• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 November 2022

“Sebagai pemanis, ada banyak manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh. Hal itu berkat kandungan nutrisinya yang lebih tinggi dari gula lain, dan indeks glikemiknya juga lebih rendah.”

Kenali Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan TubuhKenali Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Kini gula aren menjadi jenis gula yang populer karena sering digunakan sebagai pemanis pada kopi. Meskipun kamu dianjurkan untuk membatasi asupan gula harian, tapi tahukah kamu bahwa ada manfaat gula aren untuk kesehatan?

Gula aren atau disebut juga palm sugar adalah pemanis yang terbuat dari nira pohon aren. Jenis gula ini dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat dari pemanis lainnya, karena produksinya melibatkan pemrosesan yang minimal tanpa tambahan bahan kimia. 

Karena dimurnikan, vitamin dan mineral nabati dalam gula aren juga bisa dipertahankan dalam tingkat tinggi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan Nah, berikut beberapa manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Gula aren merupakan sumber vitamin dan mineral yang lebih baik daripada pemanis yang sebanding. Selain itu jenis gula ini juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan pemanis lainnya. Meskipun masih perlu diteliti lebih lanjut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa gula aren adalah pemanis alternatif yang baik bagi pengidap diabetes.

Berikut manfaat gula aren lainnya untuk kesehatan:

1. Menjaga kadar gula darah

Gula aren mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula meja atau madu. Itulah mengapa gula ini bisa membantu menstabilkan kadar gula darah lebih baik daripada pemanis lainnya. Jadi, mengonsumsi gula aren tidak akan membuat tingkat energi meningkat drastis dan cepat habis.

2. Mendukung kesehatan pencernaan

Gula aren juga mengandung serat makanan yang disebut inulin. Studi menunjukkan bahwa serat nabati ini bisa membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.

3. Membantu mengembalikan energi tubuh

Senyawa karbohidrat yang terdapat dalam gula aren bisa dicerna lebih cepat oleh tubuh dibandingkan gula putih. Itulah mencampurkan beberapa sendok teh gula aren untuk mempermanis minuman bisa memberimu dorongan energi yang sangat dibutuhkan di awal hari. 

4. Menjaga fungsi sistem saraf

Gula aren memiliki kadar kalium yang lebih tinggi daripada sayuran hijau dan pisang. Kalium merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga aktivitas sistem saraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur. Mengonsumsi makanan berkalium juga bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi.

5. Mengandung antioksidan yang tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa gula aren mengandung kadar vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih tinggi daripada gula lainnya. Kandungan nutrisi tersebut termasuk fitonutrien. Senyawa nabati ini memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kronis.

6. Membantu memperkuat tulang

Berkat kandungan mineralnya yang tinggi, seperti kalsium dan fosfor, manfaat gula aren untuk kesehatan adalah bisa membantu perkembangan tulang dan jaringan pada anak-anak. Selain itu, kandungan kalium dalam pemanis tersebut juga berperan penting dalam kesehatan dan pemeliharaan tulang dan jaringan otot.

Itulah beberapa manfaat gula aren untuk kesehatan. Namun ingat, konsumsilah dalam batas wajar. Pasalnya, konsumsi gula berlebihan bisa meningkatkan risiko kamu mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, obesitas, kerusakan gigi, dan lain-lain.

Bila kamu mengalami gejala kesehatan yang mengkhawatirkan, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Untuk periksa kesehatan, kamu bisa buat janji medis di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Palm Sugar: Are There Health Benefits?.
Vinmec. Diakses pada 2022. Is palm sugar good for you? Advantages and disadvantages
Med India. Diakses pada 2022. Health Benefits of Palm Sugar