• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan Keliru yang Bisa Jadi Pemicu Vertigo

5 Kebiasaan Keliru yang Bisa Jadi Pemicu Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Selain migrain dan sakit kepala tegang, vertigo merupakan masalah sakit kepala yang tak boleh dianggap remeh. Alasannya,  sakit kepala yang satu ini bisa menimbulkan berbagai keluhan lainnya. Mulai dari mual, muntah, hingga hilangnya pendengaran. Tuh, bikin cemas kan? 

Nah, bagi kamu yang memiliki riwayat  vertigo, ada beberapa kebiasaan yang perlu dihindari. Pasalnya, terdapat beberapa hal atau kebiasaan keliru yang justru dapat memicu vertigo. Penasaran? Berikut ulasannya. 

Baca juga: Vertigo Menyerang Ibu Hamil, Waspada Bahayanya

1. Kebiasaan Merokok

Bagi kamu yang memiliki riwayat vertigo dan memiliki kebiasaan merokok, rasanya perlu harap-harap cemas. Rokok akan menyebabkan tekanan darah terganggu dan menurunkan kadar oksigen di dalam otak. Nah, kondisi inilah yang ujung-ujungnya bisa memicu vertigo. 

Di samping itu, rokok juga bisa memengaruhi keberhasilan perawatan vertigo. Enggak percaya? Simaklah studi dalam jurnal US National Library of Medicine - National Institutes of Health, “Effect of Smoking on The Treatment of Vertigo”. Dari hasil studi tersebut diketahui, kemanjuran pengobatan vertigo pada kelompok merokok (30 persen) lebih rendah daripada kelompok yang tidak merokok (74 persen).

Kesimpulannya, perawatan vertigo tidak berjalan efektif bila pasien vertigo yang merokok selama perawatan. Oleh sebab itu, dokter saraf biasanya akan menanyakan tentang riwayat merokok pada pasien vertigo. Tak cuma itu, mereka juga akan menyarankan pasiennya untuk berhenti merokok.

2. Doyan Mengonsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol juga bisa menjadi pemicu vertigo. Sebab alkohol bisa memengaruhi komposisi cairan di telinga dalam. Hal yang perlu ditegaskan, konsumsi alkohol bisa memperburuk rasa pusing juga dikonsumsi oleh pengidap vertigo. Kok bisa? Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan membuat metabolit berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak. Nah, inilah yang bisa memicu sakit kepala seperti vertigo.

Baca juga: Tiba-Tiba Vertigo, Ini Cara Cepat Mengatasinya

3. Kafein yang Berlebihan

Kopi, teh, atau minuman lainnya yang mengandung kafein memang bisa mendongkrak suasana hati dan konsentrasi. Akan tetapi, bagi kamu yang mengidap vertigo, ada baiknya untuk menghindari minuman ini.

Menurut penelitian dalam Nutritional Neuroscience pada 2018, kafein merupakan salah satu stimulan yang bisa memicu denging di telinga. Hal inilah yang nantinya bisa memperparah gejala vertigo. Oleh karena itu, cobalah hindari kopi, teh, cokelat, minuman energi dan soda karena banyak mengandung kafein.

Alasan kafein tidak baik untuk pengidap vertigo buka cuma itu saja. Kafein memiliki sifat diuretik, sehingga bisa memicu tubuh untuk terus mengeluarkan cairan. Kondisi ini ujung-ujungnya bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga membuat gejala semakin parah. 

4. Asupan Daging dan Keju

Pengidap vertigo yang ingin mengasup kedua makanan ini, rasanya perlu berpikir dua kali. Menurut ahli di National Headache Foundation dalam The Wall Street Journal, asam amino tyramine dalam daging dan keju bisa memicu sakit kepala, termasuk vertigo.

Selain itu, makanan seperti pepperoni, salami, dan sosis juga tak dianjurkan untuk mengidap vertigo. Alternatifnya, pilihlah makanan, seperti ikan segar, tahu, dan kedelai. 

Baca juga: Wanita Lebih Berisiko Mengalami Vertigo

5. Tinggi Gula dan Garam

Pemicu vertigo lainnya yang mesti diwaspadai yaitu makanan atau minuman yang tinggi gula atau garam. Makanan dan minuman ini bisa memicu vertigo bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.  Oleh sebab itu, cobalah hindari camilan yang mengandung gula sederhana. Misalnya, gula pasir dan sirup fruktosa. 

Sedangkan makanan asin atau mengandung banyak garam, bisa memengaruhi kadar air di dalam tubuh. Selain itu, ketika garam dikonsumsi secara berlebihan dan menumpuk dalam aliran darah, efeknya bisa mempersempit pembuluh darah. Kondisi ini bisa meningkatkan tekanan darah. 

Nah, aliran darah yang tak lancar ini bisa mengurangi asupan darah yang kaya oksigen menuju otak. Hal inilah yang nantinya bakal memicu sakit kepala atau vertigo. Oleh sebab itu, batasilah konsumsi garam atau makanan asin tiap harinya. 

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Mau tahu lebih jauh mengenai hal yang bisa memicu vertigo? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
NIH - MedlinePlus. Diakses pada 2020. Vertigo-Associated Disorder.
US National Library of Medicine - National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Effect of Smoking on The Treatment of Vertigo. 
The Wall Street Journal. Diakses pada 2020. Vertigo-Associated Disorder. Why That Banana or Onion Might Feel Like Three Martinis.