• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Gejala Sakit Gigi yang Tidak Wajar

Ketahui 5 Gejala Sakit Gigi yang Tidak Wajar

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Rutin menggosok gigi dapat menghindarkan kamu dari gangguan pada kesehatan gigi. Tentunya, rasa tidak nyaman akan dirasakan ketika kamu mengalami gangguan pada kesehatan gigi, mulai rasa nyeri pada gigi, gusi, hingga mulut. Tidak hanya itu, terkadang sakit gigi menimbulkan kondisi sakit kepala yang tidak tertahankan.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Nyeri?

Tidak hanya itu, ada beberapa gejala sakit gigi yang dianggap tidak wajar dan harus segera mendapatkan tindakan dari tim medis. Tidak ada salahnya mengenal gejala dari sakit gigi yang tidak wajar agar dapat segera ditangani dan terhindar dari gangguan kesehatan gigi yang lebih parah.

Kenali Gejala Sakit Gigi yang Tidak Wajar

Sakit gigi yang muncul dapat menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan gigi kamu. Tidak hanya itu, sakit gigi juga dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang lain, seperti serangan jantung atau gangguan pada saraf wajah.

Rasa nyeri yang ditimbulkan akibat sakit gigi tentunya akan berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Mulai dari nyeri yang cukup ringan sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pembengkakan pada gusi dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada gigi. Sakit gigi yang tidak diatasi dengan tepat juga dapat menyebabkan pengidapnya mengalami sakit kepala dan demam.

Baca juga: Waspada, Infeksi Sakit Gigi Bisa Sebabkan Meningitis

Namun, sebaiknya waspada pada beberapa gejala sakit gigi yang tidak wajar, seperti:

  • Muncul Bau Tidak Sedap

Dilansir dari Cleveland Clinic, sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan secara langsung jika kamu mengalami bau nafas yang tidak sedap ketika kamu mengalami kondisi sakit gigi. Kondisi ini dapat menjadi tanda adanya infeksi pada bagian gigi, gusi atau mulut.

  • Sakit Jika Mengunyah

Melansir dari National Health Service UK,  sebaiknya perhatikan jika kondisi sakit gigi yang kamu alami disertai dengan rasa sakit ketika mengunyah. Segera ke rumah sakit terdekat juga ketika bagian mulut membengkak, terasa sakit, dan terdapat cairan yang tidak enak rasanya.

  • Sesak Napas

Sebaiknya waspada jika sakit gigi yang kamu alami menyebabkan kamu mengalami sesak napas, yang diikuti dengan kesulitan menelan. 

  • Mengalami Tekanan pada Rahang

Dilansir dari American Association of Endodontists, segera kunjungi rumah sakit terdekat ketika sakit gigi yang kamu alami menyebabkan munculnya tekanan pada area rahang gigi.

  • Nyeri Telinga

Jangan sepelekan kondisi sakit gigi yang disertai dengan nyeri telinga.

Itulah gejala sakit gigi yang sebaiknya jangan diabaikan. Segera kunjungi dokter gigi menjadi salah satu hal yang cukup tepat untuk mengetahui penyebab gejala yang kamu alami. Kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dulu melalui aplikasi Halodoc.

Dokter gigi akan memeriksa kondisi pengidap dengan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti lokasi nyeri yang dialami pengidap, tingkat keparahan yang dialami oleh pengidap, kapan saja nyeri muncul, dan juga hal lainnya yang membuat pengidap merasakan nyeri yang cukup parah.

Tidak hanya itu, pemeriksaan pada area lidah, gusi, mulut, rahang, hidung, serta tenggorokan juga menjadi pemeriksaan fisik yang tidak akan dilewatkan untuk memastikan penyebab sakit gigi.

Ada berbagai penyebab mengapa seseorang mengalami kondisi sakit gigi, seperti gigi berlubang, gigi yang patah, peradangan atau infeksi pada gigi serta gusi, pembusukan area gusi, kebiasaan bruxism, penyakit sinusitis, gangguan jantung, serta gangguan saraf pada wajah.

Baca juga: Cara Alami dan Mudah Redakan Sakit Gigi

Pengobatan tentunya disesuaikan dengan penyebab kamu mengalami sakit gigi. Namun, tidak ada salahnya lakukan pengobatan mandiri di rumah untuk mengurangi gejala yang kamu rasakan, seperti rutin membersihkan gigi, berkumur dengan air hangat yang dicampur garam, berkumur dengan obat antiseptik, dan mengonsumsi obat untuk mengurangi nyeri.

Referensi:
American Association of Endodontists. Diakses pada 2020. Tooth Pain
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Toothache
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Toothache