• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Hair Mask Alami Untuk Atasi Rambut Kering
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Hair Mask Alami Untuk Atasi Rambut Kering

Kenali 5 Hair Mask Alami Untuk Atasi Rambut Kering

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Oktober 2022

“Ada rekomendasi beberapa bahan alami yang dapat digunakan langsung atau dikombinasikan sebagai hair mask untuk mengatasi rambut kering. Mulai dari minyak almond, minyak kelapa, hingga makanan seperti pisang.”

Kenali 5 Hair Mask Alami Untuk Atasi Rambut KeringKenali 5 Hair Mask Alami Untuk Atasi Rambut Kering

Halodoc, Jakarta – Rambut kering dan rusak merupakan salah satu masalah yang lazim dialami oleh banyak orang. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh terlalu banyak suhu panas dari penggunaan catokan atau penggunaan produk penataan rambut tertentu. Untuk dampaknya sendiri, rambut yang kering identik dengan timbulnya masalah rambut lain, seperti kerontokan. Hal ini tentunya dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. 

Namun, jika kamu saat ini mengalaminya, cobalah untuk menggunakan masker rambut tertentu sebagai bagian dari perawatan rambut, untuk mengembalikan kelembapan mahkota kepalamu.

Lantas, apa saja hair mask atau masker rambut yang dapat digunakan? Yuk, simak informasinya di sini!

Hair Mask untuk Mengatasi Rambut Kering

Berikut adalah rekomendasi beberapa bahan alami yang dapat dikombinasikan sebagai bahan hair mask untuk mengatasi rambut kering: 

1. Minyak almond

Salah satu masker rambut alami yang dapat digunakan adalah masker yang dibuat dari minyak almond. Perlu diketahui bahwa minyak almond sudah diketahui manfaatnya secara luas untuk kesehatan kulit. Nah, sifatnya yang dapat melembapkan kulit, diyakini juga dapat bermanfaat dalam mengatasi rambut dan kulit kepala yang kering. 

Sebab, ketika dioleskan pada kulit kepala, senyawa anti peradangan yang terkandung pada minyak almond dapat mengatasi kulit kering yang berkaitan dengan beberapa kondisi. Mulai dari jerawat, eksim, dan psoriasis. Selain itu, minyak almond juga kaya akan emollients, yang dapat membantu melembapkan dan melembutkan rambut secara menyeluruh. 

2. Minyak kelapa 

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan sebagai masker rambut adalah minyak kelapa. Nah, minyak kelapa yang diekstrak dari daging buahnya, diketahui tinggi akan protein. Protein sendiri diyakini berpotensi melembapkan dan memperkuat rambut. Menariknya lagi, minyak kelapa juga mengandung senyawa anti peradangan yang dapat membantu mengatasi ketombe. 

3. Minyak zaitun

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung bila dikonsumsi, minyak zaitun juga diketahui bermanfaat dalam melembapkan rambut. Karena itu, jika kamu memiliki rambut dan kulit kepala yang kering, tidak ada salahnya untuk mengoleskannya secara rutin. 

4. Pisang

Selain minyak, buah seperti pisang juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk masker rambut. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu melumatkan pisang hingga halus, lalu mengoleskannya pada rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas rambut dengan air dan sampo (keramas). 

Perlu diketahui bahwa manfaat utama dari pisang sebagai bahan masker rambut adalah membantu memulihkan kolagen, sehingga rambut menjadi kuat. Hal ini dikarenakan oleh kandungan silica yang ada di dalam buah ini. Kendati demikian, pastikan untuk tidak menggunakan buah ini untuk mengatasi rambut kering, jika kamu memiliki alergi terhadap lateks. 

5. Yoghurt

Makanan selanjutnya yang dapat dipergunakan sebagai bahan hair mask alami adalah yoghurt. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt diyakini bermanfaat sebagai eksfoliator sel kulit mati, sekaligus menjaga rambut tetap terhidrasi. 

Itulah beberapa bahan hair mask alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering. Mulai dari beberapa jenis minyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kelapa, hingga beberapa makanan. Contohnya seperti pisang dan yoghurt. 

Beberapa bahan tersebut dapat digunakan langsung, atau dikombinasikan dengan bahan lain sebagai masker rambut alami. Hal yang perlu digaris bawahi, hasil dari perawatan rambut ini dapat bervariasi pada setiap orang. 

Namun, jika penggunaan masker rambut dari beberapa bahan alami itu tidak kunjung membuahkan hasil, segeralah periksakan kondisi ke dokter. Sebab, bisa jadi rambut kering yang dialami adalah indikasi akan adanya kondisi medis tertentu yang membutuhkan penanganan. 

Nah, jika saat ini kamu ingin memeriksakan kondisimu, kamu bisa membuat janji medis melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. 18 Hair Mask Ingredients for Dry, Damaged Hair. 
Kompas. Diakses pada 2022. 9 Masker untuk Rambut Kering yang Alami dan Praktis.