• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 3 Tanda Autisme pada Anak

Kenali 3 Tanda Autisme pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Setiap orang pasti pernah melihat seorang anak yang mengidap autisme. Anak yang mengalami gangguan tersebut sedikit tampak berbeda dengan anak lainnya. Hal tersebut karena terjadinya gangguan pada perkembangan otak dan saraf. Dampak dari hal tersebut dapat memengaruhi cara berinteraksi, bersosialisasi, hingga berekspresi.

Maka dari itu, penting untuk seorang ibu agar mengetahui secara dini apabila anaknya mengidap autisme. Hal tersebut dilakukan agar ibu dapat menyesuaikan kesehariannya dengan kondisi. Dengan begitu, minat dan bakat yang ada pada anak tersebut tidak sia-sia. Caranya adalah dengan mengetahui tanda autisme pada anak. Berikut beberapa tandanya!

Baca juga: Sindrom Asperger Beda dengan Autisme, Ini Penjelasannya

Beberapa Tanda Autisme pada Anak

Autisme atau autism spectrum disorder adalah gangguan perkembangan yang disebabkan adanya perbedaan di otak. Meski begitu, belum diketahui secara persis hal yang menyebabkan perbedaan tersebut pada pengidap. Namun, diketahui beberapa orang yang terserang mengalami kelainan pada kondisi genetik. Sebagian lainnya belum diketahui penyebabnya.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda autisme pada anak secara dini agar dapat menentukan langkah yang tepat untuk dilakukan. Gejala dari autisme dapat berkembang saat anak ibu berusia kurang dari 3 tahun. Beberapa anak yang mengidap autisme mungkin saja mengalami pertumbuhan normal hingga usianya 18 hingga 24 bulan. 

Anak yang terserang autisme, dirinya dapat berhenti mendapatkan keterampilan baru atau kehilangan kemampuan yang pernah dimiliki setelah lewat usia dua tahun. Memang gejala awal terbilang sulit untuk dikenali, tetapi penting untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tanda yang harus diketahui terkait autisme pada anak:

  1. Kesulitan Berkomunikasi

Salah satu tanda dari autisme pada anak adalah sulitnya berkomunikasi dengan orang lain. Beberapa pengidapnya dapat berbicara dengan baik, tetapi yang lainnya mungkin tidak dapat berbicara sama sekali. Beberapa ciri yang dapat terlihat adalah keterampilan bicara dan bahasa yang tertunda, jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan, dan tidak ekspresif.

Anak dengan kelainan autisme mungkin menggunakan bahasa yang tidak biasa saat berbicara. Hal ini mungkin terjadi disebabkan dirinya kesulitan memasukkan kata-kata ke dalam kalimat yang akan diucapkan. Meski begitu, beberapa anak lainnya dengan autisme dapat berbicara dengan baik tapi kesulitan untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

Baca juga: Ibu Harus Tahu, Inilah Penyebab Autisme pada Anak

  1. Keterampilan Sosial

Masalah sosial juga termasuk salah satu tanda dari autisme pada anak. Gangguan ini tidak hanya membuat dirinya kesulitan bersosialisasi dengan orang lain, tetapi juga dapat menyebabkan masalah serius dalam kehidupan sehari-hari. Anak yang mengidap autisme terkait keterampilan sosial mungkin menghindari kontak mata secara langsung, lebih suka bermain sendiri, hingga menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Beberapa anak yang mengalami kelainan ini mungkin tidak tertarik dengan orang lain sama sekali. Mungkin saja dirinya ingin punya teman, tetapi tidak mengerti cara melakukannya. Anak mungkin sulit belajar tentang cara berbagi dengan orang lain, sehingga anak-anak lainnya tidak ingin bermain dengannya karena hal tersebut.

  1. Masalah Perilaku

Seorang anak yang mengidap autisme juga memiliki tanda seperti masalah pada perilaku. Beberapa perilaku yang dapat terlihat adalah mengeluarkan emosi tanpa alasan yang pasti, melakukan gerakan tertentu secara berulang, hingga melakukan aktivitas yang menyakiti diri sendiri. Jika anak ibu mengalami gangguan tersebut, ada baiknya memeriksakan dirinya ke dokter.

Itulah beberapa tanda autisme pada anak yang dapat terlihat. Jika anak ibu memperlihatkan beberapa gejala tersebut, ada baiknya untuk memastikannya pada seseorang yang profesional untuk memastikan hal tersebut. Dengan begitu, langkah pasti yang dapat dilakukan ke depannya untuk mendukung anak ibu mampu dilakukan.

Baca juga: 4 Jenis Autis yang Perlu Diketahui

Ibu dapat memastikan hal tersebut dengan bertanya pada dokter dari Halodoc agar lebih pasti. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2020. Signs and Symptoms of Autism Spectrum Disorders.
Help Guide. Diakses pada 2020. Does My Child Have Autism?