• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kulit Sehat dengan Ritual Perawatan Wajah di Pagi Hari

Kulit Sehat dengan Ritual Perawatan Wajah di Pagi Hari

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Jika selama ini mungkin kamu sering dengar tips perawatan wajah di malam hari sebelum tidur, bagaimana dengan pagi hari? Meski kadang harus terburu-buru bersiap menjalani aktivitas, melakukan ritual perawatan wajah di pagi hari tak kalah penting, daripada di malam hari, lho. 

Sama halnya seperti saat malam, ritual perawatan wajah di pagi hari juga bertujuan untuk membuat kulit wajah selalu sehat dan cantik. Namun, manfaat ini tentunya baru bisa dirasakan jika dilakukan secara rutin. Jadi, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu di pagi hari, untuk melakukan beberapa langkah perawatan wajah.

Baca juga: Ini Tips Perawatan Kecantikan untuk Kulit Cerah

Langkah Perawatan Wajah di Pagi Hari

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa melakukan ritual perawatan wajah di pagi hari sangatla bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut langkah-langkah perawatan yang perlu dilakukan:

1. Minum Air Perasan Lemon

Air perasan lemon telah lama dikenal memiliki segudang manfaat, mulai dari menjaga kekebalan tubuh hingga menyehatkan kulit. Bahkan, model papan atas, Miranda Kerr, juga menerapkan kebiasaan minum air perasan lemon setiap paginya untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan, lho. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba ritual ini juga setiap paginya.

2. Semprotkan Face Mist

Menyemprotkan face mist pada wajah di pagi hari sangat cocok bagi kamu yang tidak suka ribet. Face mist adalah produk penyegar wajah yang telah dikomposisikan khusus dengan kandungan antioksidan dan mineral, sehingga dapat menutrisi kulit secara menyeluruh. Jika disemprotkan di wajah secara teratur, face mist juga dapat mengurangi puffiness di wajahmu, lho. Kamu bisa gunakan produk ini sebelum ataupun sesudah menggunakan skin care dan makeup.

Baca juga: 3 Tips Perawatan Wajah Sehari-hari Anti Ribet

3. Pakai Serum Wajah

Menggunakan serum wajah adalah poin paling penting untuk ritual kecantikan di pagi hari. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa memilih serum yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, dengan kandungan vitamin C dan E untuk memproteksi wajah dari radikal bebas. Jangan lupa, aplikasikan serum setelah membersihkan wajah dengan toner.

4. Gunakan Sunscreen

Langkah ritual perawatan wajah di pagi hari ini wajib bagi kamu yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan. Selalu gunakan sunscreen wajah sebelum beraktivitas di luar ruangan, baik saat cuaca panas ataupun dingin. Pilih produk sunscreen yang mengandung SPF dan PA, karena kandungan tersebut dapat melindungi kulit kamu dari paparan sinar UVA dan UVB. Gunakan sunscreen sebelum memakai foundation dan makeup lainnya.

Baca juga: 3 Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

5. Rutin Olahraga Pagi

Wajah cantik tapi tidak sehat tentu tidak ada gunanya. Itulah sebabnya kamu juga perlu mengimbanginya dengan rutin berolahraga setiap pagi. Tidak harus pergi ke gym, kok. Cukup lakukan olahraga ringan, yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga atau joging. Aktivitas ini bisa menghindarkan kamu dari stres dan bisa membuat wajah tampak lebih kencang. Selain itu, olahraga juga dapat membuat tidur lebih nyenyak di malam hari, yang tentunya baik untuk kesehatan kulit serta tubuh secara keseluruhan.

Nah, itulah beberapa ritual perawatan wajah rutin di pagi hari, yang bisa kamu coba jika ingin memiliki kulit yang sehat. Pastikan juga asupan cairan tubuh tercukupi dengan minum air putih yang cukup, ya. Kalau merasa kurang sehat, download aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter lewat chat, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit, untuk melakukan pemeriksaan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. My 5-Step Morning Skin Care Routine for Glowing Skin.