7 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Februari 2024

“Banyak manfaat tidur siang yang bisa didapatkan. Mulai dari, meningkatkan daya ingat, memperbaiki suasana hati, sampai membuat kamu lebih produktif.”

7 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui7 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Tidur siang adalah aktivitas pendek yang memberikan banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tak butuh waktu lama, kamu bisa mendapatkan manfaatnya cukup dengan tidur sekitar 20–30 menit. Namun, pastikan lingkungan sekitar tenang dan atur suhu ruangan supaya sejuk.

Lantas, apa saja manfaat tidur siang yang masih jarang diketahui? Berikut ulasan selengkapnya!

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Tidur siang yang kamu lakukan dengan tepat tidak hanya membantu mengurangi rasa kantuk, tetapi juga meningkatkan suasana hati. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif menjalani sisa hari. Adapun manfaat tidur siang lainnya untuk kesehatan, termasuk:

1. Meningkatkan daya ingat

Kebiasaan hidup sehat ini ternyata dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sebab, aktivitas ini punya peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan.

Ini termasuk mencegah lupa dari hal-hal penting, seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal. Studi dalam Sleep Research Society menemukan, tidur siang bermanfaat bagi ingatan jangka panjang ketimbang tetap terjaga.

2. Membuat lebih produktif

Banyaknya aktivitas bisa memicu penurunan produktivitas. Inilah sebabnya tak sedikit orang yang mengalami penurunan fokus dan konsentrasi menjelang sore hari. Kabar baiknya, tidur siang bisa membantu kamu memiliki kinerja yang lebih konsisten. 

Menurut studi berjudul Daytime nap as a factor of happiness to impact on work performance: Evidence from the United Arab Emirates, dalam Journal of Administrative and Business Studies (2019), tidur siang bisa meningkatkan kemampuan seseorang jadi untuk selalu siap, meningkat performa pekerjaan, dan mengurangi risiko melakukan kesalahan. 

3. Memperbaiki suasana hati

Jika sedang merasa sedih atau bad mood, cobalah untuk tidur siang sejenak. Sebab, tidur siang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memperbaiki suasana hati.

Selain itu, aktivitas ini membantu menurunkan risiko depresi. Ini karena tidur siang dapat menghadirkan efek relaksasi saat kamu sedang jenuh dan stres.

Cari tahu lebih lanjut tentang hubungan antara tidur siang dan mood dengan baca artikel ini: “Benarkah Tidur Siang Ampuh Memperbaiki Mood?”.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Manfaat tidur siang lainnya adalah membantu meningkatkan kewaspadaan. Ini karena tidur siang dapat memulihkan kembali otak yang mengalami kelelahan akibat terlalu banyak menerima informasi. 

Ketika tidur siang, otak akan menghilangkan informasi yang tidak perlu dari bagian penyimpanan sementara, sehingga setelahnya, otak bisa kembali menyerap informasi yang baru.

5. Membantu meredakan stres

Stres muncul akibat beban atau tekanan berlebihan dalam otak. Dengan tidur siang, masalah yang mengganjal bisa selesai dengan solusi yang tepat. Studi menyebutkan, tidur siang selama 15 menit setiap hari bisa membantu mengurangi stres. Sebab, tidur siang memicu perubahan aktivitas saraf simpatik dari sistem saraf otonom sebagai pemicu stres.

6. Meningkatkan kreativitas

Jika kamu kehabisan ide saat bekerja, cobalah untuk beristirahat dan tidur tidur siang sejenak. Studi dari Universitas California berhasil membuktikan bahwa manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas. 

Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang tidur siang memiliki kreativitas yang lebih tinggi. Manfaat itu dapat terjadi meski tidur dengan gerakan mata yang cepat atau terlelap sampai bermimpi.

7. Menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung

Studi lain turut membuktikan bahwa manfaat tidur siang dapat menurunkan tekanan darah karena penurunan hormon kortisol. Faktanya, kortisol juga menjadi hormon yang memicu naiknya tekanan darah. Dengan tidur siang meski sebentar, stres bisa menurun dan tekanan darah tetap stabil.

Nah, bagi kamu yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia di malam hari, ada beberapa obat-obatan yang cukup efektif untuk mengatasinya. Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini Obat Tidur Tanpa Resep yang Aman untuk Dikonsumsi”.

Tips Mendapatkan Manfaat Tidur Siang Lebih Efektif

Tips mendapatkan manfaat tidur siang yang lebih efektif

Tidak semua orang terbiasa untuk tidur siang. Bagi mereka yang sibuk bekerja, meluangkan waktu untuk tidur siang tentunya tidak mudah. Berikut sejumlah tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan manfaat tidur siang:

1. Perhatikan waktu tidur

Sebaiknya kamu tidak tidur terlalu lama. Cukup selama 15 sampai 20 menit saja. Sebab, tidur siang terlalu lama justru membuat kamu semakin mengantuk dan tidak fokus. Dampak lainnya termasuk sulit tidur saat malam hari.

2. Pasang alarm

Untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, kamu bisa memasang alarm. Cara ini bertujuan agar kegiatan tidak melebihi waktu anjuran. Misalnya, setel alarm pada pukul 13.20 siang dan mulai tidur pada pukul 13:00.

3. Buatlah perencanaan

Kamu bisa melakukan cara ini dengan menjadwalkan waktu tidur siang secara teratur setiap hari. Manfaatnya, badan terasa lebih enteng dan lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Hindari konsumsi kafein

Kafein dapat membuat kamu menjadi sulit tidur. Efek ini biasanya muncul dalam waktu 30 menit setelah mengonsumsinya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menunda asupan kafein terlebih dulu sampai waktu tidur siang selesai.

5. Pilih waktu yang tepat

Waktu tidur siang sebaiknya antara pukul 14.00 sampai 15.00. Setelah makan siang, sebaiknya tunggu 1 jam terlebih dulu sampai makanan tercerna dengan baik sebelum tidur siang.

Informasi lengkap mengenai waktu tidur siang yang tepat bisa kamu baca melalui artikel Ini: “Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang”.

Itu tadi beberapa manfaat tidur siang dan tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut. Jika mengalami gangguan tidur, jangan ragu untuk bertanya pada dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat!
kamu juga bisa lho cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Napping.
The Sleep Doctor. Diakses pada 2023. Benefits of Naps.
Ind Health. 2014. Diakses pada 2023. Effects of Two 15-min Naps on the Subjective Sleepiness, Fatigue and Heart Rate Variability of Night Shift Nurses.
European Journal of Neuroscience. Diakses pada 2023. Napping to renew learning capacity: enhanced encoding after stimulation of sleep slow oscillations.
Sleep Research Society. Diakses pada 2023. The long-term memory benefits of a daytime nap compared with cramming.
Journal of Administrative and Business Studies. Diakses pada 2024.  Daytime nap as a factor of happiness to impact on work performance: Evidence from the United Arab Emirates.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan