• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Kebiasaan Ini Bisa Berakibat Fatal pada Kesehatan

3 Kebiasaan Ini Bisa Berakibat Fatal pada Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Beberapa orang mungkin saja telah melakukan kebiasaan buruk setiap harinya secara sadar maupun tidak. Kebiasaan tersebut pun dapat dilakukannya berulang kali hingga menjadi rutinitas. Padahal, kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan gangguan yang fatal pada kesehatan tubuh.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa kebiasaan tersebut agar dapat menjaga tubuh untuk tetap sehat. Dengan mengetahui dampak yang dapat terjadi, diharapkan kamu akan mengubah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan yang lebih sehat. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan seseorang, sehingga mampu menyebabkan gangguan fatal pada kesehatan!

Baca juga: Lebih Sehat, Ganti Kebiasaan Buruk Ini

Kebiasaan Buruk yang Berakibat Fatal bagi Kesehatan

Penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar aktivitas tidak terganggu. Lebih penting lagi untuk menjaga tubuh dari penyakit yang parah dan mematikan. Beberapa kebiasaan buruk dapat menjadi penyebab tersebut. Maka dari itu, kamu harus benar-benar berhenti dari kebiasaan buruk itu. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Merokok

Salah satu kebiasaan buruk yang semua orang tahu dapat menyebabkan gangguan fatal terhadap kesehatan adalah merokok. Seseorang yang mempunyai kebiasaan menghisap tembakau ini dapat mengalami dampak yang parah, seperti kanker paru-paru dan gangguan pada jantung. Maka dari itu, penting untuk berhenti merokok untuk menghindari kondisi berbahaya tersebut.

Rokok dapat menyebabkan hal yang berbahaya disebabkan penyempitan pada arteri yang berdampak pada serangan jantung dan stroke. Penyempitan tersebut juga dapat mengurangi kadar oksigen pada darah, sehingga jantung akan memompa lebih kuat dan dapat membuat pengidapnya mengalami serangan jantung. Jika sudah tahu semua dampaknya, ada baiknya berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

Baca juga: Traveling Makin Seru, Hindari 9 Kebiasaan Buruk Ini

  1. Mengalami Obesitas

Seseorang juga dapat mengalami gangguan fatal pada kesehatan disebabkan kebiasaan buruk yang menyebabkan obesitas terjadi. Obesitas dapat menyebabkan gangguan pada jantung, terutama pada seseorang yang lebih tua. Selain itu, penyakit diabetes juga dapat terjadi dan berkembang menjadi penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Maka dari itu, jika kamu mengalami obesitas, ada baiknya untuk berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dengan takaran yang cukup, dan rajin memeriksakan kesehatan. Dengan begitu, semua hal yang membahayakan tubuh dapat dihindari dan tubuh menjadi lebih sehat serta bugar.

  1. Kekurangan Konsumsi Air

Pekerjaan yang terlalu padat dapat menyebabkan seseorang lupa untuk mengonsumsi air. Kebiasaan buruk tersebut dapat berdampak buruk karena tubuh mengalami dehidrasi hingga ginjal mengalami gangguan. Padahal, tubuh membutuhkan air untuk selalu menjaga kestabilan tekanan darah. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi paling tidak empat gelas air dengan takaran normal sekitar delapan gelas per harinya.

Itulah beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang dapat menimbulkan gangguan fatal terkait kesehatan. Dengan mengubah kebiasaan tersebut, diharapkan tubuh akan segera mengalami perubahan ke arah yang sehat. Sehingga, komplikasi berbahaya dapat benar-benar dihindari.

Baca juga: Ini Dampak Alergi Makanan Paling Fatal

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gangguan fatal pada kesehatan. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone untuk menerima saran langsung dari para ahli medis profesional!

Referensi:
Simply Health. Diakses pada 2020. 6 bad habits for heart health.
NCBI. Diakses pada 2020. Behavioral Risk Factors.