• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pusar Terasa Sakit, Apa yang Menyebabkannya?

Pusar Terasa Sakit, Apa yang Menyebabkannya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pusar Terasa Sakit, Apa yang Menyebabkannya?

Halodoc, Jakarta - Rasa sakit pada pusar bisa tajam atau ringan, dan bisa konstan. Seseorang mungkin merasakan sakit hanya dekat pusar, atau rasa sakitnya dapat menjalan ke bagian tubuh yang lain. Sakit pusar bukan suatu kondisi yang terjadi tanpa alasan, tetapi dapat merujuk ke kondisi yang kemungkinan merupakan gejala gangguan lain. 

Jika kamu merasa sakit yang tajam di pusar saat melakukan peregangan atau batuk, kemungkinan kamu mengalami hernia. Tonjolan pada pusar merupakan gejala yang paling umum. Selain hernia, terdapat beberapa alasan atau penyebab lain pusar terasa sakit :

1. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan juga disebut sebagai dispepsia atau sakit perut. Ini menyebabkan rasa sakit terbakar, atau tidak nyaman di perut bagian atas, menjalar ke area pusar. Gangguan pencernaan dapat diobati dengan antasida dan penghambat asam yang dijual bebas. 

Baca juga: Awas, 8 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Sakit Perut Bagian Bawah

Dispepsia fungsional menyebabkan rasa sakit di bagian atas lambung yang menjalar ke pusar. Ini merupakan penyakit yang datang dan pergi, tetapi tidak diketahui penyebabnya. Sama seperti gangguan pencernaan, dispepsia fungsional dapat diobati dengan antasid dan penghambat asam yang dijual bebas. Atau kamu juga dapat membelinya melalui fitur beli obat pada aplikasi Halodoc. 

2. Sembelit

Konstipasi merupakan kondisi luas yang didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki 3 atau lebih sedikit pergerakan usus dalam periode 1 minggu. Hampir setiap orang mengalami konstipasi dari waktu ke waktu, dan konstipasi yang berlangsung singkat tidak serius.

Sembelit sesekali diatasi dengan menambahkan serat olahan ke dalam makanan. Jika kamu mengalami konstipasi selama 2 bulan atau lebih, sebaiknya bicarakan segera pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai penanganannya. 

3. Infeksi Saluran Kemih

Gangguan infeksi saluran kemih atau ISK sering terjadi pada wanita daripada pria. Namun, siapa pun, termasuk anak-anak, bisa mengalaminya. ISK dapat menyebabkan rasa sakit di perut dan pusar. ISK Disebabkan oleh bakteri dan dapat diobati dengan antibiotik. 

Baca juga: Perlu Tahu 7 Gangguan Pencernaan dari yang Ringan Sampai Berat\

4. Infeksi Perut Akibat Bakteri

Bakteri usus jahat dapat memasuki tubuh dan hidup di saluran pencernaan selama bertahun-tahun. Seiring waktu, bakteri dapat menyebabkan luka yang menyakitkan di lapisan perut dan usus kecil. Terkadang, infeksi ini dapat membuat orang berisiko mengalami kanker lambung. Infeksi dapat menyebabkan sakit pada pusar dan di seluruh perut. 

5. Gastroenteritis

Umumnya juga dikenal sebagai flu perut, gastroenteritis disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Sakit perut dan kram adalah gejala klasik dari gastroenteritis. Gastroenteritis biasanya dapat membaik dengan sendirinya.

6. Kehamilan

Kehamilan dapat menyebabkan rasa sakit di pusar atau daerah sekitarnya, hal ini disebabkan oleh nyeri ligamen. Kamu mungkin merasakan sakit yang tajam di satu sisi atau keduanya, dan mungkin berada di dekat pusar atau di daerah pinggul. 

Kemungkinan ibu hamil akan mengalami nyeri pada pusar selama trimester kedua. Ligamentum bundar menghubungkan bagian depan rahim dengan selangkangan, dan membentak selama kehamilan untuk mendukung rahim.

Gerakan tertentu selama kehamilan dapat menyebabkan ligamen berkontraksi dengan cepat, seperti berdiri dengan cepat, batuk, dan tertawa. Kontraksi yang cepat dari ligamen ini dapat menyebabkan rasa sakit, tetapi rasa sakit hanya berlangsung selama beberapa detik. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena sakit pada pusar selama kehamilan merupakan hal yang normal. Biasanya, kondisi ini akan menghilang seiring bertambahnya usia kehamilan atau setelah melahirkan. 

Baca juga: 5 Tips untuk Mencegah Sembelit

Setelah mengetahui gejala dan penyebab terjadinya rasa sakit pada pusar, semoga kamu lebih tanggap terhadap gejalanya. Segera bicarakan pada dokter jika mengalaminya, agar segera dilakukan penanganan yang tepat. 

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Belly Button Pain
Medical News Today. Diakses pada 2020. Common causes of belly button pain