• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Baik untuk Kesehatan, Apa Kandungan dalam Temulawak?

Baik untuk Kesehatan, Apa Kandungan dalam Temulawak?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Temulawak adalah minuman yang sangat dikenal oleh rakyat Indonesia. Kandungan dari tanaman ini dapat ampuh mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat dari konsumsi temulawak secara rutin dapat menjadi obat anti peradangan hingga menyembuhkan luka.

Tanaman yang biasa diracik menjadi ramuan herbal ini banyak memiliki kandungan yang memberi manfaat baik bagi tubuh. Beberapa kandungan seperti protein, kurkumin, dan turmerol baik untuk kesehatan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui kandungan temulawak yang baik untuk kesehatan. 

Baca juga: Dikenal Sebagai Jamu, Ini 4 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Beberapa Kandungan Temulawak yang Baik untuk Kesehatan

Temulawak adalah tanaman yang berasal dari Indonesia dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini memiliki warna kuning muda dengan bagian dalamnya berwarna kuning agak kecokelatan.

Tanaman ini banyak memberikan manfaat pada tubuh karena kandungan gizinya. Beberapa kandungan seperti protein, lemak, serat, kalium, hingga karbohidrat ada di dalamnya.

Selain itu, kandungan yang hanya ditemui pada tanaman tertentu, seperti kurkumin, membuat temulawak menjadi salah satu yang spesial saat dimanfaatkan untuk memberi efek baik bagi tubuh.

Lalu, apa saja kandungan yang terdapat di dalam temulawak ini? Berikut ini kandungan yang wajib kamu ketahui dari tanaman yang berasal dari daerah tinggi tersebut:

  • Sebanyak 79,96% terdiri dari karbohidrat.
  • 0,80% serat.
  • 1,52% protein.
  • 1,35% lemak.
  • 15 mg/Kg kurkumin.
  • 11,45 mg/Kg kalium.
  • 19,07 mg/Kg kalsium.

Selain itu, terdapat kandungan-kandungan lainnya yang jarang ditemui pada tanaman lainnya seperti phellandren, turmerol, dan borneol. Manfaat dari kandungan tersebut secara berturut-turut untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui urin, melancarkan proses metabolisme, dan membantu memulihkan tubuh karena penyakit.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait manfaat temulawak untuk kesehatan, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Hal yang harus kamu lakukan hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari agar mendapat kemudahan akses kesehatan!

Baca juga: Temulawak sebagai Obat Alami Atasi Penyakit Liver

Manfaat dari Konsumsi Temulawak untuk Kesehatan

Setelah mengetahui beberapa kandungan yang ada di dalam temulawak, penting juga mengetahui manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsinya secara rutin. Kamu akan lebih membiasakan diri untuk mengolah tanaman tersebut menjadi sesuatu yang disukai. Berikut manfaat yang dirasakan oleh tubuhmu dari konsumsi temulawak:

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat dari temulawak untuk kesehatan adalah dapat mengatasi masalah pada pencernaan. Kandungan kurkumin yang ada dapat merangsang produksi empedu yang mampu meningkatkan fungsi pencernaan.

Beberapa gangguan pada pencernaan, seperti perut kembung dan dispepsia dapat diatasi dengan mengonsumsi tanaman ini. Seseorang yang mengonsumsinya secara rutin dapat menekan gangguan tersebut untuk kambuh dengan mudah.

  1. Osteoarthritis

Manfaat lainnya dari temulawak untuk kesehatan tubuh adalah dapat mengurangi peradangan pada tubuh yang dapat berkembang menjadi osteoarthritis. Tanaman ini digunakan sebagai ramuan untuk mengobati dan mencegah peradangan termasuk juga radang sendi yang disebabkan asam urat. Kurkuma sama baiknya dengan ibuprofen dalam hal mengurangi rasa sakit pada tubuh tanpa efek samping.

  1. Meningkatkan Antioksidan Tubuh

Kerusakan oksidatif pada tubuh disebut-sebut sebagai salah satu yang menyebabkan penuaan dan timbulnya banyak penyakit. Hal ini disebabkan radikal bebas, yang dapat masuk ke tubuh karena polusi udara seperti halnya di Jakarta dan kota besar lainnya. Kandungan negatif tersebut dapat bereaksi dengan zat penting, seperti asam lemak, protein, hingga DNA.

Kandungan kurkumin dalam temulawak menimbulkan antioksidan yang kuat untuk menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Kandungan tersebut meningkatkan aktivitas enzim penghasil antioksidan di dalam tubuh. Selain itu, kurkumin juga mampu memblokir zat negatif tersebut masuk ke tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Anak

Itulah kandungan dari temulawak yang memberikan efek baik bagi tubuh dan manfaatnya jika dikonsumsi secara rutin. Nah, diharapkan kamu juga dapat membiasakan mengonsumsinya setiap hari agar tubuh menjadi lebih sehat.

Referensi:
Live Strong. Diakses pada 2020. The Benefits of Curcuma.
Health Line. Diakses pada 2020. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin.