• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Jenis Buah-Buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

6 Jenis Buah-Buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Santap sahur merupakan aktivitas penting untuk mengawali ibadah puasa. Jika melewatkan kegiatan yang satu ini, sama saja kamu melewatkan kesempatan mengisi bekal energi untuk seharian menjalankan aktivitas. Guna mendukung aktivitas selama puasa Ramadan, mengonsumsi buah-buahan saat sahur juga direkomendasikan, karena buah mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh.

Baca juga: Bibir Kering saat Puasa, Ini Tips untuk Mengatasinya

Nutrisi dan vitamin tersebut bukan hanya sebagai sumber tenaga saja, tapi juga bermanfaat dalam menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. Berikut beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi saat sahur:

  • Pisang

Buah pisang menjadi buah yang cocok dikonsumsi saat sahur karena mengandung gula yang cepat masuk dalam aliran darah. Pisang cocok dijadikan sebagai sumber tenaga. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang penting bagi semua fungsi sel dalam tubuh.

Karena kandungan tersebut, buah pisang bersama dengan kandungan mineral lainnya berguna dalam menyelaraskan fungsi otot dan saraf. Bukan hanya itu saja, pisang juga menjadi sumber vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pektin yang mampu mengeluarkan sisa toxin dari dalam tubuh.

  • Pepaya

Buah yang cocok dikonsumsi saat sahur selanjutnya adalah pepaya. Buah ini mengandung banyak nutrisi penting, seperti beta karoten, vitamin C, E, serta antioksidan. Bukan hanya itu saja, pepaya juga mengandung enzim papain yang mampu membersihkan saluran pencernaan, serta membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah pepaya saat sahur dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari sembelit karena kekurangan cairan dalam tubuh.

  • Apel

Apel merupakan buah yang mengandung serat tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Kandungan pektin dalam apel dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Mengingat zat gizi konsentrat berada di bawah kulit buah, maka dianjurkan makan apel tanpa mengupas kulitnya. Buah yang cocok dikonsumsi saat sahur ini juga bermanfaat dalam membersihkan gigi, serta baik dalam menjaga kesehatan gusi.

Baca juga: 5 Kegiatan Seru di Akhir Pekan saat Puasa Bersama Keluarga

  • Mangga

Mangga memiliki kandungan vitamin A, C, serta serat yang menjadikan mangga sebagai sumber energi, hingga melancarkan proses detoksifikasi tubuh selama berpuasa. Bukan itu saja, buah yang cocok dikonsumsi saat sahur ini juga kaya akan antioksidan, beta karoten, serta vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta melindungi tubuh dari kerusakan sel maupun serangan penyakit.

  • Jambu biji

Buah yang cocok dikonsumsi saat sahur selanjutnya adalah jambu biji. Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya vitamin C saja, jambu biji juga mengandung kalium, lycopene, antikarsinogenik yang baik bagi kesehatan tubuh.

  • Kurma

Kurma termasuk buah yang cocok dikonsumsi saat sahur. Buah ini mengandung banyak serat yang mampu melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi kurma secara rutin, jadwal buang air bisa lebih teratur. Selain itu, serat dalam kurma juga mampu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Baca juga: 7 Tips Aman Berpuasa untuk Pengidap Diabetes

Buah-buahan yang telah disebutkan memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Pasalnya, meskipun memiliki kandungan baik, beberapa pengidap masalah kesehatan tertentu akan menimbulkan reaksi alergi jika tidak cocok dengan kandungan dalam buah tersebut.

Referensi:

IDN Times. Diakses pada 2020. 5 Buah Ini Cocok Dikonsumsi Saat Sahur, Penuh Nutrisi!
Liputan6.com. Diakses pada 2020. Bikin Fit Seharian, 7 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka.