• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kulit Terasa Gatal, Obati dengan 5 Bahan Alami Ini

Kulit Terasa Gatal, Obati dengan 5 Bahan Alami Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Kulit gatal adalah salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh siapa saja. Ada berbagai penyebab yang membuat seseorang mengalami kulit gatal, seperti digigit serangga, kulit yang kering atau gangguan kesehatan pada kulit. Kondisi ini membuat penanganan untuk kulit yang gatal berbeda-beda dan disesuaikan dengan penyebabnya. 

Baca juga: Inilah 6 Penyebab Pruritus, Gatal yang Datang Tiba-Tiba

Lalu, adakah cara alami untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit yang gatal? Jawabannya ada. Kamu dapat mengatasi kulit gatal dengan beberapa bahan alami berikut ini. Hanya saja, ketika rasa gatal tetap terasa dalam waktu yang cukup lama, hingga sebabkan kulit iritasi, segera periksakan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Bahan Alami untuk Meringankan Kulit Gatal

Dilansir dari National Eczema Association, kulit yang terasa gatal dapat sebabkan gangguan tidur hingga gangguan mental. Untuk itu, sebaiknya segera atasi kulit gatal dengan beberapa bahan alami berikut ini:

1. Lidah Buaya

Kulit yang gatal dapat diatasi dengan menggunakan daging lidah buaya. Dilansir dari American Academy of Dermatology, tempelkan bahan-bahan alami yang memberikan efek sejuk atau dingin pada bagian kulit yang gatal. Lidah buaya memberikan efek dingin pada kulit yang terasa gatal. Lakukan mengompres kulit yang gatal dengan lidah buaya selama beberapa menit. Ulangi kompres hingga kulit kembali terasa nyaman.

2. Mandi dengan Air Hangat

Cara lainnya untuk mengatasi kulit gatal adalah berendam pada air hangat. Dilansir dari American Academy of Dermatology, berendam dengan air hangat menjadi cara untuk mengatasi kulit gatal. Namun, perhatikan suhu air yang kamu gunakan, jangan terlalu panas karena dapat membuat kulit iritasi.

Baca juga: Kulit Kering dan Gatal Jangan Digaruk, Atasi dengan Ini

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa menjadi bahan alami untuk mengatasi gatal pada kulit. Kandungan protein dalam minyak kelapa membantu untuk mengatasi rasa gatal pada kulit dan mengatasi iritasi pada kulit. Tidak hanya dipercaya dapat memperbaharui sel kulit, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pelembap alami sehingga rasa gatal dapat teratasi.

4. Mentimun

Hampir sama dengan lidah buaya, mentimun dapat memberikan efek dingin pada kulit yang dapat mengurangi kulit gatal yang dialami. Caranya, potong mentimun menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan berikan pelembap agar kulit terasa nyaman.

5. Alpukat

Kulit yang gatal terkadang disebabkan oleh kulit yang kering. Kamu bisa menggunakan daging buah alpukat untuk melembapkan kulit yang kering. Alpukat mengandung lemak nabati yang tinggi dan berkhasiat untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu dapat mengoleskan daging alpukat yang sudah dihancurkan pada bagian kulit yang kering dan gatal. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: Kulit Gatal, Jangan Abaikan Kondisi Kesehatan Ini

Selain menggunakan beberapa bahan alami tersebut, tidak ada salahnya untuk mengatasi kulit yang gatal dari dalam. Jangan lupa untuk perbanyak mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat agar kulit yang gatal tidak iritasi. Selain itu, untuk sementara hindari melakukan aktivitas di luar ruangan tanpa alas kaki.

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. How to Relieve Itchy Skin
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Relieve Itchy
National Eczema Association. Diakses pada 2020. Managing Itch
Healthline. Diakses pada 2020. The 8 Best Remedies for Itching