4 Efek Samping dari Prosedur Veneer Gigi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juni 2023

“Seperti prosedur lainnya, veneer gigi juga memiliki risiko efek samping. Terutama jika kamu tidak merawat gigi dan mulut dengan baik.”

4 Efek Samping dari Prosedur Veneer Gigi4 Efek Samping dari Prosedur Veneer Gigi

Halodoc, Jakarta – Veneer gigi adalah prosedur estetika atau kosmetik untuk meningkatkan tampilan gigi. Jika kamu memiliki retakan pada gigi yang ingin ditutupi atau gigi berubah warna, ini merupakan salah satu prosedur perawatan gigi yang mungkin cocok. 

Prosedur ini bisa mengubah tampilan wajah dan senyum kamu hanya dalam satu atau dua kunjungan ke dokter gigi. Veneer adalah cangkang tipis yang direkatkan ke permukaan gigi supaya terlihat lebih baik. Namun, memasang prosedur ini bisa menimbulkan efek samping.

Apa Efek dari Veneer Gigi?

Veneer gigi punya banyak jenis dan fungsinya masing-masing. Kamu bisa baca selengkapnya di sini → Ketahui 5 Jenis Veneers dan Fungsinya pada Gigi

Selain memberikan manfaat pada tampilan gigi yang lebih optimal, perawatan ini juga memiliki kemungkinan efek samping.

Berikut ini efek samping yang perlu kamu waspadai:

1. Warna Gigi Asli Jadi Tidak Merata

Menurut The Journal of American Dental Association, warna veneer gigi tergantung pada warna dasar gigi asli. Sementara itu, warna alami gigi menentukan warna dan jenis veneer.

Prosedur ini bisa memicu perubahan warna atau adanya noda di tepian gigi. Hal ini bisa terjadi karena masalah kelembapan saat dokter memasang veneer

Jika kamu Ingin Veneer Gigi, Coba Diskusikan dengan 4 Dokter Ini Dulu.

2. Warna Veneer Tidak Bisa Diperbaiki Jika Sudah Terpasang

Dokter tidak bisa memperbaiki warna veneer setelah memasangnya. Warna asli veneer biasanya bisa bertahan dalam waktu 5-10 tahun setelah pemasangan. 

Supaya tidak menyesal, pastikan kamu memasang veneer di dokter gigi yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, hasilnya akan maksimal dan kamu merasa aman dan nyaman saat prosedur veneer.

Selain veneer, ada juga banyak jenis perawatan gigi lainnya untuk percantik penampilan. Simak selengkapnya di sini → Ini 7 Jenis Perawatan Gigi untuk Mempercantik Penampilan

3.Bisa Terjadi Masalah saat Pemasangan Veneer 

Terjadi masalah saat pemasangan veneer bisa saja terjadi. Misalnya, posisi lapisan veneer tidak sesuai yang memicu kerusakan gigi. Kondisi ini bisa menyebabkan pembusukan pada bagian luar tepi veneer.

Lapisan veneer bisa berlendir atau bertekstur kasar. Hal ini menyebabkan benang gigi masuk ke tepi veneer Akibatnya, kamu akan sulit untuk membersihkan gigi, menyebabkan sakit gigi dan gusi lebih rentan teriritasi.

4.Gigi Jadi Lebih Sensitif

Pemasangan ini mengharuskan dokter mengikis enamel gigi dari permukaan gigi. Lapisan enamel yang dikikis paksa ini bisa membuat gigi jadi sensitif. 

Gigi sensitif bisa menyebabkan ngilu saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin atau panas. Pada kasus yang parah, kondisi ini bisa mematikan jaringan gigi. Hal ini karena lapisan enamel gigi terlalu banyak dikikis. 

Veneer yang terbuat dari porselen bisa mudah retak. Gigi yang pasang veneer dapat rusak saat mengunyah atau menggigit benda atau makanan keras. Hal ini memberikan tekanan terlalu banyak pada lapisan veneer sehingga membuatnya longgar atau rontok. 

Dampak lainnya bisa kamu baca di sini → Ini Dampak Melakukan Veneer sebagai Pemutih Gigi

Hal yang Perlu Dilakukan setelah Veneer Gigi

perawatan setelah veneer gigi

Setelah prosedur, dokter biasanya memberikan arahan tentang larangan makanan atau minuman tertentu.

Hal yang perlu kamu perhatikan di antaranya:

  • Hindari konsumsi makanan dan minuman berwarna secara berlebihan, seperti kopi, teh, soda, atau kunyit. Jenis makanan dan minum tertentu bisa mengubah warna veneer secara perlahan dalam jangka panjang. 
  • Hindari konsumsi makanan yang terlalu keras dan menggigitnya dengan gigi.
  • Bersihkan gigi secara rutin. Jika tidak membersihkan gigi dengan baik, Sisa makanan bisa menimbulkan iritasi pada gusi atau gigi.
  • Rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi. Langkah ini menjadi keharusan setidaknya enam bulan sekali supaya kesehatan rongga mulut selalu terjaga. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai efek samping melakukan veneer gigi. Sebelum menyesal di kemudian hari, sebelum mengambil keputusan, sebaiknya diskusikan terlebih dulu pada dokter gigi. Kamu bisa chat dokter gigi langsung di Halodoc, melalui aplikasi maupun melalui website.

Referensi:
American Dental Association. Diakses pada 2021. Dental Veneers. 
Creating Smiles. Diakses pada 2021. Do Dental Veneers Have any Side Effects?
WebMD. Diakses pada 2023. What are the disadvantages of dental veneers?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan