• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kecilkan Perut Sehabis Santap Natal dengan Cobra Pose

Kecilkan Perut Sehabis Santap Natal dengan Cobra Pose

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pernah tidak kamu menghitung jumlah kalori yang kamu makan sehabis santap Natal? Kalau menurut survei yang dilakukan oleh mirror.co.uk, kita bisa makan sampai 7000 kalori saat pesta Natal! Ini bisa mencapai dua kali kebutuhan kalori harian orang dewasa!

Tidak heran kalau lemak perut jadi bertambah dan justru lemak di area ini yang sulit dihilangkan. Tentu saja, dengan kembali menerapkan pola hidup sehat, membatasi jumlah asupan makanan, kamu bisa menghilangkan lemak perut. Supaya lebih efektif lagi, yuk coba latihan yoga dengan cobra pose!

Cobra Pose untuk Kecilkan Perut 

Siapa bilang yoga hanya cocok untuk orang-orang yang “kalem” dan tidak bisa efektif membakar lemak? Justru pose-pose tertentu pada yoga sangat bisa membakar kalori dan lemak di bagian perut. 

Buat kamu yang ingin mengecilkan perut, cobra pose menjadi salah satu latihan yoga yang ampuh. Pose ini dapat membuka tubuh, sehingga kamu bisa merasakan perut meregang, tertarik, sehingga bila dilatih secara intens, maka kulit perut tidak akan mengendur.

Baca juga: 5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

Tidak hanya bekerja secara spesifik pada area perut, cobra pose ini juga melatih tulang belakang dan menguatkannya. Pun, manfaat yang lain yang bisa kamu peroleh dari pose ini adalah memaksimalkan fleksibilitas tulang belakang, meningkatkan sirkulasi darah, kelelahan fisik, stres, serta membantu meningkatkan pernapasan dan sistem metabolisme tubuh.

Bagaimana cara melakukannya? Simak di sini!

  1. Pose dimulai dengan berbaring tengkurap di atas matras.

  2. Letakkan tangan dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan posisikan telapak tangan berada di bawah bahu. 

  3. Jaga agar kaki merentang dan rentangkan jari-jari kaki di atas matras.

  4. Ketika menarik napas, perlahan-lahan dorong dada dan bahu dari matras, lalu jaga siku tetap berada dekat dengan sisi tubuh bagian samping.

  5. Angkat badan setinggi mungkin dan tahan pose selama 15–30 detik

  6. Buang napas dan perlahan kembali ke posisi tengkurap, sejajar dengan matras

  7. Ulangi pose ini setidaknya lima kali dengan istirahat 10–15 detik di antara masing-masing jeda.

Memaksimalkan Fungsi Tubuh

Tadi sudah disinggung kalau cobra pose dapat melatih fleksibilitas tubuh dan menguatkan otot-otot yang selama ini kita gunakan secara salah ataupun menjadi salah karena kebiasaan ataupun perilaku sehari-hari.

Coba kamu ingat-ingat, bagaimana cara dudukmu saat mengetik di depan laptop ataupun posisi bahu saat mengetik di gadget? Membongkok kan? Kita punya kecenderungan memajukan bahu dan tidak menegakkannya.

Baca juga: 4 Gerakan Yoga yang Cocok untuk Pengidap Asma

Kebiasaan ini tanpa disadari membentuk postur yang salah pada tubuh, sehingga lama-kelamaan secara sadar ataupun tidak sadar, punggung menjadi melengkung dan bongkok. Tidak hanya mengurangi estetika dan perawakan, postur yang salah ini juga mengganggu jalannya pernapasan serta sistem pencernaan.

Latihan cobra pose akan membawa tubuh pada postur yang tepat, membuka dada, paru-paru, saluran pernapasan, dan menarik bahu pada posisinya, sehingga perawakan menjadi lebih baik. Kalau kamu butuh tips memangkas lemak ataupun hidup sehat lainnya, coba deh tanyakan di Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:

CNY Healing Arts. Diakses pada 2019. The Health Benefits of Cobra Pose.
Mirror.co.uk. Diakses pada 2019. How many calories will you consume on Christmas.