infeksi, hingga masalah pencernaan. Maka dari itu, salah satu yang harus dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan adalah makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk menghindari makanan berminyak dan jenis lainnya yang buruk bagi perut.

Sebaliknya, terdapat beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi agar tubuh tetap fit selama musim hujan tanpa mengalami beberapa gangguan. Berikut ini beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh:

1. Bawang Putih

Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah bawang putih. Jenis makanan ini mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Cobalah untuk memasak makanan dengan bahan dasar bawang putih yang bisa juga dicampur oleh lada hitam, lalu disajikan dengan nasi atau sup panas. Sajian ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat hari sedang hujan.

Baca juga: Pentingnya Daya Tahan Tubuh yang Kuat Jelang Ramadan

2. Buah Pir

Makanan lainnya yang cocok untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah pir. Buah ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang efektif untuk melindungi diri dari penyakit yang kerap menyebar saat musim hujan. Pir mengandung serat yang baik untuk tubuh serta vitamin C dan vitamin B12. Buah pir termasuk antipiretik yang dapat membantu untuk mendinginkan tubuh dan demam saat menyerang. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin saat musim hujan.

3. Kacang Almond

Kamu juga dapat mengonsumsi lebih banyak kacang almond agar menghindari segala penyakit saat musim hujan. Kacang ini merupakan sumber protein dan rendah lemak yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari makanan ini adalah mampu meningkatkan fungsi pencernaan, menjaga kadar gula tetap normal, hingga menaikkan imunitas tubuh dari berbagai penyakit. Kacang almond juga cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk menjaga daya tahan tubuh saat memasuki musim hujan. Dengan mengonsumsi segala makanan tersebut, diharapkan semua penyakit yang kerap terjadi dapat dihindari. Karena itu, tubuh tetap sehat dan mampu beraktivitas seperti biasa tanpa adanya gangguan.

Baca juga: 6 Cara Mudah untuk Tingkatkan Sistem Imun

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait makanan apa saja yang efektif untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan. Setelah mendapatkan saran dari ahlinya, kamu bisa langsung mempraktekkannya tanpa perlu ragu lagi. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan saran langsung dari ahlinya!

Referensi:

Style Craze. Diakses pada 2020. 10 Rainy Season Foods You Can Include In Your Diet.
NDTV. Diakses pada 2020. 5 Foods To Avoid this Monsoon: Eat Healthy, Stay Healthy.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan