• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jalan-Jalan Sore dengan Anjing, Ini Manfaatnya

Jalan-Jalan Sore dengan Anjing, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jalan-Jalan Sore dengan Anjing, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya memperhatikan kesehatan hewan kesayangan saja. Saat merawat anjing, kamu juga perlu menyiapkan waktu luang untuk mengajaknya melakukan berbagai aktivitas fisik. Mulai dari bermain, hingga jalan-jalan sore menjadi kegiatan yang perlu dilakukan oleh anjing agar kesehatannya tetap terjaga.

Baca juga: Ini Pentingnya Mengajak Anjing untuk Berolahraga

Jalan-jalan sore menjadi salah satu kegiatan fisik yang memiliki banyak manfaat bagi anjing. Mulai dari menjaga berat badan anjing hingga menjaga kesehatan tulang anjing. Bahkan, bagi pemilik anjing pun, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk ajak jalan-jalan sore anjing kamu sekarang juga!

Manfaat Jalan-Jalan Sore Bagi Anjing

Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh anjing kesayangan ketika kamu rutin mengajaknya jalan-jalan sore. Berikut ini manfaatnya bagi anjing:

1.Mengontrol Berat Badan Anjing

Anjing yang sering melakukan aktivitas fisik, seperti jalan sore, lebih mudah untuk mengontrol berat badannya. Itulah pentingnya bagi pemilik anjing untuk selalu mengajak anjing kesayangan jalan-jalan sore. Anjing yang mengalami obesitas nyatanya akan lebih rentan mengalami gangguan pada jantung atau masalah sendi. 

2.Kesehatan Mental Anjing Terjaga

Mengajak anjing untuk jalan-jalan sore menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anjing. Mengajaknya melihat suasana baru, kondisi lingkungan yang baru, hingga orang-orang yang ia temui saat jalan sore bersama pemiliknya menjadi stimulasi yang menyenangkan agar anjing terhindar dari kondisi stres.

3.Ikatan Emosional Pemilik dan Anjing Meningkat

Sering meluangkan waktu untuk jalan-jalan sore bersama anjing dapat meningkatkan ikatan emosional antara pemilik dan anjing kesayangan. Kegiatan ini juga bisa mengurangi tingkah laku anjing menjadi lebih agresif untuk mencari perhatian pemiliknya. 

Baca juga: Begini Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif

4.Meningkatkan Kekuatan Tulang

Anjing yang jarang melakukan aktivitas fisik rentan mengalami gangguan kesehatan tulang. Untuk itu, jangan ragu untuk ajak anjing kesayangan rutin melakukan jalan-jalan sore. Kegiatan ini dapat meningkatkan kekuatan tulang serta tubuh anjing kesayangan kamu.

5.Mencegah Konstipasi pada Anjing

Bukan hanya pada manusia, rutin mengajak anjing melakukan aktivitas fisik, seperti jalan sore dapat mencegah konstipasi pada anjing. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan pada anjing. Lakukan minimal 30 menit setiap hari agar manfaatnya pada anjing dapat dirasakan. Lalu, apa manfaatnya bagi pemilik anjing? Kegiatan ini juga dapat membantu pemilik anjing menurunkan tingkat stres, menjaga kesehatan tetap optimal, dan meningkatkan hubungan sosial.

Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Jalan Sore dengan Anjing

Sebelum berjalan sore dengan anjing kesayangan, tidak ada salahnya ketahui beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Saat jalan-jalan sore bersama anjing, sebaiknya pastikan kamu berada di lokasi yang aman untuk anjing. Hindari lokasi yang terlalu banyak kendaraan atau binatang lain yang membahayakan anjing kesayangan.

Perhatikan dengan baik anjing kesayangan dan anak-anak yang berada di sekeliling anjing. Pastikan anjing merasa nyaman dan tidak membahayakan orang lain. Jangan lupa untuk membawa kantong buat menyimpan kotoran anjing dari area publik. Buanglah kotoran anjing setelah kamu selesai jalan sore dengan anjing.

Hindari berjalan di tengah suasana yang sangat panas atau hujan. Lakukan kegiatan ini dalam cuaca yang nyaman untuk kamu maupun anjing. Hal terakhir yang perlu diperhatikan, jangan lupa membawa air minum untuk kamu dan anjing. Pastikan kamu dan anjing tidak mengalami dehidrasi saat jalan-jalan sore.

Baca juga: 4 Cara Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-Jalan

Gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan ketika anjing kesayangan terlihat kelelahan atau lemas setelah jalan-jalan sore. Adanya gangguan kesehatan pada anjing dapat kamu atasi dengan penanganan yang tepat.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Want to Get Happy? Walk The Dog.
The American Society for Prevention of Cruelty to Animals. Diakses pada 2020. The Benefits of Walking Dog.
Better Health. Diakses pada 2020. Dog Walking.
VCA Hospital. Diakses pada 2020. The Benefits of Walking Your Dog.