• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Hepatitis Tidak Ditularkan Lewat Air Liur?

Benarkah Hepatitis Tidak Ditularkan Lewat Air Liur?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan kasus hepatitis disebabkan oleh virus, tetapi beberapa jenis infeksi lain dan paparan zat yang membuat hati bekerja lebih ekstra, seperti konsumsi alkohol dan konsumsi obat-obatan tertentu dapat menimbulkan hepatitis.

Masyarakat awam banyak yang salah kaprah akan cara penularan virus hepatitis. Salah satu anggapan yang keliru adalah cara penularan hepatitis dapat terjadi melalui air liur. Informasi selengkapnya bisa dibaca di bawah ini!

Hepatitis Tidak Menular Lewat Air Liur

Penyakit peradangan hati atau hepatitis adalah penyakit serius yang harus segera dilakukan penanganan agar tidak berkembang menjadi fibrosis atau jaringan parut dan sirosis atau kanker hati.

Memang benar hepatitis dapat menular melalui cairan tubuh, tetapi air liur bukan gerbang virus tersebut dapat menular. Virus hepatitis A dan E hanya menular melalui rute fecal-oral atau dapat menular apabila kamu menelan makanan yang mengandung virus tersebut.

Baca juga: Sembarangan Minum Obat, Hati-Hati Hepatitis Toksik

Berikut ini beberapa perilaku yang meningkatkan risiko terhadap penularan hepatitis:

  • Penggunaan jarum yang kurang steril seperti dalam pembuatan tato, tindik, akupuntur, atau tindakan kesehatan, seperti transfusi darah. Jadi, pastikan agar saat melakukan beberapa tindakan di atas, jarum yang digunakan dalam kondisi baru, sebab penggunaan jarum yang kurang steril tersebut meningkatkan risiko penularan hepatitis dan penyakit lain seperti HIV.

  • Hubungan intim yang dilakukan tanpa kondom meningkatkan seseorang tertular hepatitis A dan E. Meskipun kamu dan pasangan sudah divaksin, bukan berarti risiko penularan penyakit ini dapat hilang. Pastikan untuk tetap menggunakan kondom lateks saat hendak melakukan hubungan intim. Selain itu, pastikan untuk menggunakan pelumas berbasis air agar kondom tidak robek akibat gesekan.

  • Pastikan mulai sekarang kamu tidak berbagi barang pribadi dengan orang yang tinggal bersama kamu. Hal ini dapat meningkatkan risiko penularan hepatitis.

  • Apabila kamu berprofesi sebagai petugas layanan kesehatan, maka risiko terpapar virus penyebab penyakit semakin besar. Selalu gunakan sarung tangan karet dan mencuci tangan hingga bersih setelah melaksanakan tugas.

  • Konsumsi makanan yang kurang bersih, atau makanan yang sudah tercemar limbah, seperti kerang mentah. Minuman yang kurang bersih seperti batu es yang berasal dari air mentah juga dapat mengakibatkan penularan penyakit hepatitis.

Mencegah Hepatitis

Penyakit hepatitis ini cukup berbahaya dan dapat berujung kematian, sehingga penting untuk melakukan beberapa langkah pencegahan. Berikut ini cara untuk mencegah penularan hepatitis:

Baca juga: Begini Cara Merawat Anggota Keluarga yang Terkena Hepatitis

  • Rajin Cuci Tangan dengan Sabun. Meski terkesan sepele, tetapi mencuci tangan dengan sabun hingga bersih sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu merupakan cara ampuh mencegah penularan hepatitis. Jika kamu berada dalam perjalanan atau di area yang sulit ditemukan air bersih, pastikan selalu membawa hand sanitizer dan tisu basah untuk membersihkan tanganmu. Gunakan terlebih dahulu tisu basah untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel, kemudian usapkan hand sanitizer ke seluruh area telapak tangan.

  • Lakukan Hubungan Intim yang Sehat. Salah satu cara sehat melakukan hubungan intim adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan. Selain itu, hindari beberapa cara berbahaya, seperti berciuman saat sariawan, berhubungan intim saat menstruasi, atau menyentuh bagian tubuh yang sedang ada luka terbuka.

  • Cuci Bersih Bahan Makanan Sebelum Digunakan. Hepatitis A dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, oleh karena itu usahakan untuk selalu mencuci bahan makanan sebelum mengolahnya. Selain itu lebih baik menghindari konsumsi makanan mentah apabila kamu tidak yakin akan kebersihannya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai penyebaran dan pencegahan hepatitis, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orang tua.

Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Is Hepatitis C Sexually Transmitted?
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. When Someone Close to You Has Chronic Hepatitis B.