• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kesalahan saat Sahur yang Bikin Badan Lemas

4 Kesalahan saat Sahur yang Bikin Badan Lemas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Agar dapat kuat menjalani puasa selama satu harian penuh, kamu dianjurkan untuk tidak melewatkan sahur. Sebab, sahur adalah waktu makan yang sangat penting selama puasa di mana kamu bisa mendapatkan berbagai asupan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat dan kuat menjalani puasa. Meski begitu, tidak sedikit juga orang yang melakukan kesalahan saat sahur yang malah membuat badan menjadi lemas. Yuk, cari tahu apa saja di sini. 

1. Banyak Makan Karbohidrat Saat Sahur

Banyak orang yang berpikir, mengonsumsi karbohidrat sebanyak-banyaknya dapat membuat mereka merasa lebih kenyang, sehingga lebih kuat untuk menjalani puasa. Padahal, tahukah kamu? Karbohidrat mengandung asam amino yang disebut triptofan yang dapat menyebabkan kantuk. 

Mengonsumsi banyak karbohidrat justru malah akan membuat kamu mengantuk, sehingga akhirnya kamu menjadi tidak bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat secukupnya dan pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal dan kentang. Karbohidrat kompleks lebih sulit dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Dengan demikian, kamu pun bisa menjalani puasa dengan kuat dan semangat.

Baca juga: Banyak Daging atau Sayur, Agar Lebih Kuat Puasa?

2. Minum Teh yang Banyak

Teh merupakan salah satu minuman favorit orang Indonesia. Saat sahur, banyak orang Indonesia yang punya kebiasaan minum teh manis hangat yang terasa nikmat dan dapat menyegarkan tubuh. Namun, teh sebenarnya merupakan minuman berkafein yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. 

Bukannya mengatasi rasa haus, minum banyak teh saat sahur malah akan membuat kamu lebih haus, bahkan berisiko mengalami dehidrasi. Akibatnya, badan akan terasa lemas sepanjang hari saat puasa. Karena itu, bila ingin minum teh, batasilah hanya 1–2 cangkir saja dan tanpa menambahkan gula.

3. Minum Air Sebanyak-banyaknya

Selain itu, kesalahan saat sahur yang juga sering dilakukan adalah meminum air putih sebanyak-banyaknya menjelang imsak agar tidak haus saat puasa. Namun, minum air putih terlalu banyak justru dapat menyebabkan asam lambung naik, sehingga kamu akan merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan. Perut yang terasa tidak nyaman akhirnya akan membuat badan kamu menjadi lemas sepanjang hari.

Karena itu, minumlah air putih secukupnya saat sahur, yaitu sebanyak dua gelas. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, seperti semangka, melon, atau tomat untuk menambah asupan cairan saat sahur dibanding mengonsumsi bergelas-gelas air dalam satu waktu.

Baca juga: Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa

4. Langsung Tidur Setelah Sahur

Langsung tidur setelah menyantap makanan juga adalah kesalahan saat sahur yang bisa membuat badan lemas lho. Hal ini karena tidur sehabis makan dapat memicu asam lambung naik dan muncul kembali ke kerongkongan, sehingga menyebabkan kamu mengalami GERD. Gejala paling umum dari GERD adalah heartburn, rasa sakit yang membakar di tengah dada, di belakang tulang dada kamu. Mengalami gangguan pencernaan ini tidak hanya membuat kamu tidak bisa tidur lagi, tetapi juga merasa tidak nyaman sepanjang hari.

Karena itu, sehabis makan sahur, ada baiknya kamu menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan sebentar di sekitar kompleks sambil menunggu waktu Subuh. Bila ingin tidur lagi, para ahli gizi menyarankan untuk menunggu sekitar 3 jam setelah waktu makan terakhir. 

Baca juga: Perut Mendadak Panas Saat Puasa, Harus Apa?

Nah, itulah 4 kesalahan saat sahur yang sebaiknya kamu hindari karena bisa membuat badan menjadi lemas sepanjang berpuasa. Bila kamu sakit atau mengalami gangguan kesehatan tertentu, jangan ragu untuk menghubungi dokter lewat aplikasi Halodoc ya. Kamu bisa minta saran kesehatan pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2020. 10 Mistakes You Can Make While Intermittent Fasting.
Sleep Foundation. Diakses pada 2020. Food & Sleep.
Livestrong. Diakses pada 2020. How Bad Is It Really to Sleep Right After You Eat?