Kenali 13 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Oktober 2023

“Sebagai pemanis, ada banyak manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh. Hal itu berkat kandungan nutrisinya yang lebih tinggi dari gula lain, dan indeks glikemik yang lebih rendah.”

Kenali 13 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan TubuhKenali 13 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Gula aren adalah salah satu jenis gula yang populer sebagai pemanis pada kopi. Gula ini terbuat dari nira pohon aren dan terkenal sebagai alternatif yang lebih sehat dari pemanis lainnya. 

Produksinya melibatkan pemrosesan yang minimal tanpa tambahan bahan kimia. Karena proses pemurnian, vitamin dan mineral nabati dalam gula ini juga berada dalam tingkat tinggi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Yuk, simak manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh!

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Dalam 100 gram gula aren, ada beberapa kandungan nutrisi di dalamnya, yaitu:

  • Kalori: 375 kkal.
  • Potasium: 20 persen kebutuhan harian.
  • Karbohidrat: 33 persen kebutuhan harian.

Meskipun begitu, jenis gula ini memiliki kandungan mineral dan vitamin dalam jumlah yang sedikit. Mulai dari vitamin A, C, K, dan kalsium.

Gula ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang lebih baik daripada pemanis yang sebanding. Selain itu jenis gula ini juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada pemanis lainnya.

Berkat kandungannya, berikut adalah manfaat gula aren lainnya untuk kesehatan:

1. Menjaga kadar gula darah

Gula aren mengandung jumlah glukosa yang lebih sedikit dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang gula meja atau madu. Inilah alasan mengapa gula aren dapat membantu menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil daripada jenis pemanis lainnya.

Jadi, mengonsumsi gula ini tidak akan membuat tingkat energi meningkat drastis dan cepat habis. Selain memerhatikan jenis gula, cari tahu berbagai makanan sehat lainnya yang baik untuk pengidap gula darah. Simak informasinya melalui artikel: 13 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

2. Mendukung kesehatan pencernaan

Gula aren juga mengandung serat makanan bernama inulin. Studi menunjukkan bahwa serat nabati ini bisa membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.

3. Membantu mengembalikan energi tubuh

Senyawa karbohidrat yang terdapat dalamnya bisa tubuh cerna lebih cepat daripada gula putih. Itulah sebabnya, mencampurkan beberapa sendok teh gula aren untuk mempermanis minuman, bisa memberimu dorongan energi di awal hari.

4. Menjaga fungsi sistem saraf

Palm sugar memiliki kadar kalium yang lebih tinggi daripada sayuran hijau dan pisang. Kalium merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga fungsi dan aktivitas sistem saraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur. Mengonsumsi makanan berkalium juga bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi.

5. Mengandung antioksidan yang tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa gula jenis ini mengandung kadar vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih tinggi daripada gula lainnya. Kandungan nutrisi tersebut termasuk fitonutrien. 

Senyawa nabati ini memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kronis.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Berkat kandungan mineralnya yang tinggi, seperti kalsium dan fosfor, manfaat palm sugar untuk kesehatan adalah bisa membantu perkembangan tulang dan jaringan pada anak-anak. 

Selain itu, kandungan kalium dalam pemanis tersebut juga berperan penting dalam kesehatan serta meningkatkan kekuatan tulang dan jaringan otot.

7. Mencegah kerusakan DNA

Melansir dari Walailak Journal of Science and Technology, jenis gula ini memiliki kemampuan untuk menjaga DNA dan menghindarinya dari kerusakan.

Hal tersebut berkat kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol yang mencegah kerusakan DNA dari paparan radikal bebas. Adanya kerusakan DNA dapat memicu berbagai penyakit, seperti kanker hingga kelainan genetik.

8. Meningkatkan produksi sel darah merah

Gula aren dapat membantu peningkatan produksi sel darah merah. Hal ini terjadi berkat vitamin B dalam gula ini meskipun dalam jumlah kecil. Meski begitu, penelitian masih perlu untuk memastikan manfaat gula aren pada peningkatan sel darah merah.

9. Mencegah penyakit kanker

Kandungan vitamin dan mineral dalam gula ini mampu mencegah perkembangan kanker kolon. Untuk itu, tidak ada salahnya mengganti gula yang kamu gunakan sehari-hari dengan jenis ini. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut terkait khasiat gula ini dengan penyakit kanker. 

10. Mengatasi gejala ulkus diabetik

Kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan C dalam gula ini mampu mengatasi luka akibat penyakit ulkus diabetik. Meski begitu, agar asupan kebutuhan vitamin terpenuhi secara optimal, mengonsumsi makanan sehat lainnya dan suplemen kesehatan tentu juga penting. 

Penuhi kebutuhan vitamin dan suplemen untuk hidup sehat optimal melalui Toko Kesehatan Halodoc sekarang. 

11. Mengangkat kulit mati

Gula menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengangkat kulit mati melalui proses eksfoliasi. Salah satunya adalah gula aren.

Kamu bisa gunakan gula aren yang bentuk bubuk untuk kamu campurkan pada minyak kelapa hingga membentuk pasta. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang kering untuk menggosoknya.

12. Mengatasi kelelahan

Jika kamu merasa kelelahan terus menerus setelah melakukan berbagai kegiatan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi gula aren. Kandungan karbohidrat di dalamnya bisa menjadi sumber energi sehingga menurunkan rasa lelah. 

13. Pemanis alami

Gula aren menjadi salah satu pemanis alami yang baik untuk kamu campurkan pada minuman kesukaan. Jadi, tidak ada salahnya mencobanya untuk menambahkan kelezatan pada minuman.

Itulah beberapa manfaatnya untuk kesehatan. Konsumsilah gula ini dalam batas wajar agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Contohnya seperti penyakit jantung, obesitas, kerusakan gigi, dan lain-lain.

Selain gula ini, ada banyak jenis gula lainnya, termasuk gula biasa dan gula rafinasi. Cek lebih lanjut di artikel: Ini Perbedaan Dasar antara Gula Rafinasi dan Gula Alami

Gula mana yang cocok untuk kamu atau orang tua kamu yang punya kondisi medis khusus, kamu bisa menanyakannya langsung pada dokter di Halodoc. Dapatkan jawaban atau saran kesehatan terbaik dari ahlinya dengan klik gambar berikut:

chat dengan dokter

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2022. Palm Sugar: Are There Health Benefits?.
Vinmec. Diakses pada 2022. Is palm sugar good for you? Advantages and disadvantages
Med India. Diakses pada 2022. Health Benefits of Palm Sugar.
Pharm Easy. Diakses pada 2023. Palm Sugar: Uses, Benefits, Side Effects By Dr. Smita Barode.
Walailak Journal of Science and Technology. Diakses pada 2023. Productions and Functional Properties of Palm Sugars.
Michigan State University. Diakses pada 2023. Homemade Sugar Scrubs for Skin Care.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan