• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Komplikasi yang Bisa Terjadi Akibat Lupus

Ini 4 Komplikasi yang Bisa Terjadi Akibat Lupus

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti pernah mendengar jika beberapa orang ternama menghentikan kegiatannya sementara waktu karena mengidap penyakit lupus. Gangguan ini mampu menyebabkan peradangan kronis pada tubuh yang lebih rentan terjadi pada wanita dibandingkan pria. Lupus terjadi karena gangguan sistem imun tubuh, sehingga memang benar-benar harus diatasi dengan pengobatan intens.

Seseorang dengan gangguan ini dapat mengalami peradangan yang kronis pada tubuhnya, sehingga risiko untuk mengidap komplikasi lebih tinggi. Lupus dapat menyebabkan gangguan di seluruh bagian tubuh dari sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, hingga otak. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa komplikasi yang dapat terjadi!

Baca juga: Inilah Komplikasi yang Bisa Disebabkan oleh Lupus

Komplikasi yang Dapat Disebabkan Penyakit Lupus

Lupus, disebut juga systemic lupus erythematosus, adalah suatu penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Seseorang yang mengidap gangguan ini sistem imun tubuh yang seharusnya melindungi diri dari infeksi malah berbalik menyerang jaringan sehat sendiri. Hal ini mampu menyebabkan kerusakan jaringan dan penyakit.

Gangguan autoimun kronis ini mampu menyebabkan peradangan pada beberapa bagian tubuh, bahkan untuk organ penting. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa komplikasi yang dapat terjadi saat seseorang mengidap lupus agar dapat menghindarinya, sehingga mampu menjaga tubuh tetap sehat. Berikut adalah beberapa komplikasi tersebut:

  1. Gangguan Ginjal

Salah satu komplikasi yang dapat terjadi disebabkan oleh penyakit lupus adalah gangguan ginjal. Umumnya, seseorang yang mengidapnya tidak merasakan gejala apapun, tetapi beberapa lainnya mengalami pembengkakan pada kaki. Dalam kasus yang parah, ginjal seseorang dapat berhenti bekerja atau gagal ginjal yang dapat menimbulkan gangguan berbahaya.

  1. Gangguan Tiroid

Komplikasi lainnya yang dapat terjadi pada seseorang dengan penyakit lupus adalah gangguan pada tiroid. Bagian tersebut adalah sebuah kelenjar pada leher yang berguna untuk mengontrol metabolisme agar tubuh dapat menggunakan energi. Pada seseorang dengan lupus, beberapa komplikasi terkait tiroid dapat terjadi, seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme.

Baca juga: Akhirnya, Penyebab Penyakit Lupus Kini Terungkap

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc untuk mengetahui beberapa komplikasi yang mungkin terjadi akibat gangguan lupus. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Gangguan Paru-Paru

Pengidap lupus juga dapat mengalami radang pada jaringan di sekitar paru-paru. Hal ini mampu menyebabkan rasa sakit saat bernapas, batuk yang parah, hingga nyeri dada yang lebih terasa saat menarik napas dalam. Gangguan radang ini dapat terjadi pada selaput dada, tetapi juga dapat disebabkan oleh radang otot dada, tulang rawan, ligamen, hingga sendi.

Gangguan peradangan yang menyerang paru-paru ini mampu menyebabkan darah menjadi lebih mudah membeku. Seseorang dengan gangguan ini dapat mengalami pembekuan darah di paru-paru (emboli paru) dan penumpukan cairan pada paru-paru (edema paru). Hal ini mampu disebabkan oleh masalah pada jantung atau ginjal seseorang.

  1. Gangguan Sendi

Arthritis atau gangguan sendi adalah salah satu komplikasi yang umum terjadi pada seseorang dengan penyakit lupus. Rasa sakit pada beberapa sendi dapat timbul disertai dengan atau tanpa pembengkakan. Selain itu, perasaan kaku dan sakit dapat terasa dengan jelas di pagi hari. Masalah sendi ini dapat terjadi hanya dalam hitungan hari atau minggu. Untungnya, radang sendi ini cenderung tidak menyebabkan kelumpuhan.

Baca juga: 10 Fakta Tentang Lupus yang Perlu Diketahui

Penting untuk mengetahui beberapa komplikasi yang mungkin terjadi disebabkan oleh penyakit lupus sehingga pengidapnya lebih berhati-hati. Jika mengalami beberapa gejala yang mengarah pada komplikasi berbahaya yang sebelumnya disebutkan, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri agar hal yang ditakutkan tidak terjadi.

Referensi:
Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. Lupus Complications and Prognosis.
Peace Health. Diakses pada 2020. Complications of Lupus.