Ketahui 7 Ras Anjing yang Paling Pintar di Dunia

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Desember 2020
Ketahui 7 Ras Anjing yang Paling Pintar di DuniaKetahui 7 Ras Anjing yang Paling Pintar di Dunia

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya menjadi teman manusia yang setia, anjing juga dikenal sebagai hewan yang cerdas. Namun, beberapa ras anjing lebih menonjol dalam hal kecerdasan dibanding yang lainnya.

Tidak mudah untuk menilai kecerdasan anjing. Namun, melansir dari Science Alert, psikolog anjing, Stanley Coren menuliskan di tahun 90-an bahwa kecerdasan anjing bisa diukur dari berbagai aspek, yaitu kecerdasan adaptif (untuk mencari tahu), kecerdasan kerja (mengikuti perintah), dan kecerdasan naluriah (bakat bawaan), belum lagi ada kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik, interpersonal intelijen, dan masih banyak lagi.

Sementara spesialis perilaku hewan peliharaan Sarah Hodgson mengatakan bahwa semua aspek kecerdasan anjing itu relatif. Beberapa ras memiliki keterikatan secara sosial dan emosional pada orang, sehingga mereka lebih mudah dilatih.

Baca juga: Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kenali Ras Anjing Paling Pintar

Setiap ras anjing berbeda-beda dengan keunggulannya masing-masing. Salah satu contohnya adalah anjing pemburu, walaupun mereka tidak cepat memahami perintah manusia, namun mereka memiliki indera penglihatan dan penciuman yang sangat baik. Begitu juga terrier mungkin tidak memahami instruksi dengan baik, tapi memiliki pendengaran yang baik.

Setelah mensurvei hampir 200 penguji kepatuhan anjing, Coren membuat daftar ras anjing paling cerdas dalam bukunya “The Intelligence Dog”, yaitu:

1.Border Collie

Anjing pekerja dan penggembala yang biasanya dipergunakan bantuannya untuk menggembalakan domba ini menempati urutan teratas dalam daftar anjing tercerdas Stanley Coren. Sebagian besar ras anjing ini mampu mempelajari perintah baru dalam kurang dari lima pengulangan. 

2.Pudel

Sekarang ini, sudah ada berbagai macam jenis anjing pudel. Sebut saja cockapoo (persilangan antara Cocker Spaniel dan Pudel), whoodles (persilangan antara pudel dengan terrier), dan goldendoodle (hasil persilangan antara golden retriever dan pudel). Namun, jenis pudel biasa dinilai paling cerdas, karena mereka meraih medali perak dalam kecerdasan kerja (yaitu mengikuti perintah) dalam survey Coren.

Baca juga: Ingin Adopsi Anjing? Ketahui 6 Jenis Anjing Ras yang Terkenal

3.German Shepherd

Anjing german shepherd dengan senang hati melayani sebagai anjing polisi, anjing pembantu kesehatan, dan anjing terapi, sehingga tidak heran bila kepatuhan yang konsisten menjadi standar pada ras ini.

4.Golden Retriever

Salah satu jenis anjing peliharaan keluarga tercinta ini juga meraih nilai A dalam survei intelijen Coren. Meskipun awalnya dikembangbiakan sebagai anjing pemburu, tapi golden retriever juga bisa bertingkah bodoh sesekali.

5.Doberman Pinscher

Doberman awalnya dibiakkan pada akhir abad ke-19 oleh seorang pemungut pajak dari Jerman bernama Louis Dobermann, yang menginginkan hewan peliharaan berukuran sedang untuk bertindak sebagai anjing penjaga dan pendamping. Eas anjing ini kini dikenal sebagai anjing pelindung yang sangat berani, tapi bisa bergaul dengan anak-anak.

6.Anjing Gembala Shetland

Memiliki ukuran yang lebih kecil dari border collie, ras anjing yang menggemaskan ini mampu bertahan dalam ujian menggiring, kelincahan dan kepatuhan. Hal itu tidak mengherankan karena Shetland Sheepdog adalah anjing yang senang menggonggong, mengejar, dan menggiring. 

7.Labrador Retriever

Labrador retriever merupakan jenis anjing besar yang suka menyenangkan manusia, baik sebagai anjing pemandu, anjing pendeteksi narkoba, maupun sebagai hewan peliharaan keluarga biasa. Itulah mengapa Labrador retriever ini adalah ras yang paling populer di Amerika selama 27 tahun berturut-turut.

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

Nah, itulah daftar ras anjing paling pintar menurut survey Stanley Coren. Bila kamu bingung menentukan ras anjing mana yang baik untuk diadopsi, kamu bisa membicarakannya pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc, lho. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter hewan terpercaya bisa memberikan tips menentukan hewan peliharaan berdasarkan kondisi keluarga kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Good housekeeping. Diakses pada 2020. The 10 Smartest Dog Breeds That Would Ace Any IQ Test
Science Alert. Diakses pada 2020. These Are The 'Smartest' Dog Breeds, According to a Canine Psychologist


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan