• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Ketahui 7 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Tomat merupakan makanan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika ingin diolah menjadi jus buah, tomat sebaiknya tidak menggunakan gula atau pemanis buatan. Jika ingin menambahkan rasa manis, sebaiknya gunakan madu sebagai bahan pemanis alami. Jika dikonsumsi secara rutin, berikut manfaat jus tomat bagi kesehatan tubuh!

Baca juga: Buah-Buahan Segar yang Bisa Turunkan Kolesterol

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Karena fungsinya yang sangat penting, kamu perlu mengonsumsi jus tomat secara rutin demi menjaga kesehatan jantung. Jus tomat mengandung kalium yang mampu menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan kesehatan jantung. Minuman sehat yang satu ini juga mengandung antioksidan, seperti likopen.

  • Mencegah Kanker

Jus tomat mengandung senyawa bioaktif yang dikenal dengan sebutan karotenoid. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan yang mampu membantu tubuh mencegah kanker. Jus tomat bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, serta kanker kulit. Antioksidan dalam buah tomat sendiri memiliki sifat antikarsinogenik yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

  • Mengatasi Masalah Rambut

Mengatasi masalah pada rambut, seperti ketombe, rambut rontok, rambut kering, serta bercabang merupakan manfaat jus tomat lainnya. Hal tersebut dapat terjadi karena jus tomat kaya vitamin dan mineral yang ampuh dalam membasmi ketombe, menguatkan akar rambut, serta membuat rambut tetap lembut dan berkilau. Caranya dengan membuat masker rambut dengan bahan dasar tomat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: 8 Buah-buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat jus tomat lainnya adalah memperlancar buang air besar, serta menjaga kinerja usus dalam mencerna makanan. Kandungan dalam jus tomat juga mampu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, kandungan klorin dan sulfur dalam jus tomat mampu meningkatkan fungsi hati, ginjal, serta mampu mendetoks racun-racun dalam tubuh.

  • Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat jus tomat selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan organ mata. Saat mengalami gejala penyakit mata, biasanya dokter spesialis mata akan menyarankan pasiennya untuk mengonsumsi jus tomat, karena minuman sehat yang satu ini kaya  akan vitamin A. Kandungan dalam jus tomat dipercaya mampu membuat penglihatan tetap terjaga dengan baik.

  • Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Jus tomat kaya akan vitamin A, C, serta betakaroten yang mampu menyembuhkan masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Jika dikonsumsi secara rutin, jus tomat ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Bukan hanya itu saja, jus tomat juga dapat mengecilkan pori-pori, sehingga mampu mencegah produksi minyak berlebih dan mencegah timbulnya jerawat.

Baca juga: Benarkah Jambu Biji Bisa Mengobati Demam Berdarah?

Manfaat jus tomat yang terakhir adalah mampu menyehatkan dan memutihkan kulit secara alami, karena kandungan vitamin A, C, K, kalium, folat, serta lycopene yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan baik tersebut berfungsi untuk melindungi kulit dari risiko radikal bebas, serta pancaran sinar ultraviolet.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan kamu tidak memiliki alergi pada tomat, ya! Jika setelah mengonsumsinya reaksi alergi muncul, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Reaksi alergi yang dibiarkan begitu saja dapat membahayakan keselamatan nyawamu.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. Is Tomato Juice Good for You? Benefits and Downsides.

NDTV Food. Diakses pada 2020. Tomato Juice Benefits: From Improving Digestion To Boosting Eye Health And More!