• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Anjing yang Cocok untuk Dipelihara Keluarga

Jenis Anjing yang Cocok untuk Dipelihara Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Untuk menentukan anjing seperti apa yang baik untuk dipelihara keluarga, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Sebaiknya kamu mempertimbangkan ukuran anjing serta gaya hidup keluarga dan tingkat energi anjing yang paling cocok. 

Terlepas dari ras atau jenis anjing, ada beberapa faktor yang dapat membantu kamu memilih anjing keluarga. Pertama adalah temperamen anjing, ini adalah kepribadian anjing. Kedua adalah ukuran, ini harus dilihat dalam hubungannya dengan temperamen dan tingkat energi anjing. Ketiga adalah tingkat energi, ini adalah masalah preferensi masing-masing keluarga. Berikut ini jenis anjing yang cocok untuk dipelihara keluarga. 

Baca juga: Anjing Dapat Terkena Masalah Persendian, Ini Penyebabnya

Pilihan Anjing Terbaik untuk Dipelihara Keluarga

Perlu diingat, bahwa meski setiap anjing memiliki karakteristik yang menjadikannya cocok sebagai peliharaan keluarga, kamu masih perlu melatih dan bersosialisasi setiap hari. Tujuannya untuk membantu dan melatihnya agar menjadi anjing yang baik. Berikut ini daftar jenis anjing yang cocok menjadi peliharaan dalam keluarga:

  • Golden

Golden Retriever adalah jenis anjing yang percaya diri, cerdas, baik hati, dan setia. Di samping itu, jenis anjing ini tidak agresif atau pemalu, sabar, sehingga cocok untuk anak-anak. Kamu tetap perlu melatih anjing Golden, apalagi ia suka sekali bermain. Untuk merawat rambut anjing Golden, kamu harus menyikatnya dua kali seminggu. 

  • Labrador

Ini adalah salah satu jenis anjing yang paling populer. Anjing Labrador suka bermain, sabar, penyayang, protektif, dan dapat diandalkan. Labrador juga sangat cerdas dan dapat dilatih dengan baik. Perlu diketahui juga bahwa anjing ini suka sekali olahraga, terutama berenang. Jadi pastikan keluarga kamu siap untuk menghadapi energinya. Pastikan juga anjing ini memiliki banyak urang untuk berlari dan bermain.

Baca juga: 5 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Alergi

  • Poodle

Selain potongan rambutnya yang unik, anjing Poodle merupakan anjing yang cerdas dan lembut. Anjing poodle sering menunjukkan karakter bahwa ia berwibawa dan anggun. Jangan heran juga jika kamu sering melihatnya seakan punya perhatian, setia, dan jarang kesal atau bosan. 

Poodle tersedia dalam ukuran mini dan standar, artinya kamu dan keluarga dapat memiliki ukuran Poodle tertentu yang paling sesuai dengan lingkungan tempat tinggal kamu. 

  • Setter Irlandia

Anjing Setter Irlandia dikenal sebagai anjing dengan karakter ceria, energik, suka berada di sekitar orang, dan suka bermain dengan anak-anak. Anjing jenis ini sangat suka berada di tengah keluarga sehingga dia tidak suka sendirian. Artinya anjing ini cocok untuk berada di sekeliling keluarga. 

  • Vizsla

Anjing ini cocok untuk keluarga yang aktif dan energi. Vizsla memiliki karakter yang lembut, setia, dan penuh kasing sayang. Jika kamu pandai melatihnya, anjing ini mudah sekali patuh dan pintar. Bentuklah ikatan erat antara Vizsla dengan anggota keluarga, ia mampu mempelajari trik baru dengan cepat. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyikat Bulu Anjing

  • Newfoundland

Anjing jenis ini dianggap sebagai salah satu ras yang paling cerdas di dunia. Apalagi kebetulan anjing ini menyukai anak-anak dan sangat melindungi anak-anak. Lembut, baik hati, dan sabar adalah karakter dari anjing Newfoundland. Keluarga kamu pasti juga akan mudah sayang dengan anjing yang satu ini. 

Newfoundland sangat cocok untuk keluarga dengan rumah yang besar. Meskipun anjing ini sering ngiler dan berceceran secara berlebihan di lantai rumah, namun anjing ini tidak boleh dibiarkan tinggal di luar rumah atau di halaman. Anjing ini mudah dilatih dan sangat bisa diberikan tugas. 

Itulah pilihan jenis anjing yang cocok untuk dipelihara keluarga. Apakah setelah membaca artikel ini kamu sudah menentukan pilihan? Atau masih bingung? Kamu bisa berdiskusi lebih banyak dengan dokter hewan melalui aplikasi Halodoc, karena kemungkinan masih banyak pilihan jenis lainnya. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

PetMD. Diakses pada 2020.The 10 Best Dogs for Kids and Families

Pet Finder. Diakses pada 2020. 15 of the Best Dogs for Kids