• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Kombucha dalam Skincare, Ini Manfaatnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kandungan Kombucha dalam Skincare, Ini Manfaatnya

Kandungan Kombucha dalam Skincare, Ini Manfaatnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Oktober 2022

“Kombucha banyak terkandung pada produk skincare karena manfaatnya untuk wajah. Kandungan vitamin B2, B6, dan B12 serta antioksidan di dalamnya yang menjadi aktor penting untuk memberikan manfaat untuk kulit wajah.”

Kandungan Kombucha dalam Skincare, Ini ManfaatnyaKandungan Kombucha dalam Skincare, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Saat ini, permintaan skincare telah meningkat karena penggunaannya yang praktis dan terjangkau. Skincare memang ampuh mengatasi beberapa masalah kulit wajah. Bahkan, kini skincare juga telah banyak variasinya, seperti misalnya yang mengandung kombucha.

Kombucha adalah teh yang telah difermentasi dengan bantuan jamur dan bakteri baik yang disebut bakteri probiotik. Setelah proses fermentasi, kombucha akan berkarbonasi dan mengandung enzim, berbagai jenis vitamin B, probiotik, cuka, dan kandungan asam yang tinggi. Kandungan inilah yang menjadikan kombucha sebagai bahan aktif dalam banyak produk skincare.

Manfaat Kandungan Kombucha dalam Skincare

Teh fermentasi kombucha biasanya dikonsumsi untuk menyehatkan sistem pencernaan dan sistem imun karena melawan bakteri jahat dan virus pembawa penyakit. Selain menjaga sistem pencernaan dan kekebalan tubuh, teh ini juga baik untuk merawat kulit wajah sehingga banyak produk skincare menggunakan kandungan ini. Kandungan vitamin B2, B6, dan B12 serta antioksidan lah yang menjadi aktor penting manfaat teh ini untuk kulit wajah.

Kombucha juga terkadang dapat dikombinasikan dengan produk vitamin D untuk perlindungan kulit lebih ekstra. Bahan ini sudah banyak ditemukan dalam segala produk skincare, mulai dari toner hingga pembersih.

Nah, berikut beberapa manfaat kandungan kombucha dalam skincare:

1. Menyeimbangkan Mikrobioma pada Kulit

Sebagai probiotik, kombucha sangat baik untuk menyeimbangkan mikrobioma kulit dengan meningkatkan rasio bakteri baik yang sehat. Teh ini dapat membantu mikrobioma kulit untuk tetap sehat, lebih bersih, dan bertahan untuk melawan kotoran dari lingkungan luar seperti polusi.

2. Membantu Mengurangi Peradangan

Sifat probiotiknya juga membantu mengurangi kondisi kulit yang meradang seperti eksim, rosacea, dan bahkan jerawat. Kombucha pada skincare pun dapat menghilangkan jerawat yang meradang, merah, dan nyeri saat disentuh.

3. Efektif Sebagai Eksfoliator

Karena teh ini mengandung bakteri asam laktat, sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi hiperpigmentasi kulit. Karena asam laktat adalah pengelupas kulit yang lembut, kamu sudah tidak perlu khawatir tentang efek pengelupasan seperti  kemerahan, atau iritasi.

4. Menjaga Keasaman dan Kelembapan Kulit

Kulit manusia mengandung lebih dari 1.000 jenis bakteri yang berbeda, yang secara kolektif dikenal sebagai mikrobioma kulit. Nah, probiotik dalam kombucha dapat menunjang mikrobioma kulit yang sehat dan memberikan beberapa manfaat penting, termasuk menjaga keasaman dan kelembapan kulit.

5. Menjaga Elastisitas Kulit

Salah satu hal yang paling ditakuti wanita adalah ketika kulit mereka mulai kendur. Ini terjadi akivat melemahnya daerah dermis sehingga kulit lebih sulit untuk kembali ke posisi semula. Nah, golongan lansia biasanya memiliki tingkat elastisitas kulit yang lebih rendah rendah.

Selain menghindari stres, membatasi makanan manis, dan menghindari sinar matahari langsung, kamu dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kombucha. Seperti misalnya menggunakan toner dengan kandungan kombucha alami.

6. Mengatasi Jerawat

Kombucha dipercaya banyak mengandung berbagai asam organik, yang diketahui dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Kamu dapat menggunakan bahan alami dengan membuat toner sendiri atau memilih dari berbagai produk skincare yang mengandung kombucha

Selain itu, untuk membantu jerawat lebih cepat pulih, hindari polusi udara dan biasakan rutinitas untuk mencuci muka setelah keluar rumah.

Apabila kamu  mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan saran dari ahlinya, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter. Coba pakai aplikasi Halodoc supaya kamu juga bisa melakukan cek kesehatan rutin lebih mudah dengan memanfaatkan layanan janji medis. Yuk, download Halodoc secara gratis di Play Store maupun App Store. 

Referensi
The Zoe Report. Diakses pada 2022. Kombucha In Skin Care Products.
Women Health Mag. Diakses pada 2022. Kombucha Skin Care Benefits.