• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Memelihara anjing tentu menjadi sebuah hobi atau kegemaran bagi beberapa masyarakat. Selain dapat meramaikan suasana rumah, memelihara anjing juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, loh. Melansir dari The Telegraph, memelihara anjing dapat membantu kamu menurunkan kondisi stres, meningkatkan aktivitas fisik, hingga membantu pemiliknya membangun hubungan sosial yang lebih baik dengan orang lain.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Anjing merupakan salah satu hewan yang dinilai memiliki kepintaran yang lebih dibandingkan jenis hewan yang lain. Namun, tidak hanya itu, masih banyak beberapa fakta mengenai anjing yang mungkin belum pernah kamu ketahui. Untuk itu, simak beberapa ulasan seputar fakta ilmiah mengenai anjing peliharaan. Berikut ulasannya!

1.Hidung Basah Anjing Memiliki Manfaat

Bukan pertanda suatu gangguan kesehatan, nyatanya hidung anjing yang basah merupakan suatu hal yang normal. Anjing mengeluarkan lendir khusus melalui hidung untuk membantu menangkap bau bahan kimia yang dapat diidentifikasi oleh anjing. Saat anjing mengendus sesuatu yang mencurigakan, maka ia akan menjilat bagian hidung dan mengidentifikasi benda tersebut.

2.Anjing juga Memiliki Indera Pengecap

Jika manusia memiliki sekitar dua ribu hingga sepuluh ribu indera pengecap, begitu juga dengan anjing. Hewan ini nyatanya memiliki sekitar 1.700 indera pengecap pada lidahnya.

3.Anjing Bisa Melihat Warna

Nyatanya, anjing tidak buta warna. Anjing dewasa dapat melihat beberapa warna, seperti biru dan abu-abu.

Baca juga: 5 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Alergi

4.Anjing Dapat Berisiko Mengalami Penyakit Kanker

Tidak hanya pada manusia, anjing pun berisiko mengalami penyakit kanker. Bahkan, penyakit kanker menjadi penyakit yang dapat menyebabkan kematian cukup tinggi pada anjing. Usia yang sudah tua menjadi salah satu pemicu penyakit kanker pada anjing. 

Sebaiknya waspada terhadap beberapa gejala kanker pada anjing, seperti adanya benjolan pada salah satu bagian tubuh yang semakin membesar, luka yang tidak kunjung pulih, penurunan berat badan, kurang nafsu makan, muncul bau tidak sedap dari mulut, hingga gangguan pernapasan.

5.Posisi Tidur Anjing

Pernahkah kamu melihat seekor anjing yang tertidur dengan posisi meringkuk seperti bola? Posisi ini dilakukan seekor anjing untuk menjaga keamanan dirinya saat tidur. Di alam liar, posisi ini bertujuan untuk menjaga tubuh dan organ dari serangan predator.

6.Gigitan Anjing Sebagai Pertahanan Diri

Bukan hanya saat anjing bertumbuh gigi, gigitan anjing juga bisa menandakan beberapa hal lain, seperti mempertahankan diri atau merasa terancam. Untuk itu, sebaiknya perlakukanlah anjing peliharaan dengan baik dan tepat. Tidak hanya itu, anjing yang menjadi lebih agresif atau sering menggigit bisa menjadi tanda bahwa anjing kurang nyaman atau mengalami gangguan kesehatan.

Sebaiknya perhatikan perubahan perilaku pada anjing kesayangan dan tanyakan langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc jika kamu melihat adanya tanda gangguan kesehatan pada anjing. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi penyebab perubahan perilaku atau adanya gangguan kesehatan, sehingga dapat diatasi lebih dini.

Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Anjing Jangan di Sterilisasi

Itulah beberapa fakta seputar anjing yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kamu akan lebih waspada terhadap perilaku maupun tanda gangguan kesehatan pada anjing. 

Jangan lupa untuk tetap memberikan makanan yang sehat pada anjing agar kesehatan dan kekuatan tubuh anjing tetap terjaga dengan baik. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang untuk mengetahui informasi lebih banyak mengenai kesehatan hewan peliharaan kesayangan kamu. Caranya download Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Cancer in Senior Dogs.
American Kennel Club. Diakses pada 2020. 25 Fun and Fascinating Dog Facts.
Purina. Diakses pada 2020. 15 Amazing Dog Fact. 
The Telegraph. Diakses pada 2020. Seven Brilliant Benefits of Owning a Dog.